Pendaftaran Sarjana Penggerak Pembangunan Pedesaan di Yogyakarta

Share
Advertisement

Pengumuman
Penerimaan Calon Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan di Perdesaan (PSP-3)
Seleksi Derah Istimewa Yogyakarta
Tahun 2014

Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan di Pedesaan – PSP-3 merupakan program pemerintah yang berdurasi waktu selama 2 tahun. Program tersebut merupakan program unggulan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga RI yang dirancang dalam meningkatkan peran kepemimpinan, kemandirian, dan kepeloporan pemuda, khususnya pemuda yang terdidik yang telah menamatkan jenjang pendidikan strata 1.

Diyakini sepenuhnya bahwa Program PSP-3 Kementerian Pemuda dan Olahraga RI merupakan langkah strategi pemerintah dalam mengurangi penumpukan sumber daya manusia yang memiliki jenjang pendidikan tinggi di daerah perkotaan. Sehingga secara berkala daerah perdesaan dapat menjadi tumpuan untuk pusat pertumbuhan ekonomi di masa yang akan datang. Dengan program ini juga diharapkan menambah rasa percaya diri para sarjana untuk berpartisipasi secara langsung dalam membangun desa dan menjadikan desa sebagai pusat untuk menata kehidupan yang lebih mapan. Sehingga di masa yang akan datang kesenjangan antara kehidupan masyarakat kota dan di perdesaan menjadi berkurang.

Sejak Program PSP-3 Kementerian Pemuda dan Olahraga RI digulirkan, peranan para pemuda terdidik tersebut memang sangat dibutuhkan, terutama dalam bidang Sumber Daya Manusia (SDM). Sebagai sebuah program unggulan yang direncanakan secara sistematis dan berkesinambungan,oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga RI nampaknya program tersebut perlu dikelola secara serius, konsisten, transparan dan akuntabel. Betapa tidak, karena para peserta PSP-3 Kementerian Pemuda dan Olahraga RI tergolong pemuda yang semuanya berpendidikan sarjana dari berbagai displin ilmu. Sejalan dengan hal itu program PSP-3 Kementerian Pemuda dan Olahraga RI bagian dari komitmen pemerintah untuk membangun pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru yang diinisiasi oleh para sarjana melalui kultur dan jiwa kewirausahaan di daerah perdesaan. Pusat pertumbuhan ekonomi didasarkan pada pengembangan pertanian, perikanan, peternakan, agrobisnis dan banyak sumber daya alam yang tersedia lainnya. Sehingga pada nantinya dapat mengakselarasi penyelesaian masalah-masalah sosial khususnya untuk mengurangi angka pengangguran dan mengentaskan kemiskinan, dalam rangka upaya mencapai masyarakat yang lebih sejahtera, adil dan bermartabat.

Program PSP-3 merupakan salah satu program pengembangan kepeloporan pemuda dalam meningkatkan peran sertanya di tengah masyarakat dalam mendinamisasi perubahan dan pembaharuan melalui pembangunan di perdesaan. Melalui program ini diharapkan PSP-3 dapat menjadi pelopor dalam menggerakkan masyarakat, khususnya pemuda di perdesaan untuk mengubah orientasinya dari pencari kerja menjadi pencipta lapangan kerja. Termasuk melakukan inovasi dan mengakses sumber kemajuan, serta meningkatkan kinerja pelayanan publik Pemerintahan Desa dalam rangka memandirikan dan mensejahterakan masyarakat desa.

Pada saat ini Balai Pengembangan Pemuda dan Olahraga membuka Penerimaan Calon Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan di Pedesaan

Dibutuhkan Sarjana/Pemuda Unggul

Ayo berkarya bersama Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Membangun Desa

Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan di Pedesaan (PSP-3) adalah program yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia untuk menempatkan pemuda di pedesaan selama 2 (dua) tahun guna mendorong pembangunan di pedesaan. Pemuda asli Daerah Istimewa Yogyakarta akan ditempatkan di Banten, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Kalimantan Barat, dan Maluku Utara, dengan tunjangan biaya hidup sebesar Rp. 3.000.000,- /bulan dan modal rintisan Rp. 5.000.000,-/tahun.

Untuk PSP-3 Angakatan XXIV Tahun 2014, dibutuhkan 40 (empat puluh) pemuda sarjana asal Daerah Istimewa Yogyakarta. Pemuda sarjana yang berminat disilakan mendaftarkan diri dengan ketentuan sebagai berikut:

KETENTUAN PELAMAR:

  • Warga Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Telah lulus Perguruan Tinggi Strata 1 (S1) segala jurusan
  • Pria/Wanita dengan usia maks. 26 tahun per 1 September 2014
  • Belum menikah yang dibuktikan dengan KTP
  • Berbadan sehat dan tidak memiliki hambatan fisik
  • Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan SKCK
  • Belum memiliki pekerjaan tetap
  • Lebih diutamakan memiliki pengalaman kepramukaan

SYARAT ADMINISTRASI:

  • Fotocopy ijazah sarjana beserta transkrip nilai yang dilegalisir
  • Fotocopy KTP DIY
  • Pas Photo ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar
  • Fotocopy dokumen pendukung (sertifikat, surat keterangan dll)
  • Surat keterangan berbadan sehat dari dokter

(Seluruh persyaratan di atas dimasukkan ke dalam stopmap warna merah)

KELENGKAPAN SETELAH DINYATAKAN DITERIMA:

  1. Surat pernyataan bersedia menandatangani kontrak
  2. Daftar Riwayat Hidup
  3. Fotocopy Akte Kelahiran
  4. SKCK dari Kepolisian dan Keterangan Bebas Narkoba dari RS/Puskesmas
  5. Surat Keterangan Pencari Kerja dari Disnaker (AK-1/Kartu Kuning)
  6. Surat keterangan tidak mempunyai ikatan dinas
  7. Surat keterangan belum pernah menikah dari kelurahan

JADWAL PELAKSANAAN SELEKSI

  • Pendaftaran : 28 April s.d. 09 Mei 2014
  • Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi : 16 Mei 2014
  • Daftar Ulang Calon PSP-3 : 19 s.d. 24 Mei 2014
  • Seleksi Tertulis dan Wawancara : 04 s.d. 06 Juni 2014
  • Pengumuman Hasil Seleksi Wawancara : 09 Juli 2014

TEMPAT PENDAFTARAN

Balai Pemudan dan Olahraga Dinas Dikpora DIY
Dalem Ngadiwatan Suryoputran KT II/23 Alun-Alun Kidul Yogyakarta
Tlp/Fax: 0274-374916

Catatan:

  • Seleksi Penerimaan Calon Peserta SP-3 Provinsi DIY tidak dipungut biaya;
  • Berkas yang sudah dikirimkan menjadi milik Panitia dan tidak dapat diminta kembali;
  • Keputusan Panitia bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat;
  • Apabila dikemudian hari pelamar terbukti memberikan data palsu maka kelulusan dinyatakan batal.
  • Sumber

Penerimaan Sarjana Penggerak Pembangunan Perdesaan di DIY persembahan www.pustainfocpns.com

Share