Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) Dihibahkan ke Pemprov DKI

Share
Advertisement

Hibah Perum PPD – Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) akan dihibahkan ke Pemerintah Provinsi (pemprov) DKI Jakarta. Persetujuan untuk pemberian hibah itu telah disetuju oleh Kementerian Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Kita setuju PPD dihibahkan kepada Pemda DKI. Surat persetujuan sudah kami sampaikan kepada Joko Widodo (Jokowi),” kata Deputi Bidang Restrukturisasi dan Perencanaan Strategis Kementerian Negara BUMN, A. Pandu Djajanto, di Jakarta, Selasa (22/1).

Dalam surat itu, kata Pandu, kementerian meminta Pemprov DKI Jakarta melakukan uji tuntas sebelum proses hibah. Mulai dari aspek keuangan, legal, dan operasional.

Termasuk rencana bisnis PPD dalam jangka panjang setelah perusahaan itu berada di tangan Pemda DKI Jakarta.

“Kami tidak memberikan jangka waktu pelaksanaan uji tuntas, yang penting mereka (Pemda DKI) siap untuk mengelola dan mengembangkan PPD ke depan,” tambah dia.

Pandu menjelaskan, mekanisme hibah PPD kepada Pemerintah DKI Jakarta akan dilakukan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Termasuk juga menyerahkan utang dan aset perusahaan.

Pada 9 Januari 2012, Jokowi meminta pemerintah menghibahkan PPD. Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jakarta yang sejak tahun 1970-an dikelola pemerintah pusat.

Mantan Walikota Solo itu mengatakan, selanjutnya PPD akan dikelola terintegrasi dengan seluruh moda transportasi di DKI Jakarta, seperti Metro Mini dan Kopaja. Ref:Antara

Share