Soal Ujian CPNS 2013 Bakal Lebih Mudah


Advertisement

Soal CPNSSoal Tes CPNS 2013 – Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar berjanji akan membuat soal tes seleksi masuk calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2013 lebih mudah dari biasanya. Bahkan, menurutnya, soal itu akan dibuat lebih mudah daripada soal tes masuk perguruan tinggi negeri.

“Soalnya satu klik di bawah (soal ujian) UMPTN untuk S-1. Untuk tingkat SMA atau SMP beda (lagi). (Jadi) cocok untuk anak Indonesia, asal rajin,” kata Azwar saat ditemui di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian, Jakarta, Senin (2/9/2013).

Azwar mengatakan, ada beberapa jenis tes yang akan diujikan pada saat seleksi CPNS tahun ini, yaitu Tes Kemampuan Dasar (TKD), Tes Kepribadian, Tes Potensi Akademik, dan Tes Wawasan Kebangsaan. Setiap peserta ujian diwajibkan untuk lolos tes tersebut agar dapat diterima sebagai CPNS.

“Jadi kalaupun ada doktor yang ikut tes ini, tapi tidak punya wawasan kebangsaan, tidak akan diterima,” katanya.

Tahun ini, Kementerian PAN dan RB akan membuka lowongan untuk sekitar 65.000 kursi CPNS di kementerian/lembaga dan pemerintah daerah pada tahun 2013. Dari total formasi ini, 25.000 formasi dibuka untuk kementerian/lembaga di tingkat pusat dan 40.000 kursi lainnya dibuka untuk pemerintah kabupaten/kota di tingkat daerah.

Share