• Home »
  • CPNS »
  • Provinsi di Indonesia Timur Belum Umumkan Hasil Tes CPNS

Provinsi di Indonesia Timur Belum Umumkan Hasil Tes CPNS

Share
Advertisement

Pengumuman cpnsHasil Tes CPNS Papua – Hasil Tes CPNS memang belum diumumkan oleh semua Pemerintah Daerah. Kebanyakan beralasan karena momentnya bertepatan dengan Natal dan Tahun baru. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menyebut empat provinsi menunda pengumuman hasil tes Kompetensi Dasar (TKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bagi pelamar umum yang menggunakan sistem Lembar Jawaban Komputer (LJK) hingga waktu yang belum ditentukan. Pasalnya pemerintah masih harus mencocokkan data diri peserta dengan hasil seleksi CPNS 2013.

Deputi Sumber Daya Manusia (SDM) KemenPAN-RB, Setiawan Wangsa Atmaja mengungkapkan, empat provinsi yang menunda pengumuman CPNS antara lain Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua. “Empat provinsi itu memang menunda pengumuman CPNS 2013 karena sedang dilakukan proses validasi antara biodata peserta dengan hasil tes,” kata dia saat berbincang dengan wartawan, Rabu kemarin.

KemenPAN-RB, lanjut Setiawan, belum rampungnya penyesuaian biodata peserta ujian seleksi dengan hasil tes menjadi kendala bagi pemerintah menunda hasil pengumuman CPNS. “Biodata mereka belum singkron, jadi kami masih perlu menyingkronkan biodata peserta karena masih ada perbedaan. Mereka sudah ikut tes, tapi kan harus di kroscek lebih dulu (dengan biodata),” terang dia.

Sayangnya, Setiawan belum dapat memastikan waktu pengumuman CPNS di empat wilayah tersebut. “Target secepatnya (diumumkan) setelah selesai proses validasi,” pungkasnya. Sebelumnya, penundaan pengumuman penerimaan CPNS 2013 hanya terjadi di Papua dan Papua Barat, namun kini bertambah di wilayah Maluku dan Maluku Utara. Padahal pengumuman CPNS secara serentak dilakukan pada 24 Desember 2013. “Daerah yang menunda pengumuman CPNS 2013 contohnya daerah Papua dan Papua Barat,” ujarnya.

Setiawan berharap, proses penyatuan itu bisa rampung awal tahun depan, supaya hasil seleksi CPNS dapat segera diumumkan. “Tunda sampai Januari, kira-kira minggu pertama atau kedua baru bisa dirilis,” terang dia

Share