Pemprov Kaltara Akan Buka Penerimaan CPNS 2015

Share
Advertisement

kaltaraInfo CPNS Kaltara 2015 – Info berikut harus dibaca bagi yang ingin menjadi CPNS / CASN di tahun 2015 ini, khususnya di Provinsi baru Kalimantan Utara atau Kaltara. Kabarnya Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) mulai merancang permintaan alokasi formasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2015 ini menyusul diterimannya surat edaran dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) belum lama ini .

Sekretaris Provinsi (Sekprov) H Badrun menyebutkan, usulan formasi yang dirancang tersebut masih merupakan tindaklanjut atas usulan formasi yang disampaikan kepada Kemenpan-RB pada tahun 2014 lalu, dimana kuota yang diusulkan lebih kurang 1.600 formasi.

“Menyusul terbitnya edaran tersebut, maka dalam waktu dekat ini kami akan segera merancang alokasi tahun 2015 melalui Biro Kepegawaian Daerah dan Diklat (BKDD) Provinsi Kaltara,” sebutnya usai memimpin rapat internal jajaran Pemprov Kaltara di Kantor Gubernur, Senin (12/1).

Meski belum bisa menyebutkan rincian waktu proses pengajuan usulan hingga penerimaan tahun 2015 , Badrun mengakui usulan formasi yang akan disampaikan Pemprov Kaltara tentu harus mengacu dokumen sebelumnya, serta kajian analisis jabatan dan beban kerja di tiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“Intinya, sekarang sudah ada surat edaran dan Pemprov juga tentu akan mengusulkan. Kami akan segera menjawab surat Kemenpan dan BKN untuk alokasi formasi 2015,” jelasnya.

Selain itu, Badrun juga menyampaikan, Pemprov Kaltara juga tengah memfokuskan proses pengangkatan pegawai baru hasil seleksi CPNS yang dilaksanakan pada Oktober 2014 lalu. Saat ini kata dia, masih bergulir proses registrasi ulang pendaftar yang lulus hingga tanggal 16 Januari mendatang.

“Setelah itu, kami melalui BKDD Provinsi akan menyampaikan hasil registrasi tersebut ke Kantor Regional (Kanreg) VIII Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Banjarmasin. Di sana nanti persetujuan NIP, dan selanjutnya diterbitkan keputusan pengangkatan. Tetapi kalau TMT (terhitung masuk kerjanya) kami belum bisa pastikan,” sebutnya.

Bergabungnya 291 PNS baru di lingkungan Pemprov Kaltara, diharapkan minimal mampu menjawab keterbatasan pegawai yang sejauh ini diharapkan Pemprov.

Meski begitu kata Badrun, jumlah tersebut belum mampu mengakomodir kebutuhan ideal untuk menjalankan fungsi penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan publik, namun diharapkan mampu memaksimalkan pembagian tugas di SKPD yang ditempati masing-masing pegawai baru.

“Penambahan pegawai hasil seleksi beberapa waktu lalu tentu menambah tenaga yang memang kurang selama ini. Jika dijumlah dengan pegawai yang ada saat ini berkisar 400 pegawai, dengan tambahan 291 itu membuat job deskripsi berdasarkan struktur organisasi dan pembagian tugas nanti akan lebih terdistribusikan ke pegawai baru,” urainya.

Terlebih, pegawai baru juga akan diarahkan untuk mengelola dan melaksanakan fungsi koordinasi serta sesuai tema seleksi, pegawai baru mampu memperkuat pengelolaan keuangan dan pengelolaan pemerintahan Provinsi Kaltara.

Share