Uji Kompetensi Guru – UKG Membantu Penggunaan Sistem CAT

Share
Advertisement

Simulasi CAT CPNS – Pelaksanaan Tes CPBS 2014 sudah dipastikan menggunakan sistem CAT. Pemerintah memperjelas komitmen dalam pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2014 dengan menggunakan Sistem Computer Assisted Test (CAT). Berbagai kendala dalam keterbatasan fasilitas coba disiasati dengan memanfaatkan fasilitas yang ada.

UKG

Badan Kepegawai Negara (BKN) sendiri dapat menjangkau 150 titik yang tersedia di seluruh provinsi dan kabupaten/kota, didasari akan keterbatasan fasilitas yang ada di BKN tersebut panitia seleksi nasional (panselnas) memanfaatkan fasilitas Uji Kompetensi Guru (UKG) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang tersebar di 336 titik.

Untuk Tes Kompetensi Dasar (TKD) Kementerian/Lembaga Panselnas merencakanan 68 titik, 28 titik untuk provinsi dan 390 titikuntuk Kabupaten/kota, “ total ada 486 titik tempat pelaksanaan CAT pada tahun ini “. demikian dijelaskan Asisten Deputi Perumusan Kebijakan Pengadaan SDM Aparatur Kementerian PANRB, Arizal.

Arizal menambahkan penggunaan fasilitas UKG untuk sistem CAT sendiri baru dilaksanakan pada tahun ini, dan panselnas sedang melakukan pengintegrasian sistem CAT ke fasilitas UKG, “ diperlukan masukan dan evaluasi lebih lanjut sebelum pelaksanaan TKD benar-benar dilaksanakan “. Ujarnya.

Ujian TKD sendiri diperlukan untuk mengukur soft competency pelamar. Bobot untuk TKD adalah 60%, dan 40% untuk tes kompetensi bidang (TKB). Materi TKD meliputi tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensi umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP).

Share