Lowongan PT Perusahaan Gas Negara (PGN)

Share
Advertisement

PGNLowongan Kerja PGN – PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk – PGN merupakan perusahaan BUMN yang bergerak di bidang transportasi dan distribusi gas bumi, yang menghubungkan pasokan gas bumi Indonesia dengan konsumen di seluruh penjuru nusantara.

PGN memperkuat pondasi yang ada dan bertransformasi dari perusahaan transmisi dan distribusi gas bumi menjadi penyedia solusi energi terintegrasi, yang mendorong pemanfaatan gas bumi untuk kebutuhan masyarakat dan industri yang semakin meningkat.

Seiring meningkatnya kebutuhan energi yang bersih dan terjangkau, PGN akan terus menggunakan keahlian dan pengalamannya untuk mengamankan sumber energi baru untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang konsumen.

Semula pengusahaan gas di Indonesia adalah perusahaan gas swasta Belanda yang bernama I.J.N. Eindhoven & Co berdiri pada tahun 1859 yang memperkenalkan penggunaan gas kota di Indonesia yang terbuat dari batu bara.

Proses peralihan kekuasaan kembali terjadi di akhir Perang Dunia II pada Agustus 1945, saat Jepang menyerah kepada Sekutu. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh para pemuda dan buruh listrik melalui delegasi Buruh/Pegawai Listrik dan Gas yang bersama-sama dengan Pimpinan KNI Pusat berinisiatif menghadap Presiden Soekarno untuk menyerahkan perusahaan-perusahaan tersebut kepada Pemerintah Republik Indonesia.
Pada 27 Oktober 1945, Presiden Soekarno membentuk Jawatan Listrik dan Gas di bawah Departemen Pekerjaan Umum dan Tenaga dengan kapasitas pembangkit tenaga listrik sebesar 157,5 MW.
Pada tahun 1958 perusahaan tersebut dinasionalisasi dan diubah menjadi PN Gas.
Pada tanggal 1 Januari 1961, Jawatan Listrik dan Gas diubah menjadi BPU-PLN (Badan Pimpinan Umum Perusahaan Listrik Negara) yang bergerak di bidang listrik, gas dan kokas yang dibubarkan pada tanggal 1 Januari 1965. Pada saat yang sama, 2 (dua) perusahaan negara yaitu Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebagai pengelola tenaga listrik milik negara dan Perusahaan Gas Negara (PGN) sebagai pengelola gas diresmikan.
Selanjutnya pada tanggal 13 Mei 1965 berubah menjadi Perusahaan Gas Negara. Tanggal inilah yang kemudian diperingati sebagai hari jadi PGN pada tiap tahunnya.
Perusahaan ini yang semula mengalirkan gas buatan dari batu bara dan minyak dengan teknik Catalytic Reforming yang tidak ekonomis mulai menggantinya dengan mengalirkan gas alam pada tahun 1974 di kota Cirebon. Konsumennya adalah sektor rumah tangga, komersial dan industri. Penyaluran gas alam untuk pertama kali dilakukan di Cirebon tahun 1974, kemudian disusul berturut-turut di wilayah Jakarta tahun 1979, Bogor tahun 1980, Medan tahun 1985, Surabaya tahun 1994, dan Palembang tahun 1996.
Berdasarkan kinerjanya yang terus mengalami peningkatan, maka pada tahun 1984 statusnya berubah menjadi Perusahaan Umum Gas Negara Perum dan pada tahun 1994 statusnya ditingkatkan lagi menjadi PT Perusahaan Gas Negara (Persero) dengan penambahan ruang lingkup usaha yang lebih luas yaitu selain di bidang distribusi gas bumi juga di bidang yang lebih ke sektor hulu yaitu di bidang transmisi, dimana PGN berfungsi sebagai transporter.
PGN kemudian memasuki babak baru menjadi perusahaan terbuka ditandai dengan tercatatnya saham PGN pada tanggal 15 Desember 2003 di Bursa Efek Indonesia dan namanya resmi menjadi PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk.

BUDAYA PGN

Budaya perusahaan kami mencerminkan nilai-nilai dan filosofi yang telah disepakati oleh seluruh elemen Perusahaan sebagai landasan yang harus kami kembangkan dan arah yang harus kami tuju untuk mencapai tujuan PGN. Budaya perusahaan kami didefinisikan melalui lima nilai yang disingkat sebagai ProCISE, yang menggabungkan 10 perilaku kunci.

Professionalism (Profesionalisme)
Memiliki kompetensi yang tinggi untuk meraih hasil terbaik dan selalu bertanggung jawab atas semua keputusan dan tindakan.

Continuous Improvement (Penyempurnaan Terus Menerus)
Selalu berusaha meningkatkan kinerja melalui inovasi dan kemampuan beradaptasi terhadap perubahan.

Integrity (Integritas)
Jujur terhadap diri sendiri dan orang lain, etis dan konsisten dalam pikiran, ucapan dan perbuatan.

Safety (Keselamatan)
Memaksimalkan keselamatan kerja dan kesehatan melalui disiplin dan konsistensi, serta peduli terhadap lingkungan hidup dan kehidupan sosial.

Excellent Service (Pelayanan Prima)
Memberi kepuasan maksimal kepada konsumen internal dan eksternal dengan memberikan respons yang cepat, sikap proaktif, dan pelayanan terbaik.

BISNIS PGN

Distribusi gas bumi
PGN mengoperasikan jalur pipa distribusi gas sepanjang lebih dari 3.750 km, menyuplai gas bumi ke pembangkit listrik, industri, usaha komersial termasuk restoran, hotel dan rumah sakit, serta rumah tangga di wilayah-wilayah yang paling padat penduduknya di Indonesia. PGN mendapatkan keuntungan dari penjualan gas kepada konsumen.

Transmisi Gas Bumi
Jalur pipa transmisi gas bumi PGN terdiri dari jaringan pipa bertekanan tinggi sepanjang sekitar 2.160 km yang mengirimkan gas bumi dari sumber gas bumi ke stasiun penerima pembeli. PGN menerima Toll Fee untuk pengiriman gas sesuai dengan Perjanjian Transportasi Gas (GTA) yang berlaku selama 10-20 tahun.

Unit Bisnis Strategis
Untuk mengawasi kegiatan operasional transmisi dan distribusi, PGN membagi area bisnisnya menjadi empat Unit Bisnis Strategis dengan fokus geografis masing-masing:

  1. SBU Distribusi Wilayah I, mencakup area Sumatera Selatan hingga Jawa Barat (termasuk Jakarta – Bogor)
  2. SBU Distribusi Wilayah II, mencakup Jawa Timur
  3. SBU Distribusi Wilayah III, mencakup Sumatera Utara, Pekanbaru dan Kepulauan Batam
  4. SBU Transmisi, mencakup jaringan transmisi di Sumatera Selatan dan Jawa

Selain itu, anak perusahaan PGN, PT Transportasi Gas Indonesia, mengelola bisnis transmisi gas bumi untuk jaringan Grissik-Duri dan Grissik-Singapura.

Anak Perusahaan dan Perusahaan Afiliasi

  1. PT Transportasi Gas Indonesia: transmisi gas bumi
  2. PT PGAS Telekomunikasi Nusantara (PGASCOM): telekomunikasi
  3. PT PGAS Solution: konstruksi
  4. PT Nusantara Regas: terminal penyimpanan dan regasifikasi terapung
  5. PT Saka Energi Indonesia: kegiatan di bidang hulu
  6. PT Gagas Energi Indonesia: kegiatan di bidang hilir
  7. PT Gas Energi Jambi: perdagangan, konstruksi dan jasa
  8. PT Banten Gas Synergi: jasa, transportasi, perdagangan dan pertambangan

Kontak PGN

Kantor Pusat
Jl. K.H. Zainul Arifin No. 20
Jakarta 11140 Indonesia
T 6221 633 4838
F 6221 633 3080
E contact.center@pgn.co.id
www.pgn.co.id
PO BOX 1119 JKT

Contact Center
0800 1500 645
T 6221 633 3000
E contact.center@pgn.co.id

Lowongan Kerja PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk

PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk – PGN yang merupakan sebuah Perusahaan BUMN di Indonesia yang bergerak di bidang transmisi dan distribusi gas bumi membutuhkan tenaga kerja guna mengisi posisi sebagai :

  • Sekretaris Dewan Komisaris

Deskripsi Pekerjaan

Persyaratan :

  • Warga Negara Indonesia yang dibutkikan dengan fotokopi KTP/SIM/Paspor
  • Daftar riwayat Hidup
  • Surat keterangan sehat jasmani dari dokter
  • Surat keterangan berkelakuan baik dari Polisi (dapat menyusul pada saat wawancara)
  • Surat rekomendasi dari 3 orang (terutama mantan atasan atau rekan kerja)
  • Berpengalaman di perusahaan gas tidak kurang dari 15 tahun
  • Surat lamaran kerja dan kesediaan bekerja secara full time sejak Januari 2016 s/d Desember 2018
  • Persyaratan lainnya akan diberitahukan jika yang bersangkutan telah memenuhi persyaratan di atas

Situs Referensi

  1. www.pgn.co.id

Tata Cara Pengiriman Lamaran

Pendaftaran dapat dilakukan dengan mengirim berkas lamaran ke :

sekretariat_dekom@yahoo.com

atau mendaftar langsung ke :

Sekretariat Dewan Komisiaris PT PGN (Persero) Tbk dengan contact person :

  1. Ms Farhana Zahrotunnisa (081282381523),
  2. Mr Maulana Wijaya (082133000071),
  3. Mr Rido Ammirrudin (0823326031999),
  4. Mr Rizki Agung (087712127722).

Ketentuan Umum:

  • Pendaftaran ditutup tanggal 3 Desember 2016.
  • Pemberitahuan bagi yang lolos seleksi administrasi akan dilakukan melalui email dan sms pada tanggal 4 Desember 2015
  • Uji kometensi dan wawancara dengan jadwal yang berbeda dan bila tidak hadir maka dianggap mengundurkan diri
  • Penetapan sekretaris dewan komisaris yang baru akan diumumkan pada tanggal 19 Desember 2015.
  • Sumber

Lowongan Kerja PGN dipersembahkan oleh www.pusatinfocpns.com

Share