Lowongan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk

Share

PT Semen IndonesiaLowongan Kerja Semen Indonesia – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk yang dahulu bernama PT Semen Gresik (Persero) Tbk) adalah produsen semen yang terbesar di Indonesia. Pada tanggal 20 Desember 2012, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk resmi berganti nama dari sebelumnya bernama PT Semen Gresik (Persero) Tbk. Perusahaan diresmikan di Gresik pada tanggal 7 Agustus1957 oleh Presiden RI pertama dengan kapasitas terpasang 250.000 ton semen per tahun, dan di tahun 2014 kapasitas terpasang mencapai 31,8 juta ton/tahun.

Pada tanggal 8 Juli 1991 saham Perseroan tercatat di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya (kini menjadi Bursa Efek Indonesia) serta merupakan BUMN pertama yang go public dengan menjual 40 juta lembar saham kepada masyarakat. Komposisi pemegang saham pada saat itu: Negara RI 73% dan masyarakat 27%.

Pada bulan September 1995, Perseroan melakukan Penawaran Umum Terbatas I (Right Issue I), yang mengubah komposisi kepemilikan saham menjadi Negara RI 65% dan masyarakat 35%. Pada tanggal 15 September 1995 PT Semen Gresik berkonsolidasi dengan PT Semen Padang dan PT Semen Tonasa.Total kapasitas terpasang Perseroan saat itu sebesar 8,5 juta ton semen per tahun.

Pada tanggal 17 September 1998, Negara RI melepas kepemilikan sahamnya di Perseroan sebesar 14% melalui penawaran terbuka yang dimenangkan oleh Cemex S. A. de C. V., perusahaan semen global yang berpusat di Meksiko. Komposisi kepemilikan saham berubah menjadi Negara RI 51%, masyarakat 35%, dan Cemex 14%. Kemudian tanggal 30 September 1999 komposisi kepemilikan saham berubah menjadi: Pemerintah Republik Indonesia 51,0%, masyarakat 23,4% dan Cemex 25,5%.

Pada tanggal 27 Juli 2006 terjadi transaksi penjualan saham Cemex Asia Holdings Ltd. kepadaBlue Valley Holdings PTE Ltd. sehingga komposisi kepemilikan saham berubah menjadi Negara RI 51,0% Blue Valley Holdings PTE Ltd. 24,9%, dan masyarakat 24,0%. Pada akhir Maret 2010, Blue Valley Holdings PTELtd, menjual seluruh sahamnya melalui private placement, sehingga komposisi pemegang saham Perseroan berubah menjadi Pemerintah 51,0% dan publik 48,9%.

Produk PT Semen Indonesia antara lain :

  1. Semen Portland Tipe I. Dikenal pula sebagai ordinary Portland Cement (OPC), merupakan semen hidrolis yang dipergunakan secara luas untuk konstruksi umum, seperti konstruksi bangunan yang tidak memerlukan persyaratan khusus, antara lain : bangunan, perumahan, gedung-gedung bertingkat, jembatan, landasan pacu dan jalan raya.
  2. Semen Portland Tipe II. Di kenal sebagai semen yang mempunyai ketahanan terhadap sulfat dan panas hidrasi sedang. Misalnya untuk bangunan di pinggir laut, tanah rawa, dermaga, saluran irigasi, beton massa dan bendungan.
  3. Semen Portland Tipe III. Semua jenis ini merupakan semen yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan bangunan yang memerlukan kekuatan tekan awal yang tinggi setelah proses pengecoran dilakukan dan memerlukan penyelesaian secepat mungkin. Misalnya digunakan untuk pembuatan jalan raya, bangunan tingkat tinggi dan bandara udara.
  4. Semen Portland Tipe V. Semen jenis ini dipakai untuk konstruksi bangunan-bangunan pada tanah/air yang mengandung sulfat tinggi dan sangat cocok untuk instalasi pengolahan limbang pabrik, konstruksi dalam air, jembatan, terowongan, pelabuhan dan pembangkit tenaga nuklir.
  5. Special Blended Cement (SBC). Semen khusus yang diciptakan untuk pembangunan mega proyek jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) dan cocok digunakan untuk bangunan di lingkungan air laut. Dikemas dalam bentuk curah.
  6. Portland Pozzolan Cement (PPC). Semen Hidrolis yang dibuat dengan menggiling terak, gypsum dan bahan pozzolan. Digunakan untuk bangunan umum dan bangunan yang memerlukan ketahanan sulfat dan panas hidrasi sedang. Misalnya, jembatan, jalan raya, perumahan, dermaga, beton massa, bendungan, bangunan irigasi dan fondasi pelat penuh.

Lokasi pabrik sangat strategis di Sumatera, Jawa, Sulawesi dan Vietnam menjadikan Semen Indonesia mampu memasok kebutuhan semen di seluruh tanah air yang didukung ribuan distributor, sub distributor dan toko-toko. Selain penjualan di dalam negeri, Semen Indonesia juga mengekspor ke beberapa negara antara lain: Singapura, Malaysia, Korea, Vietnam, Taiwan, Hongkong, Kamboja, Bangladesh, Yaman, Norfolk USA, Australia, Canary Island, Mauritius, Nigeria, Mozambik, Gambia, Benin dan Madagaskar.

  1. Semen Padang. Semen Padang memiliki 4 (empat) pabrik semen, kapasitas terpasang 6 juta ton semen pertahun berlokasi di Indarung, Sumatera Barat. Semen padang memiliki 5 pengantongan semen, yaitu : Teluk Bayur, Belawan, Batam, Tanjung Priok dan Ciwandan.
  2. Semen Gresik. Semen Gresik memiliki 4 pabrik dengan kapasitas terpasang 8,5 juta ton semen per tahun yang berlokasi di Tuban, Jawa Timur. Semen Gresik memiliki 2 pelabuhan, yaitu : Pelabuhan khusus Semen Gresik di Tuban dan Gresik. Semen Gresik pabrik Tuban berada di Desa Sumberarum, Kec Kerek.
  3. Semen Tonasa. Semen Tonasa memiliki 4 pabrik semen, kapasitas terpasang 6,5 juta ton semen per tahun, berlokasi di Pangkep, Sulawesi Selatan. Semen Tonasa memiliki 9 (sembilan) pengantongan semen, yaitu : Biringkasi, Makassar, Samarinda, Banjarmasin, Pontianak, Bitung, Palu, Ambon, Bali.
  4. Thang Long Cement Company. Thang Long Cement Company memiliki kapasitas terpasang 2,3 juta ton semen per tahun, berlokasi di Quang Ninh, Vietnam, Thang Long Cement Company memiliki 3 (tiga) pengantongan semen.

Kontak PT Semen Indonesia (Persero) Tbk

Kantor Pusat
Gedung Utama SG
Jl. Veteran
Gresik 61122
Jawa Timur, Indonesia
Telp : + 62-31-398-1732
Fax : + 62-31-398-3209
E-mail : [email protected]

Kantor Jakarta
The East Tower lantai 18
Jl. DR Ide Anak Agung Gde Agung
Kav.E.3.2 No.1 Jakarta-12950
Telp : + 62-21-5261174-5
Fax : + 62-21-5261176
Website : semenindonesia.com

Lowongan Kerja BUMN PT Semen Indonesia (Persero) Tbk

Semen Indonesia Group kembali mengundang putra-putri terbaik Indonesia terbaik untuk bergabung mengembangkan karir dengan mengisi posisi sebagai :

  1. MANAGEMENT TRAINEE SEMEN INDONESIA GROUP
  2. SUPERVISOR TRAINEE & OPERATIONAL TRAINEE PT SEMEN GRESIK

Deskripsi Pekerjaan

MANAGEMENT TRAINEE SEMEN INDONESIA GROUP

S1 (Akreditasi jurusan minimal B):

  1. S1 Teknik Industri
  2. S1 Teknik Kimia
  3. S1 Teknik Elektro
  4. S1 Teknik Mesin
  5. S1 Teknik Sipil
  6. S1 Teknik Geologi
  7. S1 Teknik Lingkungan
  8. S1 Teknik Pertambangan
  9. S1 Instrumentasi
  10. S1 Kimia (Analis)
  11. S1 Manajemen Keuangan
  12. S1 Manajemen Bisnis
  13. S1 Manajemen Pemasaran
  14. S1 Akuntansi
  15. S1 Psikologi (Industri)
  16. S1 Desain Komunikasi Visual
  17. S1 Hubungan Masyarakat
  18. S1 Hukum
  19. S1 Ekonomi Pembangunan
  20. S1 Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Persyaratan Umum :

  • Pendidikan Sarjana dengan jurusan yang telah ditetapkan
  • Warga Negara Indonesia
  • IPK minimal 3.00 (Skala 4.00)
  • Usia maksimal 27 tahun (per 31 Desember 2017)
  • Sehat Jasamani dan Rohani
  • Tidak Buta Warna untuk jurusan no 2,3,4,5,6,7,8,9,10,14,16, dan 20
  • Berkelakuan baik, tidak pernah terlibat tindak kriminal dan penyalahgunaan NAPZA
  • Bersedia ditempatkan di seluruh Entitas & Area Operasional Semen Indonesia Group

SUPERVISOR TRAINEE & OPERATIONAL TRAINEE PT SEMEN GRESIK

D3 (Akreditasi jurusan minimal B):

  1. D3 Teknik Elektro
  2. D3 Teknik Kimia
  3. D3 Teknik Mesin
  4. D3 Teknik Pertambangan
  5. D3 Teknik Lingkungan
  6. D3 Teknik Sipil
  7. D3 Instrumentasi
  8. D3 Akuntansi
  9. D3 Manajemen Keuangan
  10. D3 Hiperkes & Keselamatan Kerja
  11. D3 Hubungan Masyarakat
  12. D3 Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Pelabuhan
  13. D3 Manajemen Logistik
  14. D3 Manajemen Pemasaran
  15. D3 Manajemen SDM
  16. D3 Manajemen Bisnis

Jurusan SMK:

  1. SMK Teknik Kimia
  2. SMK Teknik Listrik
  3. SMK Teknik Mesin
  4. SMK Teknik Instrumentasi

Persyaratan Umum :

  • Pendidikan Diploma 3 (Supervisor Trainee) & SMK (Operator Trainee) dengan jurusan yang telah ditentukan
  • Warga Negara Indonesia
  • IPK minimal 2.75 (Skala 4.00) untuk D3 & Nilai UN rata – rata 7.00 untuk SMK
  • Usia maksimal 25 tahun untuk D3 & maksimal 23 tahun untuk SMK (Per 31 Desember 2017)
  • Sehat Jasmani dan Rohani
  • Tidak Buta Warna untuk jurusan no 1,2,3,4,5,6,7,10,12, dan SMK
  • Berkelakuan baik, tidak pernah terlibat tindak kriminal dan penyalahgunaan NAPZA
  • Bersedia ditempatkan di seluruh area operasional Perusahaan

Situs referensi

  1. www.semenindonesia.com

Tata Cara Pendaftaran Lamaran

Apabila Anda tertarik serta memenuhi persyaratan, maka silakan melakukan pendaftaran secara online melalui laman berikut ini :

Ketentuan Umum :

  • Pendaftaran secara Online dapat dilakukan mulai tanggal 12 Juli 2017 sampai 18 Juli 2017
  • Hanya pelamar dengan kualifiasi terbaik yang akan diundang untuk mengikuti tahapan seleksi berikutnya.
  • Seluruh tahapan dalam proses rekrutmen PT Semen Indonesia ini tidak dipungut biaya apapun.
  • Keputusan Tim Rekrutmen bersifat mutlak dan tidak dapat di ganggu gugat.
  • Anda bisa menambahkan akun official LINE LP3T untuk informasi lebih lanjut, ID @lp3t.unair
  • Sumber

Info Lowongan Kerja PT Semen Indonesia Group dikabarkan secara online oleh Pusat Info CPNS

Share