Pengumuman Rekrutmen Dosen UIN Sunan Kalijaga Yogya

Share
Advertisement

UIN Sunan KalijagaLowongan Dosen UIN Sunan Kalijaga – Universitas Islam Negeri – UIN Sunan Kalijaga – UIN Suka adalah Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) pertama di Indonesia. Nama UIN Sunan Kalijaga diambil dari salah satu kelompok penyebar agama Islam di Jawa, Walisongo yaitu Sunan Kalijaga. Kampus UIN Sunan Kalijaga berlokasi di dekat perbatasan antara Kota Yogyakarta dengan Kabupaten Sleman, tepatnya di Jalan Marsda Adisucipto no. 1.

Sebagai wujud penghargaan Pemerintah bagi Yogyakarta sebagai kota revolusi, kepada golongan nasionalis diberikan Universitas Gadjah Mada (UGM) yang diatur berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 37 tahun 1950. Sementara itu, kepada golongan Islam diberikan Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN), yang diambil dari Fakultas Agama UII, berdasarkan Peraturan Pemerintah No.34 Tahun 1950. Pada tanggal 26 September 1951, PTAIN diresmikan dengan memiliki tiga jurusan, yaitu : Jurusan Dakwah (kelak menjadi Fakultas Ushuludin), Qodlo (menjadi Fakultas Syari’ah), dan Pendidikan (menjadi Fakultas Tarbiyah).

Sementara itu, di Jakarta, pada tanggal 14 Agustus 1957, berdiri pula Akademi Dinas Ilmu Agama (ADIA) berdasarkan Penetapan Menteri Agama No. 1 Tahun 1957.

Dalam rangka menjadikan PTAIN Yogyakarta dan ADIA Jakarta lebih memenuhi kebutuhan umat Islam akan pendidikan tinggi Agama Islam, maka dikeluarkanlah Peraturan Presiden Nomor 11 Tahun 1960 tentang Pembentukan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Al-Jami’ah Al-Islamiyah Al-Hukumiyah yang berkedudukan di Yogyakarta. Dengan PTAIN sebagai induk dan ADIA Jakarta sebagai fakultas dari Institut tersebut. IAIN ini diresmikan pada tanggal 24 Agustus 1960 di Yogyakarta oleh Menteri Agama pada saat itu yaitu K.H.M. Wahib Wahab dengan Prof. Mr. Sunarjo sebagai rektornya. IAIN Al-Jami’ah Al-Islamiyah Al-Hukumiyah inilah IAIN pertama di Indonesia.

Perkembangan IAIN yang pesat menyebabkan dikeluarkannya Peraturan Presiden Nomor 27 Tahun 1963 yang memungkinkan didirikannya suatu IAIN yang terpisah dari pusat (Yogyakarta). Tentunya IAIN baru tersebut adalah IAIN Jakarta.

Berdasarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 26 Tahun 1965, maka terhitung sejak 1 Juli 1965, IAIN di Yogyakarta diberi nama Sunan Kalijaga, nama seorang tokoh terkenal penyebar Islam di Indonesia.

Tanggal berdiri IAIN Sunan Kalijaga diambil dari diresmikannya PTAIN yaitu 26 September 1951. Penetapan ini dikuatkan dengan Keputusan Menteri Agama No. 39 Tahun 1993.

Kontak UIN Sunan Kalijaga Yogya
Jl. Marsda Adisucipto Yogyakarta 55281
Telp. +62-274-512474, +62-274-589621
Fax. +62-274-586117
Email. humas@uin-suka.ac.id

Pengumuman
Nomor : UIN.2/R/KP.00.3/3374/2014
Tentang
Penerimaan Dosen Kontrak Blu
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun 2014

Dalam rangka mengisi kebutuhan dosen pada Fakultas Dakwah dan Komunikasi, serta Fakultas Syariah dan Hukum, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta membuka lowongan Dosen Kontrak BLU dengan masa kontrak selama 2 (dua) tahun (2015 s/d 2016) dengan ketentuan sebagai berikut :

Fakultas Dakwah dan Komunikasi

  1. Dosen Produksi Acara TV
  2. Dosen Produksi Media Cetak
  3. Dosen Manajemen Organisasi Islam
  4. Dosen Manajemen LKUI-1
  5. Dosen Asesmen Teknik Tes, Non Tes
  6. Dosen Teknologi Dokumentasi
  7. Dosen Metode Penelitian Kesejahteraan Sosial

Fakultas Syariah dan Hukum

  1. Dosen Hukum Pajak
  2. Dosen Perbandingan Hukum
  3. Dosen Legal Drafting
  4. Dosen Hukum Ekonomi Syariah
  5. Dosen Sosiologi Hukum Keluarga
  6. Dosen Antropologi Hukum
  7. Dosen Komunikasi Politik
  8. Dosen Hukum Lingkungan

Deskripsi Pekerjaan

Persyaratan:

  1. Warga negara Indonesia
  2. Pada tanggal 1 Januari 2015 berusia minimal 25 tahun dan maksimal 35 tahun bagi lulusan S2 dan maksimal 40 tahun bagi lulusan S3 atau sedang S3.
  3. Mempunyai kompetensi yang dibutuhkan
  4. Pendidikan minimal S2 dari Universitas ternama dengan akreditasi program studi S1 dan S2 minimal B
  5. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) S1 dan S2 min 3.00
  6. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang mempunyai kekuatan hukum tetap.
  7. Sehat jasmani rohani serta bebas narkoba dan obat terlarang
  8. Mampu berbahasa asing (bahasa Inggris atau Arab) dibuktikan dengan score TOEFL (ITP) minimal 450 atau score IELTS minimal 5.5 untuk bahasa Inggris dan/atau score IKLA minimal 400 untuk bahasa Arab.
  9. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/Pegawai Swasta
  10. Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS
  11. Tidak menjadi angota / pengurus Parpol
  12. Tidak sedang menjalani perjanian kerja/kontrak kerja/ikatan dinas pada instansi lain
  13. Bersedia mematuhi peraturan /ketentuan yang berlaku dalam lingkungan Kementerian Agama
  14. Bersedia menandatangani kontrak kerja minimal selama 2 tahun (daoat diperpanjang sesuai kebutuhan dan penilaian kerjaa)
  15. Persyaratan lain dan tata cara pendaftaran dapat dilihat pada link sumber.

Situs Referensi

  1. www.uin-suka.ac.id

Catatan

  • Pendaftaran ditunggu sampai tanggal 14 November 2014
  • Sumber

Rekrutmen Dosen UIN Sunan Kalijaga persembahan Pusat Info CPNS

Share