Lowongan Universitas Terbuka UPBJJ-UT Tarakan

Share

UT TarakanLowongan Kerja UPBJJ-UT TarakanUniversitas Terbuka atau UT adalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ke-45 di Indonesia yang menerapkan sistem belajar terbuka dan jarak jauh. Sistem belajar ini terbukti efektif untuk meningkatkan daya jangkau dan pemerataan kesempatan pendidikan tinggi yang berkualitas bagi semua warga negara Indonesia, termasuk mereka yang tinggal di daerah-daerah terpencil, baik di seluruh nusantara maupun di berbagai belahan dunia.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang demikian cepat menuntut kita untuk terus meningkatkan potensi sumber daya manusia (SDM) yang menunjang produktivitas. Namun, keterbatasan tempat dan waktu menjadi kendala utama bagi banyak orang dalam mengembangkan diri dan meningkatkan karir.

Sejak diresmikan pada tahun 1984, UT mendapatkan mandat dari pemerintah untuk memberikan kesempatan yang sangat luas kepada semua warga negara Indonesia, baik yang baru lulus SLTA maupun yang sudah bekerja untuk mengikuti pendidikan tinggi tanpa memandang latar belakang sosial, ekonomi, umur, dan tempat tinggal mereka. Sistem pembelajaran UT memungkinkan belajar yang fleksibel kepada mereka yang tidak memperoleh kesempatan mengikuti sistem pendidikan tinggi dengan cara tatap muka.

Genap 40 kini, kantor layanan UT atau dikenal dengan Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) diresmikan di Tarakan pada tanggal 20 April 2016. Tahun 2016 ini merupakan tahun yang bersejarah bagi Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) dan Universitas Tebuka (UT). UT memperluas akses layanan pendidikannya dengan mendirikan Kantor UPBJJ-UT baru yang akan melayani kebutuhan pendidikan tinggi khususnya pendidikan tinggi jarak jauh di provinsi termuda Indonesia tersebut. Kota Tarakan dipilih untuk menjadi tempat Kantor UPBJJ-UT di Kaltara lantaran letaknya yang strategis dan merupakan salah satu kota terbesar di Kaltara. Berdirinya UPBJJ-UT Tarakan ini diresmikan oleh Gubernur Kaltara Dr. Irianto Lambrie yang dalam hal ini diwakili Wakil Gubernur Kaltara H. Udin Hianggio dan juga dihadiri oleh Walikota Tarakan Ir. Sofian Raga, M.Si. Acara yang dimulai tepat pukul 14.00 WITA ini berlangsung khidmad dan meriah dengan cuaca yang cerah.

Pendirian UPBJJ-UT Tarakan dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan yang tinggi untuk pendidikan tinggi berkualitas di Kalimantan Utara dan sekitarnya. Hal ini terlihat dari cukup banyaknya jumlah mahasiswa UT di wilayah Kalimantan Utara. Walau UPBJJ-UT di Kaltara hanya berdiri di kota Tarakan, namun cakupan wilayah layanan pendidikan UPBJJ-UT Tarakan tidak hanya meliputi wilayah Kalimantan Utara dan sekitarnya saja, UPBJJ-UT Tarakan akan melayani mahasiswa yang tinggal dan bekerja di Tawau dan Kinabalu (Sabah, Malaysia). Selama ini masyarakat yang berada di wilayah Tarakan sudah terlayani menjadi mahasiswa UT oleh UPBJJ-UT Samarinda, juga UPBJJ-UT Batam untuk mahasiswa wilayah Tawau dan Kinabalu (Sabah, Malaysia). Dengan terlahirnya Provinsi baru di Kalimantan Utara ini, maka UT mendekatkan layanan kepada mahasiswa UT yang banyak tersebar di Kota Tarakan, Kabupaten Nunukan, Kabupaten Malino, Kabupaten Bulungan, Kabupaten Tanah Tidung, Tawau dan Kinabalu (Sabah, Malaysia). Jadi keberadaan kantor UPBJJ-UT Tarakan dapat dirasakan manfaatnya oleh mahasiswa UT di wilayah tersebut.

Untuk memudahkan jangkauan, UT menyewa gedung seluas 600 m2 yang berdiri diatas lahan seluas 1.100 m2 sebagai kantor UPBJJ-UT Tarakan. Gedung tersebut bertempat di Jl. Jenderal Sudirman No. 7 Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Tarakan Barat, Kota Tarakan. Lokasinya yang terletak di tengah kota, merupakan daerah strategis, dimana Kantor Pos, Kantor Pajak, dan Kantor Pemerintahan maupun Swasta berlokasi tak jauh dari gedung tersebut.

Dibukanya UPBJJ baru yang dikepalai oleh Dr. Sofjan Aripin, M.Si. ini, merupakan upaya UT untuk memperluas akses layanan dan jaringan pendidikannya yang selama ini dikenal terbesar di Indonesia. Jaringan pendidikan inilah yang menjadi cara bagi UT untuk dapat memeratakan pendidikan hingga ke daerah terpelosok dan terluar di seluruh Indonesia. Dengan dibentuknya UPBJJ-UT Tarakan, kantor layanan UT yang sebelumnya berada di 39 kota, kini bertambah menjadi 40 kota di 34 provinsi di Indonesia. Pendirian UPBJJ-UT Tarakan sendiri juga secara langsung menambah jumlah universitas negeri di provinsi Kaltara.

Lowongan Kerja Terbaru di Universitas Terbuka UPBJJ-UT Tarakan

Universitas Terbuka UPBJJ-UT Tarakan akan menerima Calon Tenaga Non PNS dengan rincian sebagai berikut:

  1. Teknisi ICT
  2. Teknisi Akuntansi
  3. Front Desk

Deskripsi Pekerjaan

Teknisi ICT

Persyaratan :

  • Pendidikan S1/DIII Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Teknik Komputer, Sistem Informasi
  • IPK Min. 2,75

Teknisi Akuntansi

Persyaratan :

  • Pendidikan S1/DII Akuntansi
  • IPK Min. 2,75

Front Desk

Persyaratan :

  • Pendidikan S1/DIII Komunikasi, Psikologi, Sastra
  • IPK Min. 2,75

Persyaratan Umum:

  • Usia setinggi-tingginya 35 tahun pada 31 Desember 2016.
  • Ijazah terakreditasi minimal B sesuai tahun kelulusan.
  • Berpenampilan menarik, rapi, sopan, dan ramah.
  • Berwawasan luas dan kreatif.
  • Sanggup bekerja diluar jam kantor.
  • Mampu bekerja keras bersama tim.
  • Memiliki kemampuan manajemen organisasi.

Kelengkapan Berkas Lamaran

Berkas lamaran menggunakan map berwarna Merah untuk Front desk, Kuning untuk Akuntansi, dan Hijau untuk Ilmu Komputer. dibuat rangkap 2 (dua) dan disusun sebagai berikut :

  • Empat (4) lembar pas photo berwarna Merah terbaru ukuran 3 x 4 cm, pada bagian belakang ditulis nama dan dimasukkan ke dalam kantong plastik.
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku.
  • Surat Lamaran memakai kertas folio bergaris yang ditulis tangan dengan huruf latin menggunakan tinta hitam dan ditandatangani oleh pelamar, ditujukan kepada Rektor Universitas Terbuka, melalui Kepala UPBJJ-UT Tarakan, tanpa materai.
  • Satu (1) lembar fotokopi Ijazah pelamar kualifikasi akademik S1 atau pelamar kualifikasi akademik DIII, serta transkrip nilai sesuai dengan kualifikasi akademik yang dibutuhkan dan telah disahkan oleh Pejabat yang berwenang (legalisir) dengan cap dan tanda tangan asli (bukan hasil print out scanner). Tanggal penetapan ijazah harus sebelum tanggal pelamaran, tidak boleh surat keterangan atau pernyataan yang menyatakan bahwa belum diwisuda. Legalisir ijazah harus dilakukan oleh pejabat yang berwenang
    • Untuk lulusan universitas/institut disahkan oleh pejabat yang berwenang (Rektor/Dekan/Pembantu Dekan Bidang Akademik).
    • Untuk lulusan Sekolah Tinggi disahkan oleh Ketua/Pembantu Ketua Bidang Akademik.
    • Untuk lulusan luar negeri, harus telah terakreditasi Ditjen Dikti Kemdikbud.
    • Surat Keterangan Lulus tidak dapat digunakan untuk melamar.
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang dikeluarkan pihak yang berwajib/POLRI tempat domisili pelamar yang masih berlaku.
  • Surat Keterangan Kesehatan yang masih berlaku dari Dokter Rumah Sakit Pemerintah/ Pemerintah Daerah.
  • Surat Keterangan tidak mengkonsumsi/menggunakan narkotika, psikotropika, prekursor, dan zat adiktif lainnya yang masih berlaku, dengan catatan:
    • dikeluarkan oleh Rumah Sakit Umum Pemerintah;
    • isinya berdasarkan pemeriksaan laboratorium tes urine yang bersangkutan negatif terhadap narkotika;
    • ditandatangani oleh dokter/(Kepala/petugas laboratorium, Kasatreskrim Kepolisian yang bukan dokter tidak diperkenankan).
  • Melampirkan Surat Pernyataan sanggup ditempatkan sesuai dengan formasi penempatan yang ditandatangani di atas materai Rp 6.000. Format surat pernyataan Klik Disini.
  • Mengisi Daftar Riwayat Hidup (DRH) dengan huruf KAPITAL/BALOK dengan tinta hitam, lembar pertama kanan atas ditempel pas photo. Format DRH Klik Disini

Situs Referensi

  1. www.ut.ac.id

Tata Cara Pengiriman Lamaran

Bagi Saudara/i yang berminat dan memenuhi persyaratan, maka Berkas lamaran dapat diantar langsung atau dikirim melalui Kantor Pos (cap pos) ditujukan kepada :

Rektor Universitas Terbuka melalui Kepala UPBJJ-UT Tarakan

Catatan :

  • Lamaran diterima paling lambat hari/tanggal Selasa, 14 Juni 2016 (cap pos) Pukul 15.00 waktu setempat.
  • Berkas lamaran yang tidak memenuhi syarat usia, kualifikasi pendidikan, tidak lengkap, dan tidak urut sebagaimana uraian di atas dinyatakan gugur dalam seleksi administrasi.
  • Pengumuman kelulusan Senin, 25 Juli 2016 di laman www.ut.ac.id dan website UPBJJ-UT setempat.
  • Pelamar tidak dipungut biaya penyelenggaraan.
  • Sumber

Info Lowongan Kerja UPBJJ-UT Tarakan ini dikabarkan secara online oleh Tim Pusat Info CPNS.

Share