Lowongan PNPM Mandiri Perdesaan

Share
HOT NEWS ! - Ujian CPNS 2014 akan dilaksanakan secara online dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Apakah Anda sudah mengenal bagaimana itu ujian CAT CPNS..? Anda bisa mempraktekan Latihan Ujian CAT CPNS dengan program CAT ini. Wajib dipelajari untuk persiapan ujian CPNS nanti. Info lengkapnya : Klik Disini >> Sponsored Links

Lowongan pnpm mandiri perdesaanLowongan Kerja PNPM Mandiri Perdesaan – Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan – PNPM Mandiri Perdesaan atau PNPM-Perdesaan atau Rural PNPM merupakan salah satu mekanisme program pemberdayaan masyarakat yang digunakan PNPM Mandiri dalam upaya mempercepat penanggulangan kemiskinan dan perluasan kesempatan kerja di wilayah perdesaan. PNPM Mandiri Perdesaan mengadopsi sepenuhnya mekanisme dan prosedur Program Pengembangan Kecamatan (PPK) yang telah dilaksanakan sejak 1998. PNPM Mandiri sendiri dikukuhkan secara resmi oleh Presiden RI pada 30 April 2007 di Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Program pemberdayaan masyarakat ini dapat dikatakan sebagai program pemberdayaan masyarakat terbesar di tanah air. Dalam pelaksanaannya, program ini memusatkan kegiatan bagi masyarakat Indonesia paling miskin di wilayah perdesaan. Program ini menyediakan fasilitasi pemberdayaan masyarakat/ kelembagaan lokal, pendampingan, pelatihan, serta dana Bantuan Langsung untuk Masyarakat (BLM) kepada masyarakat secara langsung. Besaran dana BLM yang dialokasikan sebesar Rp750 juta sampai Rp3 miliar per kecamatan, tergantung jumlah penduduk.

Dalam PNPM Mandiri Perdesaan, seluruh anggota masyarakat diajak terlibat dalam setiap tahapan kegiatan secara partisipatif, mulai dari proses perencanaan, pengambilan keputusan dalam penggunaan dan pengelolaan dana sesuai kebutuhan paling prioritas di desanya, sampai pada pelaksanaan kegiatan dan pelestariannya.

Pelaksanaan PNPM Mandiri Perdesaan berada di bawah binaan Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Kemen terian Dalam Negeri. Program ini didukung dengan pembiayaan yang berasal dari alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), dana pinjaman/hibah luar negeri dari sejumlah lembaga pemberi bantuan dibawah koordinasi Bank Dunia.

PNPM Mandiri adalah program nasional penanggulangan kemiskinan terutama yang berbasis pemberdayaan masyarakat. Pengertian yang terkandung mengenai PNPM Mandiri adalah :

  1. PNPM Mandiri adalah program nasional dalam wujud kerangka kebijakan sebagai dasar dan acuan pelaksanaan program-program penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat. PNPM Mandiri dilaksanakan melalui harmonisasi dan pengembangan sistem serta mekanisme dan prosedur program, penyediaan pendampingan dan pendanaan stimulan untuk mendorong prakarsa dan inovasi masyarakat dalam upaya penanggulangan kemiskinan yang berkelanjutan.
  2. Pemberdayaan masyarakat adalah upaya untuk menciptakan/meningkatkan kapasitas masyarakat, baik secara individu maupun berkelompok, dalam memecahkan berbagai persoalan terkait upaya peningkatan kualitas hidup, kemandirian dan kesejahteraannya. Pemberdayaan masyarakat memerlukan keterlibatan yang besar dari perangkat pemerintah daerah serta berbagai pihak untuk memberikan kesempatan dan menjamin keberlanjutan berbagai hasil yang dicapai.

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM Mandiri Perdesaan atau PNPM-Perdesaan atau Rural PNPM) merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat yang mendukung PNPM Mandiri yang wilayah kerja dan target sasarannya adalah masyarakat perdesaan. PNPM Mandiri Perdesaan mengadopsi sepenuhnya mekanisme dan prosedur Program Pengembangan Kecamatan (PPK) yang telah dilaksanakan sejak 1998-2007.

Program pemberdayaan masyarakat ini dapat dikatakan sebagai program pemberdayaan masyarakat terbesar di tanah air, bahkan terbesar di dunia. Dalam pelaksanaannya, program ini memprioritaskan kegiatan bidang infrastruktur desa, pengelolaan dana bergulir bagi kelompok perempuan, kegiatan pendidikan dan kesehatan bagi masyarakat di wilayah perdesaan. Program ini terdiri dari tiga komponen utama, yaitu : a) Dana BLM (Bantuan Langsung Masyarakat) untuk kegiatan pembangunan, b) Dana Operasional Kegiatan (DOK) untuk kegiatan perencanaan pembangunan partisipatif dan kegiatan pelatihan masyarakat (capacity building), dan c) pendampingan masyarakat yang dilakukan oleh para fasilitator pemberdayaan, fasilitator teknik dan fasilitator keuangan.

Dalam PNPM Mandiri Perdesaan, seluruh anggota masyarakat didorong untuk terlibat dalam setiap tahapan kegiatan secara partisipatif, mulai dari proses perencanaan, pengambilan keputusan dalam penggunaan dan pengelolaan dana sesuai kebutuhan paling prioritas di desanya, sampai pada pelaksanaan kegiatan dan pelestariannya.

Pelaksanaan PNPM Mandiri Perdesaan berada di bawah binaan Direktorat Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Departemen/Kementrian Dalam Negeri. Program ini didukung dengan pembiayaan yang bersumber dari alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), apartisipasi dari CSR (Corporante Social Responcibility) dan dari dana hibah serta pinjaman dari sejumlah lembaga dan negara pemberi bantuan dibawah koordinasi Bank Dunia.

Lowongan Kerja Fasilitator PNPM Mandiri Perdesaan

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) membutuhkan Tenaga Spesialis (Konsultan) dengan penempatan di Jakarta dan Ibu Kota Provisni yaitu :

A. Penempatan RMC Jakarta

  • 1. Regional Coordinator
  • 2. Case and Complaint Handling System (Senior)
  • 3. Management Information System (Junior)

B. Penempatan RMC di Provinsi
1. Koordinator Provinsi
2. Deputy Korprov Koordinator Provinsi
3. Financial Management Support
a. Senior : Sumatera Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara Barat
b. Junior : Jawa Tengah, Nusa Tenggara Timur
4. Case and Compalint Handing
a. Senior : Prov Kepulauan Riau, Kalimantan Selatan, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Barat, Maluku, Sulawesi Tenggara, Gorontalo dan Papua Barat
b. Junior : Prov Jawa Barat, Jawa Tengah
5. Communication, Information & Education (Junior) : Prov Kalimantan Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat
6. Infrastruktur
a. Senior : Maluku Utara
b. Junior : Prov. Papua
7. Training
a. Senior : Maluku
b. Junior : Prov. Jawa Barat
8. Management Information System
a. Senior : Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, Maluku Utara
b. Junior : Papua
9. Spesialis Pemasaran : Prov. Papua
10. Spesialis Pertanian : Prov. Papua

Deskripsi Pekerjaan

Persyaratan :

  • Pendidikan minimal Sarjana ( S1 ) , dengan disiplin ilmu :
  • Hukum: A- 2 , B – 2
  • Manajemen atau Akuntansi : B – 3
  • Informatika : A- 3 , B – 8
  • Sipil : B – 6
  • Semua jurusan : A – 1 . B – 1 , B – 2 , B – 5 , B – 7
  • Management/Marketing/Agriculture/Economics/Business ; B-9
  • Agriculture Farming/Agriculture Plantation/Village Development : B-10
  • Memiliki pengalaman yang relevan di bidangnya minimal : Regional Coordinator 15 th, Provincial Coordinator 12 th, Deputy Provincial Coordinator 9 th, Senior Spec. 7 th, Junior Spec 5 th.
  • Pernah bekerja sama dalam program pemerintah yang langsung berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat atau program sejenis

Situs Referensi

  1. www.pnpm-perdesaan.or.id

Pengajuan Lamaran

Surat lamaran anda dengan CV ( Format CV ) , Copy Certificat akademik dan foto ke alamat di bawah ini .

  • PO BOX 7407 JKS IIP ( B – 2 )
  • PO BOX 1223 JKS 12012 ( B – 1 dan A – 3 )
  • PO BOX 1178 JKS 12011 ( B – 6 dan B – 7 )
  • PO BOX 1726 JKP 10017 ( A – 1 dan B – 8 )
  • PO BOX 1393 JKS 12013 ( A – 2 dan B – 5 )
  • PO BOX 6046 JKT 12120 JKS GN ( B – 3 dan B – 4 )
  • 1406/JKTM PO BOX 12700 ( B – 9 dan B – 10 )

Catatan

  • Lowongan PNPM Mandiri ditutup 7 Oktober 2013
  • Sumber

Lowongan PNPM Mandiri Perdesaan  persembahan www.pusatinfocpns.com

Hot News ! : Pemerintah Indonesia akan melakukan penerimaan CPNS 2014 sebanyak 100.000 orang dari pelamar umum. Jauh lebih banyak daripada tahun 2013 kemarin.

Bagi calon pelamar CPNS 2014 diharapkan melakukan persiapan yang matang untuk menghadapi ujian CPNS 2014 nanti. Karena seperti tahun 2013 yang lalu yang terbukti sukses, penerimaan CPNS 2014 akan dilakukan dengan murni dan trasparan dimana sepenuhnya ditangani pemerintah pusat bekerjasama dengan konsorsium perguruan tinggi.

Jadi jika ingin lulus CPNS satu-satunya cara adalah dengan belajar dan melakukan persiapan yang matang.

Apa sebaiknya persiapan yang dilakukan?

Untuk memudahkan anda mempelajari Soal-Soal CPNS dengan metode yang tepat, Anda bisa menggunakan Paket Latihan Soal CPNS 2014:

  1. Isi produk: Software + Materi Presentasi + ebook
  2. Kumpulan Soal CPNS beserta Jawabannya
  3. Prediksi Soal CPNS yang sering muncul
  4. Praktek Nyata Simulasi Ujian CPNS (Tes Sistem CAT)
  5. Dapat digunakan tanpa internet / offline
  6. Dapat digunakan pada Laptop, iPad dan Android
  7. Berlaku seumur hidup dan gratis update selamanya dan ditambah Ratusan Bonus Gratis materi pendukung belajar Soal CPNS.
  8. Untuk mendapatkan Software ini Selengkapnya : Baca Disini >>>

Share
Sponsored Links
Lowongan CPNS BNN – Badan Narkotika Nasional

Lowongan CPNS BNN – Badan Narkotika Nasional

Lowongan CPNS BNN – Badan Narkotika Nasional (BNN) adalah sebuah Lembaga Pemerintah Non Kementerian

Lowongan PT Brantas Abipraya

Lowongan PT Brantas Abipraya

 Lowongan Kerja PT Brantas Abipraya – PT Brantas Abipraya (Persero) adalah Badan Usaha Milik

Lowongan PT Asei Reasuransi Indonesia

Lowongan PT Asei Reasuransi Indonesia

Lowongan Kerja BUMN Asei Re – PT Asei Reasuransi Indonesia (Persero) or PT. ASURANSI