Pelelangan Jabatan Lurah dan Camat DKI Diminati Banyak PNS

Share
Advertisement

Lelang Camat dan Lurah DKI – Antusias PNS di wilayah DKI Jakarta untuk mengikuti lelang jabatan lurah dan camat terbilang tinggi. Sebab, baru tiga setengah jam pendaftaran secara online lelang jabatan camat dan lurah dibuka, pendaftar sudah mencapai 226 orang.

Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta, Budi Utomo mengatakan, hingga pukul 13.30 sudah 226 peserta yang mendaftar melalui www.jakgov.jakarta.go.id. Dari total peserta yang mendaftar, 75 di antaranya mendaftar menjadi camat, sementara sisanya 151 mendaftar sebagai lurah.

“Sudah 226 yang mendaftar,” ungkap Budi di Balai Kota, Jakarta, Senin (8/4).

Dia mengatakan, banyaknya jumlah pendaftar merupakan salah satu indikasi jika lelang jabatan camat dan lurah amat diminati. Menurutnya, untuk dapat mendaftar menjadi calon peserta lelang jabatan, seorang PNS harus memasukkan Nomor Induk Pegawai (NIP) dan Nomor Register Kepegawaian (NRK).

Pendaftaran sendiri dibuka selama 15 hari yakni mulai 8 hingga 22 April mendatang. Pendaftaran dibuka selama 24 jam melalui sistem online. Kemudian ditutup tepat pada pukul 00.00 tanggal 22 April.

Selanjutnya peserta yang telah mendaftar diwajibkan mengikuti ujian online yakni pada 24-25 April, yang mencakup tes dengan materi pembangunan, pelayanan publik, dan pemerintahan. Masing-masing peserta akan mendapatkan soal yang berbeda dengan bobot yang sama. Kemudian dilanjutkan dengan tes kompetensi assessment center, wawancara, tes psikologi, tulisan, serta tes visi dan misi.

Untuk tes kompetensi assessment center, Pemprov DKI Jakarta bekerjasama dengan Mabes Polri. Dia mengatakan jika peserta yang telah mengikuti seleksi administrasi, namun tidak hadir saat diundang maka dianggap gugur.

“Jika peserta yang sudah mendaftar dan tidak hadir saat kita undang maka dianggap gugur,” tegas Budi.

Budi menambahkan, PNS di Jakarta yang memenuhi syarat untuk mengikuti proses seleksi yakni sebanyak 6.000 orang. Jika calon peserta mendaftar dan tidak memenuhi syarat maka akan langsung ditolak oleh sistem yang ada. Misalnya pangkatnya tidak sesuai dengan syarat yang ditentukan.

“Ada ribuan PNS yang memenuhi syarat sebagai camat dan lurah, dari total PNS mencapai 74.283 orang,” terangnya.

Pihaknya juga membuka layanan pengaduan terkait dengan proses lelang jabatan di nomor 021-3455552. Selain itu, dibuka juga Posko sekretariat seleksi jabatan di lantai 20 Blok G gedung Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Program lelang jabatan ini baru pertama kali dijalankan oleh Pemprov DKI Jakarta. Untuk tahap awal seleksi ini hanya untuk jabatan lurah dan camat yang kosong. Saat ini setidaknya ada 25 jabatan lurah dan 3 jabatan camat yang kosong.

Namun tahap berikutnya ditujukan bagi seluruh jabatan yang ada. Di Jakarta ada sebanyak 44 kecamatan dan 267 kelurahan.

Share