Lowongan PT Badak NGL Kaltim

Share

Badak NGLLowongan Kerja PT Badak NGL – PT Badak Natural Gas Liquefaction atau lebih dikenal dengan nama PT Badak NGL adalah perusahaan pengolah gas alam cair (LNG (Liquid Natural Gas) terbesar di Indonesia dan salah satu kilang LNG yang terbesar di dunia. Perusahaan ini berlokasi di Bontang, Kalimantan Timur, dan memiliki 8 process train (A – H) yang mampu menghasilkan 22,5 Mtpa LNG (juta metrik ton LNG per tahun). PT Badak NGL merupakan salah satu penyumbang devisa terbesar bagi Kota Bontang maupun Indonesia. PT Badak NGL juga merupakan salah satu kilang LNG di Indonesia selain Arun NGL, Donggi Senoro LNG, dan Tangguh LNG

Pada tahun 2011, Badak LNG berniat untuk memberikan warisan yang berarti untuk dunia LNG Indonesia khususnya pada bidang pendidikan. Pada tahun yang sama, dibentuklah tim khusus (task force) yang bertugas menyusun program beasiswa bekerja sama dengan suatu perguruan tinggi yaitu Politeknik Negeri Jakarta. Badak LNG dan Politeknik Negeri Jakarta akhirnya bersepakat menjalin kerja sama dan menghasilkan program yang bernama LNG Academy.

Selain itu, Badak LNG juga menjalin kerjasama peningkatan akademik para pekerjanya melalui kelas kerjasama magister dan kelas kerjasama ahli madya. Kelas kerjasama magister diadakan dengan Institut Teknologi Bandung untuk program magister jurusan teknik mesin dan manajemen bisnis. Kelas kerjasama ahli madya dilakukan dengan Politeknik Negeri Samarinda.

Pemegang saham PT Badak NGL : Pertamina 55%, VICO Indonesia 20%, Japan Indonesia LNG Co (JILCO) 15%, Total E&P Indonesie 10%.

Perjalanan PT BADAK NGL bermula dari ditemukannya cadangan gas alam dalam jumlah yang sangat besar di dua area terpisah.

Area pertama terletak di Lapangan Gas Arun, Aceh Utara, yang ditemukan oleh Mobil Oil Indonesia di akhir tahun 1971. Area kedua adalah Lapangan Gas Badak, Kalimantan Timur yang ditemukan oleh Huffco Inc. di awal tahun 1972. Kedua perusahaan ini bekerja di bawah Production Sharing Contracts dengan Perusahaan Tambang Minyak Negara Indonesia, Pertamina.

Saat itu bisnis LNG belum banyak dikenal dan hanya ada empat kilang LNG di seluruh dunia dengan pengalaman 3-4 tahun pengoperasian.

Walau tanpa pengalaman sebelumnya di bidang LNG, Pertamina, Mobil Oil, dan Huffco Inc., bersepakat untuk mengembangkan proyek LNG yang dapat mengekspor gas alam berbentuk cair dalam jumlah besar.

Sejarah mencatat bahwa proyek ini memang didasari oleh optimisme dan ambisi kuat dengan keyakinan atas kuatnya permintaan pasar. Bulan-bulan penuh kerja keras pun dijalani oleh Pertamina, Mobil Oil, dan Huffco Inc.untuk menjual proyek kepada dua konsumen LNG potensial, penyandang dana potensial, dan mitra potensial di seluruh dunia. Upaya tersebut akhirnya membuahkan hasil dengan disepakatinya kontrak penjualan LNG terhadap lima perusahaan Jepang: Chubu Electric Co., Kansai Electric Power Co., Kyushu Electric Power Co., Nippon Steel Corp dan Osaka Gas Co. Ltd, pada tanggal 5 Desember 1973.

Kontrak yang kemudian dikenal sebagai “The 1973 Contract” itu berisi komitmen dari para pembeli untuk mengimpor LNG Indonesia selama 20 tahun, yang saat itu kilang LNG belum selesai didirikan. Sementara itu, di pertengahan 1977 Pertamina telah menyepakati untuk mensuplai LNG dari kedua kilang LNG yang akan dibangun dalam waktu 42 bulan. Dengan didirikannya kilang-kilang LNG, maka pembuatan kapal tanker untuk armada transportasi dan pembangunan beberapa terminal penerima, termasuk jadwal pengatur pembiayaan atas proyek-proyek itupun harus dilaksanakan juga secara simultan.

Berkat kerjasama berbagai pihak, proyek besar inipun telaksana. Hal ini tentu tak lepas dari adanya dukungan perusahan-perusahaan asing, bank, lembaga-lembaga keuangan serta kerjasama dari tiga Negara: Indonesia, Jepang, dan Amerika Serikat. Berbekal optimisme, ambisi dan kerja keras bersama, tinta sejarah pun telah digoreskan LNG Badak tercatat sebagai tombak dari sejarah industri LNG Indonesia.

PT Badak NGL selama lebih dari 33 tahun telah memberikan kontribusi yang cukup besar di perindustrian gas internasional sehingga PT Badak NGL dikenal sebagai perusahaan Operating Organization profesional yang terpercaya dan dapat diandalkan.

Kontak PT Badak NGL

Kantor – Utama
Wisma Nusantara 9th Floor
Jl MH Thamrin No 59, Jakarta 10350, Indonesia
Telp : +6221 31930243, 31936317
Fax : +6221 3142974

Lokasi Kilang – Bontang
Bontang 75324
East Kalimantan,Indonesia
Telp : +62548 21133 (6 lines), +62548 551300
Fax : +62548 27500, 21605

Perwakilan Balikpapan
Balikpapan 76114
East Kalimantan, Indonesia
Telp. : +62542 764671

Lowongan Kerja Pegawai PT Badak NGL

PT Badak NGL kembali membuka Lowongan Kerja dengan posisi dan persyaratan sebagai berikut :

  • Management Trainee D3 PT Badak NGL 2018

Deskripsi Pekerjaan

Persyaratan :

  • Pria/Wanita
  • Warga Negara Indonesia
  • Sehat jasmani dan rohani,tidak buta warna, bebas narkoba (dikeluarkan oleh lembaga yang berwenang)
  • Maksimal usia 25 tahun per 30 april 2018
  • Jurusan Pendidikan:
    • Chemical Engineering
    • Mechanical Engineering
    • Electrical Engineering
    • Civil Engineering
    • Instrumentation dan Control Engineering
    • Gas Processing Engineering
    • Computer Engineering
    • Chemical Analyst
    • Accounting
    • Public Relaltion
  • IPK minimal3,00 skala 4,00 dengan akreditasi minimal B
  • Minimal TOEFL 435, TOEIC 400

Situs Referensi

  1. www.badaklng.co.id

Tata Cara Pendaftaran

Apabila Anda tertarik dan memenuhi persyaratan, silakan melakukan pendaftaran yang hanya dilakukan secara online melalui laman berikut ini :

Ketentuan Umum :

  • Pendaftaran paling lambat 30 april 2018.
  • Seluruh tahapan dalam proses rekrutmen PT Badak NGL tidak dipungut biaya.
  • Hanya pelamar dengan kualifikasi terbaik yang akan diproses lebih lanjut.
  • Sumber Informasi

Info Lowongan Kerja PT Badak NGL dikabarkan secara online oleh Pusat Info CPNS

Share