Pemerintah Mengincar Lulusan Terbaik PTN Menjadi PNS

Share
Advertisement

Lulusan terbaikInfo CPNS PT – Pemerintah berkeinginan untuk menarik lulusan terbaik perguruan tinggi negeri (PTN) menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Sebagai faktor penarik, pemerintah akan menjanjikan penerapan sistem penggajian sesuai dengan beban kinerja laiknya di perusahaan swasta.

Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Eko Prasodjo mengatakan keengganan para lulusan terbaik PTN untuk menjadi PNS karena terganjal di masalah gaji. Penyetaraan gaji seperti swasta ini, lanjutnya, hanya berlaku untuk pegawai berprestasi.

“Jadi sama-sama lulusan ekonomi 0 tahun, ya kurang lebih punya pendapatan yang sama untuk tingkat jabatan itu,” ujar Eko seperti dikutip dari situsnya ekoprasojo.com di Jakarta, Minggu (16/6).

Berdasarkan data, jumlah PNS lulusan S-1 per Januari 2013 mencapai 843.123 orang, S-2 95.620 orang, dan S-3 hanya 7.234 orang. Adapun untuk lulusan diploma, D-1 ada 23.906 orang, D-2 229.221 orang, dan D-3 ada 163.519 orang.

Selain itu, tambahnya, lamanya kenaikan jenjang golongan PNS juga mempengaruhi minat para lulusan terbaik PTN untuk menjadi PNS.

Selama ini, Eko menilai banyak PNS yang hanya memikirkan gaji, sementara kinerjanya tidak maksimal. Akibatnya mereka tidak mendapatkan hasil sesuai dengan yang diharapkan.

Pemerintah berharap penerapan prinsip gaji disesuaikan dengan kinerja yang telah tercapai dapat memperbaikinya.

Share