Warga Surabaya Dihimbau Hati – Hati Dengan Penipuan CPNS

Share
Advertisement

penipu cpnsPenipuan CPNS Surabaya 2013 – Warga Surabaya agar berhati-hati bila ada oknum yang menawarkan jasa bisa mengangkat menjadi CPNS.

Pemkot Surabaya mengimbau warga agar tidak mempercayai adanya modus penipuan calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang mengatasnamakan pejabat pemkot pasca pelantikan dan mutasi pejabat pada Jumat (5/7) lalu.

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Pemkot Surabaya Yayuk Eko Agustin, Senin (8/7), mengatakan ada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab ingin memanfaatkan momen pelantikan pejabat baru untuk mengeruk keuntungan pribadi.

“Modus yang digunakan yakni dengan meminta transfer sejumlah uang ke rekening tertentu,” katanya.

Menurut dia penipuan atas nama pejabat pemkot memang masih sering terjadi. Namun, dia menegaskan itu hanyalah ulah orang yang tidak bertanggung jawab. Yayuk bahkan telah melaporkan kejadian tersebut ke pihak kepolisian guna diproses lebih lanjut. “Oleh karenanya, kami mengimbau masyarakat tidak gampang percaya ulah oknum tersebut,” ujarnya.

Yayuk mengatakan trik yang paling banyak digunakan yakni iming-iming naik jabatan maupun diterima menjadi calon PNS. Padahal, kata Yayuk, hingga saat ini belum ada informasi pembukaan pendaftaran calon PNS. “Kami baru berangkat ke Jakarta pada 15 Juli mendatang. Itu pun hanya untuk menerima susunan formasi saja,” katanya.

Soal penerimaan calon PNS tahun 2013, Yayuk mengatakan pemkot mengajukan 130 orang dan ditambah 309 jatah formasi pemkot yang tidak diambil pada 2012 lalu. Namun, lanjut dia, itu masih sebatas usulan, diterima atau tidak tergantung kebijakan pemerintah pusat

Share