Penerimaan CPNS 2014 Terintegrasi di Pusat

Share
Advertisement

CPNS KumpulInfo CPNS 2014 – Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014 sepenuhnya menjadi wewenang Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Sementara tidak ada porsi bagi daerah melakukan perekrutan, namun hanya bersifat pengajuan. Berapa kebutuhan masing-masing daerah untuk penerimaan akan diajukan ke Kemenpan-RB yang rencananya akan dimulai dalam Maret 2014 ini.

“Semua masih terintegrasi di pusat. Artinya daerah tidak diberikan porsi untuk perekrutan, namun hanya mengajukan berapa kebutuhan untuk kemudian dilakukan verifikasi,” kata Kepala Bagian Informasi Publik Kemenpan-RB, Suwardi beberapa waktu lalu.

Dijelaskannya, penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2014 ini lebih difokuskan kepada tenaga pendidik dan kesehatan. Sementara untuk bidang lainnya, terutama administrasi tidak akan banyak, bahkan kemungkinan ada daerah yang sudah berlebih. “Karena dinilai sudah mencukupi, bahkan berlebih. Palingan hanya beberapa saja, dan difokuskan pada tenaga pendidik dan kesehatan,” jelas Suwardi.

Kemudian untuk CPNS honorer kategori dua (K2) juga akan dibuka tahun ini, namun Suwardi belum bisa memastikan waktunya. Yang jelas, CPNS K2 tahun ini merupakan lanjutan dari 2013 lalu. Dimana total CPNS K2 yang dibutuhkan se-Indonesia pada 2013 lalu sekitar 220 ribu pelamar, namun baru dilaksanakan untuk 110 ribu pelamar. “Sisanya itu yang kita laksanakan tahun ini,” tutur Suwardi.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau, Surya Maulana belum menetapkan berapa formasi yang akan diajukan ke Pemerintah Pusat untuk kebutuhan tahun 2014 ini. “Kita akan koordinasikan dulu dengan seluruh kabupaten/kota bersama satker mengenai berapa kekurangan pegawai yang dibutuhkan,” kata Surya.

Namun hal yang sama diungkapkannya, bahwa untuk tahun 2014 ini, penerimaan CPNS lebih difokuskan kepada tenaga pendidik dan kesehatan. Karena setidaknya, Riau masih kekurangan tenaga pegawai untuk dua bidang tersebut.

Share