Universitas Bengkulu Siap Laksanakan Tes CPNS Sistem CAT

Share
Advertisement

Tes CAT CPNS Bengkulu – UjianTes CPNS tahun 2014 sudah dipastikan menggunakan sustem online CAT. Karena tidak semua pemerintah daerah siap dengan sarana pelaksanaan tes CAT tersebut, maka kemendikbud melalui berbagai universitas siapo membantu.

Unib BengkuluSalah satunya adalah Universitas Bengkulu (Unib) yang sudah mempersiapkan 100 unit komputer untuk melaksanakan tes CPNS di lingkungan Pemda dengan menggunakan sistem CAT (Computer Asisted Test). Kesiapan ini disampaikan langsung Rektor Unib, Ridwan Nurazi.

“Insya Allah kita siap (pelaksanaan CPNS), sedangkan untuk detail dan teknisnya seperti jumlah ruangan dan komputer akan kita persiapkan sesuai dengan jumlah peserta. Pada intinya kita Insya Allah siap,” kata Ridwan, kemarin (1/8).

Selama ini, Unib memiliki sarana dan pengalaman dalam menyelenggarakan tes berbasis program komputer. Tahun lalu Pemprov Bengkulu pernah bekerjasama dengan UNIB dalam hal pelaksanaan tes CPNS dengan sistem CAT.

“Mereka (pemkab/pemprov yang akan mengadakan tes CPNS) sudah koordinasi dengan kita. Mereka minta kita siapkan seratus komputer dalam ruangan. Sehingga kalau ada seribu pelamar berarti ada 10 shift ujian nantinya. Dan jadwal akan diatur bersama antara Unib dan panitia CPNS provinsi/kabupaten,” tambah Ridwan.

Seperti diketahui, pelaksanaan Tes CPNS dengan sistem CAT memungkinkan peserta langsung mengisi soal ujian di komputer. Agar kerahasiaannya tetap terjamin, sistem ini melibatkan organisasi sandi negara. Penggunaan sistem ini terbukti lebih baik ketimbang ujian dengan menggunakan LJK.

Diberitakan sebelumnya, musim tes CPNS sudah di depan mata. Pelamar tes baik di Pemda Provinsi maupun di 9 Pemda Kabupaten se Provinsi Bengkulu diprediksi membludak. Itu menyusul kebijakan BKD Provinsi yang memastikan tidak membatasi jumlah peserta yang melamar di 5 persen formasi lintas jurusan.

Berdasarkan koordinasi terakhir, adapun tentatif jadwal seleksi tes CPNS 2014 yakni penetapan atau persetujuan rincian formasi oleh KemenPAN-RB kepada instansi minggu kedua Agustus, pengumuman formasi oleh instansi pada 11-24 Agustus, pendaftaran secara online 25-29 Agustus, sedangkan pelaksanaan tes CPNS dimulai 1 September

Share