Penerimaan CPNS 2013 Bersih KKN

Share
Advertisement

kemen PAN RBPenerimaan CPNS – Dalam penerimaan CPNS 2013 ini, Menteri Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar, menegaskan tak ada nepotisme dan kolusi. Jika ada yang menemukan lulus tidak murni, ia berani membayar Rp1 milyar.

“Tahun lalu saja tidak ada permainan, kalau ada permainan tahun lalu saya berani bayar 1 milyar,” kata Azwar usai menghadiri upacara peresmian Batalyon 111/Raider Kodam Iskandar Muda di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Jumat (6/9/2013).

Azwar mengingatkan peserta untuk tidak percaya kepada calo atau bocoran kunci jawaban. Menurutnya penerimaan calon PNS kali ini sangat transparan. Lembar jawaban yang dipakai dalam ujian CPNS kali ini menggunakan kertas elektronik agar bisa langsung dibaca komputer dan diumumkan segera hasilnya.

“Hasil komputer itu langsung diumumkan, jadi tak bisa diolah-olah lagi. Saya pun ngak bisa urus anak saya. Jadi jangan percaya kalau ada yang bilang orang Menpan, orang kantor gubernur bisa urus, tak ada itu. Tipu semua,” ujar mantan Gubernur Aceh itu.

Menurutnya, calon PNS jangan pernah terbujuk rayu oleh calo yang menawarkan jasanya. Peserta harus terus belajar, karena lulus tidaknya seseorang dalam penerimaan CPNS kali ini ditentukan oleh kecakapan dan keahliannya.

Ada tiga kemampuan yang diuji dalam tes CPNS tahun ini, kata dia, yaitu kemampuan akademik, kebangsaan dan kepribadian. “Belajar saja, belajar kelompok. Kan materinya sudah ada,” ujarnya.

Proses perekrutan CPNS tahun ini sudah memasuki tahap lelang cetak lembaran jawaban. Sementara ujiannya akan digelar serentak secara nasional pada 3 November mendatang.

Share