Pengumuman Penerimaan Sarjana Penggerak Pembangunan (SP2) Pemprov DIY

Share

SP2 DIYPenerimaan Sarjana Penggerak Pembangunan DIY – Kementerian Pemuda dan Olahraga – Kemenpora adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan pemuda dan olahraga. Kementerian Pemuda dan Olahraga dipimpin oleh seorang Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

Tonggak sejarah kelembagaan yang mengurusi pembangunan kepemudaan dan keolahragaan sebenarnya sudah ada sejak masa awal kemerdekaan Indonesia. Sebagaimana penelusuran tim tentang sejarah pengelolaan kegiatan olahraga dan pemuda oleh negara diketahui pada susunan Kabinet pertama yang dibentuk pada tanggal 19 Agustus 1945. Kabinet yang bersifat presidensial memiliki Kementerian Pengajaran yang dipimpin oleh Menteri Ki Hajar Dewantoro. Kegiatan olahraga dan pendidikan jasmani berada di bawah Menteri Pengajaran. Istilah pendidikan jasmani dipergunakan dalam lingkungan sekolah sedangkan istilah olahraga digunakan untuk kegiatan olahraga di masyarakat yang berupa cabang-cabang olahraga. Usia kabinet pertama yang kurang dari tiga bulan kemudian diganti dengan Kabinet II yang berbentuk parlementer di bawah kepemimpinan Perdana Menteri Sutan Sjahrir yang dilantik pada tanggal 14 November 1945.

Pendaftaran Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan Daerah Istimewa Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Daerah Istimewa setingkat provinsi di Indonesia yang merupakan peleburan Negara Kesultanan Yogyakarta dan Negara Kadipaten Paku Alaman. Daerah Istimewa Yogyakarta yang terletak di bagian selatan Pulau Jawa bagian tengah, dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah dan Samudera Hindia. Daerah Istimewa yang memiliki luas 3.185,80 km2 ini terdiri atas satu kota, dan empat kabupaten, yang terbagi lagi menjadi 78 kecamatan, dan 438 desa/kelurahan. Menurut sensus penduduk 2010 memiliki jumlah penduduk 3.452.390 jiwa dengan proporsi 1.705.404 laki-laki, dan 1.746.986 perempuan, serta memiliki kepadatan penduduk sebesar 1.084 jiwa per km2.

Penyebutan nomenklatur Daerah Istimewa Yogyakarta yang terlalu panjang menyebabkan sering terjadinya penyingkatan nomenklatur menjadi DI Yogyakarta atau DIY. Daerah Istimewa ini sering diidentikkan dengan Kota Yogyakarta sehingga secara kurang tepat sering disebut dengan Jogja, Yogya, Yogyakarta, Jogjakarta. Walaupun memiliki luas terkecil ke dua setelah Provinsi DKI Jakarta, Daerah Istimewa ini terkenal di tingkat nasional, dan internasional, terutama sebagai tempat tujuan wisata andalan setelah Provinsi Bali. Daerah Istimewa Yogyakarta mengalami beberapa bencana alam besar termasuk bencana gempa pada tanggal 27 Mei 2006, dan erupsi Gunung Merapi pada medio Oktober-November 2010.

Sarjana Penggerak Pembangunan (SP2) adalah program dari Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Balai Pemuda dan Olahraga Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga untuk merekrut pemuda yang akan ditempatkan di pedesaan untuk berperan serta dalam pembangunan di pedesaan.

Program ini dilaksanakan dengan sistem kontrak selama 2 (dua) tahun. Peserta mendapatkan tunjangan biaya hidup sebesar Rp. 1.400.000,-/bulan dan bantuan modal awal senilai Rp. 6.000.000,- dan akan ditempatkan di wilayah Kabupaten Bantul.

Tahun Anggaran 2015, Balai Pemuda dan Olahraga akan merekrut 20 orang sarjana dengan ketentuan sebagai berikut:

Persyaratan :

  • Peserta adala lulusan Perguruan Tinggi Strata 1 semua jurusan
  • Berdomisili di DIY dibuktikan dengan KTP
  • Usia maksimal 27 tahun terhitung tanggal 1 Juli 2015
  • IPK minimal 2.75
  • Belum Menikah

Persyaratan Administrasi :

Peserta membuat surat Lamaran tulisan tangan ditujukan kepada Kepala Balai Pemuda dan Olahraga dilampiri:

  1. Pas Photo ukuran 3×4 sejumlah 1 lembar
  2. FC KTP DIY yang masih berlaku sejumlah 1 lembar
  3. FC Ijazah yang telah dilegalisir sejumlah 1 lembar
  4. FC Transkrip Nilai yang telah dilegalisir sejumlah 1 lembar

Situs Referensi

  1. www.bpo-diy.or.id

Tata Cara Pendaftaran

Seluruh persyaratan administrasi diserahkan di loket pendaftaran di :

Balai Pemuda dan Olahraga Dinas Dikpora DIY
Ndalem Ngadiwinatan Suryoputran KT II/23 Alun-alun Kidul
Panembahan Kraton Yogyakarta
Pukul 08.30 – 15.00 WIB

Catatan:

  • Hanya pelamar yang memenuhi syarat yang akan diikutsertakan dalam seleksi berikutnya
  • Sumber

Info Penerimaan Sarjana Penggerak Pembangunan DIY persembahan www.pusatinfocpns.com

Share