Penipuan CPNS Pangkalpinang

Share
Advertisement

Kasus CPNS Pangkalpinang – Aksi penipuan dengan mencatut nama pejabat kembali terjadi di Bangka Belitung. Kali ini, pelaku mencatut nama Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan Ham (Kemenkumham) Babel, Nardiono Wibowo. Calon korbannya keluarga peserta calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kanwilkumham Babel 2012 lalu.

Untuk itu, Nardiono meminta para keluarga peserta yang pernah mengikuti seleksi penerimaan CPNS Kanwilkumham Babel pada 2012 lalu berhati-hati saat menerima telepon dari seseorang yang mengatasnamakan dirinya (Nardiono,red). Dimana, mereka menjanjikan bisa meloloskan keluarga peserta menjadi CPNS.

“Saya tegaskan bahwa penerimaan CPNS 2012 lalu sudah selesai, tidak ada lagi namanya penambahan. Bahkan peserta yang lulus penerimaan CPNS 2012 lalu itu tinggal menunggu keluar nomor induk pegawai (NIP) dari BKN saja. Jadi, siapa pun yang mengatasnamakan saya atau pun dari Kanwilkumham yang menghubungi itu jelas penipuan,” tandas Nardiono pada sejumlah wartawan di kantornya.

Pencatutan ini seperti diceritakan orang nomor satu di jajaran Kanwilkumham Babel itu terjadi belum lama ini. Awalnya ada salah seorang keluarga peserta CPNS 2012 lalu yang kebetulan mengenal pegawainya, sehingga pegawainya menceritakan kepadanya. Oleh karena itu dia mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak menanggapi modus-modus serupa, dikarenakan itu murni penipuan.

“Beruntung keluarga peserta CPNS bersangkutan berani mengkonfirmasinya terlebih dahulu, sehingga tidak menjadi korban penipuan. Kalau ada yang mengaku-ngaku saya tolong secepatnya hubungi saya, bahkan tengah malam sekalipun bisa hubungi saya, insya allah kalau saya masih terjaga, tetap akan saya terima, kalaupun tidak, esok paginya pasti akan saya hubungi, masyarakat bisa langsung menelpon saya di nomor 0819 0421 2829,” tandasnya.

Sementara itu, dia menambahkan untuk 2013 mendatang Kanwilkumham Babel telah mengusulkan kuota calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun penerimaan 2013-2014 sebanyak 350 orang. Jumlah calon PNS itu didasarkan pada mekanisme dan kriteria yang dibutuhkan Kanwilkumham Babel saat ini.

“2013 ini kita telah mengusulkan ke pusat sekitar 350 CPNS yang kita butuhkan, khususnya untuk menutupi petugas Lapas Narkoba. Namun, jumlah tersebut masih akan dipertimbangkan dan ditentukan pusat,” ungkap Nardiono. (hry/jpnn)

Share