Lowongan PNPM Mandiri Perdesaan Kalsel

Share
Advertisement

Lowongan pnpm mandiri perdesaanLowongan Kerja Fasilitator PNPM Mandiri Kalsel – Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan – PNPM Mandiri Perdesaan atau PNPM-Perdesaan atau Rural PNPM merupakan salah satu mekanisme program pemberdayaan masyarakat yang digunakan PNPM Mandiri dalam upaya mempercepat penanggulangan kemiskinan dan perluasan kesempatan kerja di wilayah perdesaan. PNPM Mandiri Perdesaan mengadopsi sepenuhnya mekanisme dan prosedur Program Pengembangan Kecamatan (PPK) yang telah dilaksanakan sejak 1998. PNPM Mandiri sendiri dikukuhkan secara resmi oleh Presiden RI pada 30 April 2007 di Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Program pemberdayaan masyarakat ini dapat dikatakan sebagai program pemberdayaan masyarakat terbesar di tanah air. Dalam pelaksanaannya, program ini memusatkan kegiatan bagi masyarakat Indonesia paling miskin di wilayah perdesaan. Program ini menyediakan fasilitasi pemberdayaan masyarakat/ kelembagaan lokal, pendampingan, pelatihan, serta dana Bantuan Langsung untuk Masyarakat (BLM) kepada masyarakat secara langsung. Besaran dana BLM yang dialokasikan sebesar Rp750 juta sampai Rp3 miliar per kecamatan, tergantung jumlah penduduk.

Dalam PNPM Mandiri Perdesaan, seluruh anggota masyarakat diajak terlibat dalam setiap tahapan kegiatan secara partisipatif, mulai dari proses perencanaan, pengambilan keputusan dalam penggunaan dan pengelolaan dana sesuai kebutuhan paling prioritas di desanya, sampai pada pelaksanaan kegiatan dan pelestariannya.

Pelaksanaan PNPM Mandiri Perdesaan berada di bawah binaan Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Kemen terian Dalam Negeri. Program ini didukung dengan pembiayaan yang berasal dari alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), dana pinjaman/hibah luar negeri dari sejumlah lembaga pemberi bantuan dibawah koordinasi Bank Dunia.

PNPM Mandiri adalah program nasional penanggulangan kemiskinan terutama yang berbasis pemberdayaan masyarakat. Pengertian yang terkandung mengenai PNPM Mandiri adalah :

  1. PNPM Mandiri adalah program nasional dalam wujud kerangka kebijakan sebagai dasar dan acuan pelaksanaan program-program penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat. PNPM Mandiri dilaksanakan melalui harmonisasi dan pengembangan sistem serta mekanisme dan prosedur program, penyediaan pendampingan dan pendanaan stimulan untuk mendorong prakarsa dan inovasi masyarakat dalam upaya penanggulangan kemiskinan yang berkelanjutan.
  2. Pemberdayaan masyarakat adalah upaya untuk menciptakan/meningkatkan kapasitas masyarakat, baik secara individu maupun berkelompok, dalam memecahkan berbagai persoalan terkait upaya peningkatan kualitas hidup, kemandirian dan kesejahteraannya. Pemberdayaan masyarakat memerlukan keterlibatan yang besar dari perangkat pemerintah daerah serta berbagai pihak untuk memberikan kesempatan dan menjamin keberlanjutan berbagai hasil yang dicapai.

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM Mandiri Perdesaan atau PNPM-Perdesaan atau Rural PNPM) merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat yang mendukung PNPM Mandiri yang wilayah kerja dan target sasarannya adalah masyarakat perdesaan. PNPM Mandiri Perdesaan mengadopsi sepenuhnya mekanisme dan prosedur Program Pengembangan Kecamatan (PPK) yang telah dilaksanakan sejak 1998-2007.

Program pemberdayaan masyarakat ini dapat dikatakan sebagai program pemberdayaan masyarakat terbesar di tanah air, bahkan terbesar di dunia. Dalam pelaksanaannya, program ini memprioritaskan kegiatan bidang infrastruktur desa, pengelolaan dana bergulir bagi kelompok perempuan, kegiatan pendidikan dan kesehatan bagi masyarakat di wilayah perdesaan. Program ini terdiri dari tiga komponen utama, yaitu : a) Dana BLM (Bantuan Langsung Masyarakat) untuk kegiatan pembangunan, b) Dana Operasional Kegiatan (DOK) untuk kegiatan perencanaan pembangunan partisipatif dan kegiatan pelatihan masyarakat (capacity building), dan c) pendampingan masyarakat yang dilakukan oleh para fasilitator pemberdayaan, fasilitator teknik dan fasilitator keuangan.

Dalam PNPM Mandiri Perdesaan, seluruh anggota masyarakat didorong untuk terlibat dalam setiap tahapan kegiatan secara partisipatif, mulai dari proses perencanaan, pengambilan keputusan dalam penggunaan dan pengelolaan dana sesuai kebutuhan paling prioritas di desanya, sampai pada pelaksanaan kegiatan dan pelestariannya.

Pelaksanaan PNPM Mandiri Perdesaan berada di bawah binaan Direktorat Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Departemen/Kementrian Dalam Negeri. Program ini didukung dengan pembiayaan yang bersumber dari alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), apartisipasi dari CSR (Corporante Social Responcibility) dan dari dana hibah serta pinjaman dari sejumlah lembaga dan negara pemberi bantuan dibawah koordinasi Bank Dunia.

Lowongan Kerja Fasilitator PNPM Mandiri Perdesaaan Provinsi Kalimantan Selatan

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) Provinsi Kalimantan Selatan membutuhkan beberapa orang tenaga pendamping masyarakat (Fasilitator) yang akan ditempatkan di Kabupaten dan Kecamatan dengan kualifikasi sebagai berikut :

  1. Fasilitator Pengguliran dan Pengembangan Usaha (F-PPU)
  2. Fasilitator Kecamatan Pemberdayaan (FKP)
  3. Fasilitator Kecamatan Teknik (FKT)

Deskripsi Pekerjaan

Fasilitator Pengguliran dan Pengembangan Usaha (F-PPU)

  • Pendidikan S1 atau D3 semua disiplin ilmu (diutamakan pendidikan ekonomi)
  • Memiliki pengalaman kerja yang relevan untul S1 minimal 6 tahun dan D3 minimal 8 tahun
  • Berpengalaman dalam pengelolaan keuangn dan pengelolaan simpan pinjam
  • Diutamakan yang memiliki latar belakang pemberdayaan ekonomi pedesaan, berpengalaman dalam penguatan dan pengembangan jaringan lembaga pengelola pinjaman mikro
  • Pada saat melakukan pendaftaran usia maksimal 50 (lima puluh) tahun

Fasilitator Kecamatan Pemberdayaan (FKP)

  • Pendidikan S1 semua bidang ilmu dengan pengalaman kerja yang relevan dengan program / proyek pemberdayaan masyarakat minimal 3 (tiga) tahun atau D3 dari semua bidang ilmu dengan pengalaman kerja yang relevan pada program / proyek minimal 5 *lima) tahun
  • Mengenal budaya dan adat istiadat lokasi tugas, diutamakan dapat berbasaha daerah tempat tugas
  • Dapat menggunakan / mengoperasikan komputer minimal MS Office
  • Sanggup bertempat tinggal di lokasi tugas
  • Usia pada saat melamar / pendaftaran maksimal 45 (empat puluh lima) tahun

Fasilitator Kecamatan Teknik (FKT)

  • Pendidikan S1 dari bidang ilmu Teknik Sipil dengan pengalaman kerja 0 (nol) tahun / fresh graduate (baru lulus) dan diutamakan pendidikan S1 Teknik Sipil yang memiliki pengalaman kerja relevan dengan program / proyek pembangunan infrastruktur minimal 3 (tiga) tahun atau D3 Teknik Sipil dengan pengalaman kerja yang relevan pada program / proyek infrastruktur minimal 5 (lima) tahun
  • Mengenal budaya dan adat istiadat lokasi tugas, diutamakan dapat berbahasa daerah tempat tugas
  • Diutamakan memiliki pengalaman berorganisasi dan pernah aktif di kegiatan pemberdayaan masyarakat, pekerja sosial, maupun kegiatan pendamping masyarakat lainnya.
  • Dapat menggunakan / mengoperasikan komputer minimal MS Office
  • Sanggup bertempat tinggal di lokasi tugas
  • Usia pada saat melamar / pendaftaran maksimal 45 (empat puluh lima) tahun

Situs Referensi

  1. www.pnpm-perdesaan.or.id

Pengajuan lamaran

Lamaran dapat dikirimkan melalui kotak pos ke :

PO BOX 163 BJM
atau
Email : rekruitmen_fasilitator_kalsel@yahoo.co.id

Lampiran:

  1. CV
  2. Fotocopy Ijazah dan transkrip nilai yang dilegalisir
  3. Fotocopy KTP
  4. Pas Foto berwarna 3X4 (2 lembar)
  5. Nomor HP yang mudah dihubungi

Catatan:

  • Lamaran diterima paling lambat tanggal 15 Maret 2014
  • Tuliskan kode posisi yang dilalan pada sudut kiri atas amplop
  • Sumber

Lowongan Kerja Fasilitator PNPM Mandiri Kalsel persembahan www.pusatinfocpns.com

Share