Lowongan Pegawai BLUD RSUP Persahabatan

Share

RSUP PersahabatanLowongan Kerja RSUP Persahabatan – Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan atau RSUP Persahabatan adalah Rumah Sakit Umum Pemerintah Kelas A yang berada di Jakarta Timur, tepatnya di Jalan Persahabatan Raya. Saat ini RSUP Persahabatan memiliki kapasitas 600 tempat tidur, terakreditasi untuk 16 bidang pelayanan kesehatan, dan merupakan rumah sakit pusat rujukan (top referral) Nasional untuk masalah kesehatan respirasi.

Keberadaan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan yang berdiri di salah satu kawasan hijau (area resapan) Ibukota Jakarta ini sebenarnya dimulai semenjak era akhir dari Pemerintahan Sukarno. Pada periode sekitar 1960-1965, Indonesia memiliki hubungan bilateral yang ekstensif dengan beberapa negara Blok Timur, salah satunya dengan yang terbesar yaitu Negara Rusia. Sebagai bagian dari hubungan kedua negara saat itu yang erat; Pemerintah Rusia memberikan bantuan dan kerjasama dalam banyak bidang, yang salah satunya adalah mendirikan rumah sakit di kawasan Jakarta Timur yang dikenal sebagai Rumah Sakit (RS) Persahabatan. Nama “persahabatan” pun dipilih secara simbolik untuk menggambarkan adanya hubungan yang mesra antara kedua negara pada zaman itu.

Jika kita kembali melihat sejarah Nasional, pada awal Tahun 1960 Presiden Sukarno mulai menggunakan slogan Nasakom (Nasionalisme, Agama, Komunisme). Sejak itu dimulailah era dan pengakuan secara terbuka komunisme sebagai salah satu paham dan ideologi resmi negara di Indonesia. Presiden Rusia Nikita Kruschev pada tahun yang sama mengunjungi Jakarta, yang kemudian dibalas kunjungan Jendral Nasution ke Rusia pada akhir tahun 1960. Tak lama setelah pertukaran kunjungan tersebut, Rusia mulai mengucurkan bantuan dalam jumlah yang sangat besar saat itu kepada Indonesia, yang sebagian besar sebenarnya digunakan di bidang militer untuk menghadapi sisa-sisa pemberontakan PRRI, Permesta, Darul Islam di Sumatera, Sulawesi dan Jawa, memulai operasi Trikora untuk mengambil kembali Irian Barat, dan kemudian konfrontasi dengan Malaysia. Sebagian dana bantuan Rusia tersebut juga dipakai untuk mendirikan Monumen Nasional (Monas); salah satu peninggalan Presiden Sukarno kepada Indonesia yang sangat terkenal.

Pembangunan RSUP Persahabatan di Rawamangun Jakarta Timur, dimulai pada tahun 1961, berjalan selama 3 tahun, dan dipimpin langsung oleh para insinyur Rusia. Penyerahan bantuan rumah sakit secara resmi oleh Pemerintah Rusia kepada Pemerintah Indonesia dilakukan pada tanggal 7 November 1963. Tanggal tersebut kemudian dikenal sebagai hari jadi RS Persahabatan, yang setiap tahun dirayakan secara resmi dengan kehadiran wakil pemerintahan Indonesia (biasanya Menteri Kesehatan RI), perwakilan beberapa negara sahabat Indonesia, dan tentu saja kehadiran pemerintah Rusia (perwakilan dari Kedutaan Besar Rusia) sebagai tamu tetap.

Setelah penyerahan resmi di tahun 1963 hingga saat ini RSUP Persahabatan mengalami berbagai perkembangan dalam hal perbaikan fasilitas yang semakin moderen dan peningkatan fungsinya sebagai pusat pelayanan kesehatan, sehingga sekarang diakui dan menjadi Rumah Sakit terbaik dalam pelayanan kesehatan di bidang respirasi (pernapasan) di Indonesia. Kita dapat membagi pertumbuhan dan perkembangan Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan ke dalam 6 periode, sebagai berikut:

Periode I (1963 – 1975
Pada periode awal ini RS Persahabatan merupakan rumah sakit cabang (satelit) dari RSUP Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM). Tenaga-tenaga medis yang bekerja di RS Persahabatan pada periode ini terdiri atas dokter ahli (spesialis) dan para dokter asisten dari RSCM-FKUI dan dokter ahli dari Rusia. Setelah peristiwa G30SPKI, sesuai kebijakan Orde Baru, semua tenaga dokter ahli dari Rusia dikembalikan ke negaranya.

Oleh karena RSCM merupakan rumah sakit pendidikan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), maka secara otomatis RS Persahabatan pun menjadi rumah sakit pendidikan FKUI yang notabene adalah fakultas kedokteran terbaik di Indonesia. Hal ini menyebabkan mayoritas dokter yang kemudian bekerja di RS Persahabatan sampai sekarang merupakan lulusan terbaik di bidangnya masing-masing.

Periode II (1975 – 1992
Periode 1975-1992 ditandai dengan adanya perubahan “status” RS Persahabatan menjadi rumah sakit mandiri, lepas dari RSCM, dan selanjutnya menjadi rumah sakit umum (RSU) kelas B-3 wilayah Jakarta Timur. Walaupun demikian, RSU Persahabatan tetap menjadi salah satu rumah sakit pendidikan FKUI, terlepas dari statusnya yang sudah mandiri.

Sebagian dokter yang tadinya berasal RSCM, kemudian mengkhususkan diri, mendalami, dan mengembangkan cabang ilmu kedokteran di bidang respirasi (sistem dan organ pernapasan) – seperti pulmonologi, bedah toraks, patologi respirasi, radiologi respirasi dll. — akhirnya mampu menjadikan RSU Persahabatan sebagai menjadi rumah sakit rujukan Nasional untuk penyakit paru. Tidak hanya di tingkat Nasional, bahkan WHO memberikan pengakuan Internasional atas pencapaian dokter-dokter RSU Persahabatan dengan menyematkan sertifikasi Laboratorium Kuman Tuberkulosis RSU Persahabatan sebagai salah satu “Collaborating Center” penting WHO.

Periode III (1992 – 2002)
RSU Persahabatan ditetapkan menjadi Rumah Sakit Swadana sejak tanggal 2 September 1992 dengan SK Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 747/Men.Kes/SK/IX/1992.

Tahun 1997 RSU Persahabatan memperoleh akreditasi penuh dari Departemen Kesehatan RI untuk 5 kegiatan melalui 7 standar pelayanan rumah sakit. Pada periode ini Depkes RI mulai mengarahkan dan menetapkan RSU Persahabatan sebagai rumah sakit yang mengembangkan ilmu kedokteran di bidang respirasi dan rumah sakit rujukan (nasional) untuk kesehatan respirasi.

Periode IV ( 2002 – 2005)
Tahun 2002 dengan Peraturan Pemerintah No. 118 tahun 2000 tentang Pendirian Perusahaan Jawatan, status RSU Persahabatan berubah menjadi Perusahaan Jawatan. Pada tahun 2005 RSUP Persahabatan telah lulus akreditasi dari Departemen Kesehatan RI untuk 16 standar pelayanan rumah sakit.

Periode V ( 2005 – 2011)
Tahun 2005 dengan Peraturan Menteri Kesehatan RI, nomor : 1679/MENKES/PER/XII/2005 tentang Organisasi dan Tata Kerja Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan, menyebutkan bahwa RS Persahabatan adalah Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Departemen Kesehatan yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Jenderal Bina Pelayanan Medik. Pola pengelolaan keuangan adalah Badan Layanan Umum (BLU) yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Departemen Keuangan.

Periode VI (2011 – Sekarang)
Pada Tanggal 3 Maret 2011 terjadi peningkatan kelas dan fungsi RSUP Persahabatan menjadi rumah sakit Kelas A oleh karena penilaian yang dilakukan Kementerian Kesehatan menyebutkan bahwa “…fasilitas dan kemampuan Rumah Sakit Umum Pusat telah memenuhi persyaratan dan kemampuan pelayanan sebagai Rumah Sakit Umum Kelas A.”, berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 514/MENKES/SK/III/2011. Hal ini tidak hanya merupakan pengakuan dan penghargaan terhadap kemampuan pelayanan kesehatan yang diberikan RSUP Persahabatan tetapi juga merupakan peningkatan beban tanggungjawab kepada masyarakat untuk senantiasa dapat memberikan tingkat pelayanan kesehatan tertinggi dalam skala kelas rumah sakit rujukan di Indonesia.

Kontak RSUP Persahabatan
Jl. Persahabatan Raya No.1 Jakarta Timur 13230
Telp. (021) 4891708, 4891745
Fax. (021) 4711222, 4890778

Lowongan Kerja Pegawai Non CPNS BLUD RSUP Persahabatan

Dalam rangka pemenuhan kebutuhan tenaga dan peningkatan kualitas pelayanan pada Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan Jakarta dibutuhkan :

  • Perawat

Deskripsi Pekerjaan

Persyaratan umum :

  • Warga Negara Republik Indonesia.
  • Sanggup dan mampu bekerja dalam Tim.
  • Berpengalaman / tidak berpengalaman.
  • Usia maks. 35 tahun.
  • Tidak terikat kontrak dengan Instansi Pemerintah maupun swasta.
  • Berkelakuan baik (menyertakan fotocopy Surat Keterangan Catatan Kepolisian).
  • Sehat Jasmani dan Rohani (menyertakan asli surat keterangan sehat dokter).
  • Bersedia bekerja full time dan shift.
  • Bersedia bekerja sebagai Pegawai Non PNS RSUP Persahabatan dan tidak menuntut untuk diangkat sebagai pegawai tetap atau CPNS.

Persyaratan khusus :

  • Perawat : (Ners, D-III Perawat Umum)

Persyaratan Administrasi :

  1. Surat lamaran, ditulis di atas kertas bermaterai Rp. 6.000,- dengan mencantumkan alamat korespondensi dan No. HP / Telp yang bisa dihubungi.
  2. Fotocopy ijazah yang telah dilegalisir asli
  3. Fotocopy transkrip dengan nilai IPK Minimal :
  4. Institusi Pendidikan Negeri : 2,75
  5. Institusi Pendidikan Swasta : 3,00 (Minimal Akreditasi B)
  6. Fotocopy Surat Tanda Registrasi (STR) yang telah dilegalisir.
  7. Fotocopy Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang telah dilegalisir.
  8. Asli Surat Keterangan Sehat dari Dokter.
  9. Pas foto terbaru berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 1 lembar
  10. Fotocopy surat keterangan pengalaman kerja dari tempat kerja lama (bagi yang memiliki pengalaman kerja).

Situs Referensi
www.rsuppersahabatan.co.id

Tata Cara Pendaftaran Lamaran

Surat permohonan ditulis tangan ditujukan kepada : Direktur Utama RSUP Persahabatan.

Sebelum dikirimkan agar diteliti ulang semua kelengkapan berkas sesuai persyaratan dikarenakan tidak ada mekanisme menyusuli kelengkapan berkas.

Berkas yang sudah lengkap dimasukkan ke dalam amplop coklat (dengan menulis posisi jabatan di sudut kanan atas amplop) dan ditujukan kepada :

Direktur Utama RSUP Persahabatan dengan alamat PO BOX 0007, JAKARTA 13000
Kantor Pos Jakarta Timur atau Jl Persahabatan Raya No 1, Jakarta Timur (Bagian SDM).

Jadwal Tahapan Seleksi :

  1. Pengumuman kelulusan seleksi administrasi : 14 April 2016
  2. Ujian CAT : 15 & 18-21 April 2016
  3. Wawancara : 22 April 2016
  4. Psikotes : 26 April 2016
  5. Tes Kesehatan : 28 April 2016
  6. Pengumuman kelulusan : 29 April 2016

Ketentuan Umum :

  • Berkas diterima paling lambat tanggal 12 April 2016, Pukul 15.00 WIB di Kantor Pos.
  • Pelamar yang tidak memenuhi persyaratan administrasi diatas dinyatakan gugur.
  • Pengumuman hasil seleksi dapat di akses melalui laman resmi RSUP Persahabatan di : www.rsuppersahabatan.co.id
  • Proses Penerimaan Pegawai BLU Non PNS RSUP Persahabatan tidak dikenakan BIAYA (kecuali biaya Tes yang diselenggarakan di RSUP Persahabatan melitputi: biaya Psikotes sebesar Rp.330.000,00 dan Tes Kesehatan sebesar Rp.262.000,00), apabila ditemukan ada oknum yang memungut biaya mohon dapat dilaporkan kepada pihak yang berwajib.
  • Sumber

Lowongan Kerja RSUP Persahabatan dikabarkan secara online oleh Pusat Info CPNS.

Share