Persiapan Tes CPNS 2013, Seluruh Sekda Dikumpulkan

Share

Advertisement

tes cpnsTes CPNS – Guna menghadapi Seleksi Penerimaan CPNS 2013, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) akan memanggil seluruh sekda dan kepada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) pada 18 Juli mendatang. Nantinya dalam rapat koordinasi nasional tersebut akan disosialisasikan mengenai seleksi CPNS 2013.

“Karena sistem computer assisted test (CAT) masih baru bagi daerah, sengaja kita panggil mereka (sekda) kumpul di Jakarta untuk diberikan penjelasan mengenai mekanisme pelaksanaan tes CPNS 2013,” kata Arizal, asisten deputi Perencanaan SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) kepada wartawan, Jumat (12/7).

Dijelaskannya, pelaksanaan tes CPNS 2012 menjadi model untuk rekrutmen pegawai baru di seluruh instansi. Kebijakan nasional ini setelah Presiden SBY menyetujui seleksi CPNS 2013 menggunakan model tahun lalu.

Di mana untuk tes kompetensi dasar (TKD) kisi-kisinya terdiri dari tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensi umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP).

Sedangkan kisi-kisi materi tes kompetensi bidang, disusun dan ditetapkan masing-masing instansi pembina jabatan fungsional. Misalnya, untuk guru oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, untuk medis paramedic oleh Kementerian Kesehatan.

“Materi soal yang ada di sistem CAT merupakan hasil kerja Konsorsium Perguruan Tinggi ditambah tim ahli. Soalnya tidak sedikit tapi ada ribuan. Badan Kepegawaian Negara (BKN) juga sudah memiliki bank data yang memuat puluhan ribu soal,” terangnya.

Dengan bank soal itu, lanjut Arizal, setiap peserta tidak akan mendapatkan soal yang sama. Namun, peserta mendapatkan tingkat kesulitan soal yang sama.

“Soalnya beda tapi tingkat kesulitannya sama. Jadi setiap peserta diberi soal yang mudah, sedang, sukar,” tandasnya.

Share