Seleksi CPNS 2013 Akan Memakai Sistem Passing Grade

Share
Advertisement

Tes CPNSPenerimaan CPNS – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) akan menerapkan passing grade dalam menerima pegawai negeri sipil (PNS).

Penerapan passing grade, untuk merekrut PNS yang kompetitif dan tidak asal rekrut.

“Kami sudah mulai menerapkan passing grade nilai minimal kelulusan, sejak kita merdeka, kita tidak pernah memakai passing grade. Jadi, kalau (dulu) ada formasi 20 yang terbaik, 20 itu yang diambil, meskipun nilainya 0,01, 0,02. Sekarang, kami butuh 20, yang lulus cuma lima, kami ambil lima,” ujar Wakil Menteri PAN-RB Eko Prasojo, di BPKP, Jakarta, Kamis (16/5/2013).

Kedua, lanjut Eko, seorang calon PNS juga akan diuji tiga bidang kompetensi, yakni kepribadian termasuk integritas, wawasan kebangsaan, dan kompetensi bidang.

Selain memerbaikai sistem seleksi, Kementerian PAN-RB juga akan memerbaiki daya tarik PNS, untuk menjaring lulusan-lulusan terbaik Indonesia menjadi birokrat, dengan memerbaiki sistem remunerasi yang disesuaikan dengan swasta dengan golongan yang sama.

“Target kami, yang masuk birokrasi adalah the best graduates from the best university. Jadi, satu persen orang terbaik Indonesia, harusnya masuk birokrasi,” jelasnya.

Share