Penerimaan Calon Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan Perdesaan PSP3 DIY

Share

PSP3 DIYPenerimaan Sarjana Pembangunan Perdesaan DIY – Kementerian Pemuda dan Olahraga – Kemenpora adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan pemuda dan olahraga. Kementerian Pemuda dan Olahraga dipimpin oleh seorang Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

Tonggak sejarah kelembagaan yang mengurusi pembangunan kepemudaan dan keolahragaan sebenarnya sudah ada sejak masa awal kemerdekaan Indonesia. Sebagaimana penelusuran tim tentang sejarah pengelolaan kegiatan olahraga dan pemuda oleh negara diketahui pada susunan Kabinet pertama yang dibentuk pada tanggal 19 Agustus 1945. Kabinet yang bersifat presidensial memiliki Kementerian Pengajaran yang dipimpin oleh Menteri Ki Hajar Dewantoro. Kegiatan olahraga dan pendidikan jasmani berada di bawah Menteri Pengajaran. Istilah pendidikan jasmani dipergunakan dalam lingkungan sekolah sedangkan istilah olahraga digunakan untuk kegiatan olahraga di masyarakat yang berupa cabang-cabang olahraga. Usia kabinet pertama yang kurang dari tiga bulan kemudian diganti dengan Kabinet II yang berbentuk parlementer di bawah kepemimpinan Perdana Menteri Sutan Sjahrir yang dilantik pada tanggal 14 November 1945.

Pendaftaran Pemuda Sarjana Penggerak Perdesaan Daerah Istimewa Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Daerah Istimewa setingkat provinsi di Indonesia yang merupakan peleburan Negara Kesultanan Yogyakarta dan Negara Kadipaten Paku Alaman. Daerah Istimewa Yogyakarta yang terletak di bagian selatan Pulau Jawa bagian tengah, dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah dan Samudera Hindia. Daerah Istimewa yang memiliki luas 3.185,80 km2 ini terdiri atas satu kota, dan empat kabupaten, yang terbagi lagi menjadi 78 kecamatan, dan 438 desa/kelurahan. Menurut sensus penduduk 2010 memiliki jumlah penduduk 3.452.390 jiwa dengan proporsi 1.705.404 laki-laki, dan 1.746.986 perempuan, serta memiliki kepadatan penduduk sebesar 1.084 jiwa per km2.

Penyebutan nomenklatur Daerah Istimewa Yogyakarta yang terlalu panjang menyebabkan sering terjadinya penyingkatan nomenklatur menjadi DI Yogyakarta atau DIY. Daerah Istimewa ini sering diidentikkan dengan Kota Yogyakarta sehingga secara kurang tepat sering disebut dengan Jogja, Yogya, Yogyakarta, Jogjakarta. Walaupun memiliki luas terkecil ke dua setelah Provinsi DKI Jakarta, Daerah Istimewa ini terkenal di tingkat nasional, dan internasional, terutama sebagai tempat tujuan wisata andalan setelah Provinsi Bali. Daerah Istimewa Yogyakarta mengalami beberapa bencana alam besar termasuk bencana gempa pada tanggal 27 Mei 2006, dan erupsi Gunung Merapi pada medio Oktober-November 2010.

PSP3 di Daerah Istimewa Yogyakarta dikelola oleh Balai Pemuda dan Olahraga Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada tahun 2015 ini direncanakan akan direkrut 38 Pemuda Sarjana yang berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta untiuk ditempatkan di perdesaan di wilayah Kabupaten Gunung Kidul dan Kabupaten Kulon Progo.

Persyaratan :

  • Pendidikan Strata 1 semua jurusan
  • Usia Maksimum 29 Tahun per-31 Agustus 2015
  • Tidak Menikah dan bersedia tidak menikah selama kontrak
  • Sehat Jasmani dan Rohani
  • Berkelakuan baik dan bebas dari Narkoba
  • Diutamakan memiliki pengalaman berorganisasi
  • Tidak terikat kontrak dengan pemerintah maupun swasta
  • Tidak terikat kegiatan perkuliahan selama kontrak
  • Memiliki kemampuan menulis dan mendokumentasikan laporan
  • Diutamakan mendapat dukungan dari masyarakat setempat
  • Belum pernah mengikuti kegiatan SP3/PSP3 yang dibayai APBN
  • Bersedia menandatangani kontrak
  • Bersedia ditempatkan di pedesaan di wilayah DIY

Persyaratan Administrasi:

  1. Surat lamaran ditujukan kepada Kepala BPO Disdikpora DIY
  2. Pas Photo berwarna berlatar biru ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar
  3. Foto copy Ijazah dan Transkrip nilai S1 yang dilegalisir
  4. Foto copy KTP DIY
  5. Surat Keterangan Sehat dari Dokter
  6. Surat keterangan bebas narkoba dari puskesmas/rumah sakit
  7. SKCK dari Kepolisian
  8. Surat Keterangan Belum Menikah dari Kelurahan
  9. Menandatangani surat pernyataanyang bisa diambil di BPO
  10. Surat keterangan dari organisasi (jika ada)
  11. Surat Rekomendasi dari Tokoh Masyarakat (jika ada)
  12. Sertifikat yang dimiliki (jika Ada)

Situs Referensi

  1. www.bpo-diy.or.id

Tata Cara Pengajuan Lamaran

Seluruh persyaratan aministrasi di atas dimasukkan kedalam stopmap warna merahdan diserahkan kepada :

Panitia Penerimaam PSP3 di BPO Disdikpora DIY

JADWAL DAN TEMPAT PENDAFTARAN:
JADWAL PENDAFTARAN: tanggal 5 s.d. 8 Mei 2015, Pukul 08.30 s.d. 15.00 WIB
TEMPAT PENDAFTARAN : Balai Pemuda dan Olahraga Dinas Dikpora DIY, Ndalem Ngadiwinatan Suryoputran KT II/23 Alun-alun Kidul, Panembahan, Kraton, Yogyakarta, Telepon: 0274-374916

Catatan :

  • Persyaratan di atas bisa disampaikan ke BPO sampai dengan tanggal 21 Mei 2015 kecuali Fotocopy Ijazah, transkrip dan KTP DIY.
  • Setelah mendaftar, Peserta Seleksi akan mendapatkan panduan untuk melakukan pendaftaran secara online
  • Sumber

Info Penerimaan Sarjana Pembangunan Perdesaan DIY persembahan www.pusatinfocpns.com

Share