Verifikasi Berkas CPNS Pemprov Banten Belum Selesai

Share
Advertisement

Banten ProvVerifikasi Berkas CPNS Banten – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten belum selesai memverifikasi berkas pelamar CPNS ke Pemprov Banten. Verifikasi berkas yang ditargetkan selesai hingga Sabtu (18/10), diperpanjang selama dua hari hingga Senin (20/10).

“Proses verifikasi berkas calon peserta tes CPNS Pemprov Banten diperpanjang dua hari, hari ini (kemarin) masih ada ratusan berkas yang belum selesai diverifikasi,” kata Kepala BKD Banten Kurdi Matin kepada wartawan, Minggu (19/10).

BKD baru berhasil memverifikasi 4.323 berkas calon pelamar CPNS Pemprov Banten, dari total pendaftar online yang lebih dari 5 ribu pendaftar. “Kami tidak ingin ada satu berkas pelamar pun yang terlewat, sebab verifikasi berkas sangat menentukan jumlah calon peserta tes CPNS,” kata Kurdi lagi.

Dia menjelaskan, setelah semua berkas diverifikasi, pihaknya akan segera membagikan kartu peserta tes CPNS kepada calon pelamar yang berkasnya sesuai persyaratan.

“Sekarang ini kami belum bisa menyimpulkan berapa calon peserta tes CPNS yang akan memperebutkan 180 kuota yang ada di Pemprov Banten. Kita tunggu saja dua hari ke depan,” ungkapnya.

Mengenai pelaksanaan tes CPNS Pemprov Banten, Kurdi pun tidak berani memasang target. Menurutnya, tes CPNS baru bisa diprediksi setelah pihaknya menyiapkan peralatan sistem computer assisted test (CAT) yang akan dipasang di Pendopo Gubernur di Jalan Brigjen Syamun, Alun-alun Kota Serang.

“Awalnya kita menargetkan akhir Oktober sudah bisa menggelar test, dengan asumsi masa penutupan pendaftaran 13 Oktober lalu, langsung menyiapkan peralatan. Namun, ternyata terjadi keterlambatan proses verifikasi berkas, sebab banyak calon pelamar yang mengirimkan berkasnya tepat di akhir penutupan pendaftaran,” tegasnya.

“Saat ini, pengadaan 150 komputer sedang dalam proses, diharapkan akhir bulan sudah bisa dipasang dan disurvei oleh Panselnas (Panitia Seleksi Nasional). Kami masih optimistis jika awal-awal November sudah bisa menentukan waktu pelaksanaan tes CPNS, apakah akhir November atau bahkan di awal Desember,” sambung Kurdi.

Kabid Pengembangan Sumber Daya Aparatur (SDA) BKD Banten Herry Purnomo menyatakan, BKD akan memberitahukan para pelamar yang memenuhi persyaratan setelah semua berkas selesai diverifikasi.

“Pemberitahuan pada pelamar yang berhak mengikuti tes CPNS diharapkan sudah bisa kami lakukan satu hari setelah verifikasi semua berkas selesai,” katanya.

Herry menambahkan, bisa saja pelaksanaan tes CPNS Pemprov Banten dilakukan setelah Kota Cilegon, Kabupaten Serang, Kota Tangerang menggelar tes CPNS di daerahnya.

“Sesuai kesepakatan, seleksi CPNS di Provinsi Banten hanya pendaftaran saja yang dilakukan serentak. Sementara pelaksanaan tes CPNS bergantung pada kesiapan masing-masing daerah yang mendapatkan kuota penerimaan CPNS 2014,” jelasnya.

Share