Tes TKB Menggunakan Sistem CAT dan Manual dalam Rekrutmen CPNS 2016

Share

Tes CPNS 2016TKB CPNS 2016 – Tidak seperti TKD yang sudah menggunakan full sistem CAT, untuk pelaksanaan tes kompetensi bidang (TKB) seleksi CPNS 2016 akan dilakukan dengan dua cara, yaitu lewat computer assisted test (CAT) dan manual. TKB dengan CAT dilakukan bagi instansi yang infrastrukturnya sudah ada.

“Belum semua instansi yang bisa melaksanakan TKB dengan CAT. Ini karena materinya belum semua ada,” kata Kabid Evaluasi Kebijakan Pengadaan SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) ‎Diah Faraz kepada wartawan, Minggu (8/11). Dijelaskannya, soal-soal TKB disusun oleh instansi pembina jabatan fungsional (jabfung).

“Berbeda dengan tes kompetensi dasar (TKD) yang soalnya disusun konsorsium perguruan tinggi negeri, untuk materi TKB yang susun instansi pembina jabfung karena mereka lebih tahu apa saja yang harus ditanyakan,” bebernya.

Begitu materinya selesai, diserahkan ke Panselnas untuk dimasukkan dalam database. “Nah proses ini makan waktu lama, belum semua instansi pembina jabfung menyusun soalnya. Itu sebabnya yang belum ada soalnya menggunakan tes manual dan bukan CAT,” terangnya.

Dia menambahkan, kemungkinan besar baru 2017 seluruh TKB menggunakan CAT. Untuk itu dianjurkan bagi peminat Lowongan CPNS mempersiapkan bahan latihan soal TES CAT CPNS. Kunjungi laman http://ujian.latihansoal.com untuk lebih jelasnya..

Share