Lowongan Non CPNS Institut Teknologi Sumatera (ITERA)

Share

Itera LampungLowongan Kerja Dosen ITERA Lampung – Institut Teknologi Sumatera – ITERA adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang berkedudukan di Kota Bandar Lampung. ITERA didirikan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 124 Tahun 2014 tentang Pendirian Institut Teknologi Sumatera (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 253) yang ditetapkan Presiden Republik Indonesia Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 6 Oktober 2014 dan diundangkan tanggal 9 Oktober 2014. Walaupun peresmiannya dilaksanakan pada tahun 2014, namun ITERA sudah memulai kegiatan akademik dengan menerima mahasiswa baru sejak tahun 2012-2013. Selain ITB dan ITS, dengan dibukanya ITERA dan Institut Teknologi Kalimantan, kini pemerintah Indonesia memiliki empat institut teknologi.

Pada tanggal 6 Oktober 2014, Presiden Republik Indonesia melalui Peraturan Presiden telah meresmikan Institut Teknologi Sumatera (ITERA) di Bandarlampung dan Institut Teknologi Kalimantan (ITK) di Balikpapan sebagai Perguruan Tinggi Negeri. ITERA dirintis pendiriannya dan akan dikembangkan serta dibina oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) selama 10 tahun kedepan dengan kualitas minimal setara dengan ITB. Program studi yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Sumatera adalah untuk pemenuhan kebutuhan tenaga sar-jana di Indonesia, khusunya di Sumatera.

Sebelum diresmikannya ITERA dan ITK sebagai perguruan tinggi negeri, di Indonesia hanya memiliki 2 (dua) Institut Teknologi yang diunggulkan, yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya; kedua institut tersebut terletak di Pulau Jawa. Di satu sisi, kedua perguruan tinggi tersebut saat ini kapasitasnya sudah melebihi daya tampung maksimalnya, sedang di sisi lain, kebutuhan akan lulusan dari institut teknologi di tingkat nasional semakin meningkat. Atas dasar kebutuhan tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memutuskan untuk menambah jumlah institut teknologi di Indonesia, dalam rangka peningkatan dan pemerataan kualitas SDM pada tingkat nasional.

Sehubungan hal tersebut, pemerintah merencanakan pendirian Institut Teknologi di Sumatera dan di Kalimantan. Institut Teknologi di Sumatera akan dirintis pendidriannya serta dikembangkan dan dibina oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan kualitas minimal setara dengan ITB. Pembangunan sebuah Institut Teknologi di Sumatera juga dikaitkan dengan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonom Indonesia (MP3EI). Disebutkan dalam dokumen MP3EI bahwa salah satu prinsip dasar bagi keberhasilan pembangunan adalah produktivitas, inovasi, dan kreatifitas yang didorong oleh Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), dan ini dipandang sebagai salah satu pilar perubahan. Dalam kaitan ini, pengembangan SDM yang unggul, berkualitas, menguasai IPTEK, sekaligus memiliki karakter kewirausahaan yang baik menjadi sangatlah penting.

Dalam konteks strategi utama pelaksanaan MP3EI, peran sumberdaya manusia yang berpendidikan menjadi kunci utama dalam mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan. Oleh karena itu, tujuan utama di dalam sistem pendidikan dan pelatihan untuk mendukung hal tersebut di atas haruslah bisa menciptakan sumberdaya manusia yang mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perkembangan sains dan teknologi. Upaya percepatan pembangunan nasional, khususnya dalam bidang sains, teknologi dan seni, memerlukan kesiapan penyediaan sumberdaya manusia yang unggul.

Untuk itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memiliki program pendirian institut teknologi negeri di Sumatera. Penyusunan proposal pendirian telah dilakukan pada tahun 2011. Institut Teknologi di Sumatera tersebut telah ditetapkan akan berlokasi di Kota Baru, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsiinsi Lampung (SK Mendikbud No.060/P/2012). Status penyelenggaraan perguruan tinggi tersebut akan ditetapkan melalui Keputusan Presiden. Berkenaan dengan rencana tersebut, berdasarkan penugasan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan maka pada tahap awal (sambil menunggu selesainya pembangunan infrastruktur kampus), pengembangan dan penyelenggaraan akan dilaksanakan oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) yang bekerjasama dengan seluruh Pemerintah Propinsi di Sumatera.

Kontak Institut Teknologi Sumatera (ITERA)
Jalan Terusan Ryacudu, Desa Way Hui, Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan 35365
Email : pusat@itera.ac.id
Phone : (0721) 8030188, (0721) 8030189
website : www.itera.ac.id

Pengumuman Rekrutmen Dosen ITERA Lampung

Institut Teknologi Sumatera – ITERA kembali membuka kesempatan berkarir di dunia pendidikan dengan mengisi posisi kosong sebagai :

  • Dosen NON PNS

Bidang Keahlian :

  1. Desain Kriya
  2. Desain Komunikasi Visual (DKV)
  3. Desain Produk
  4. Teknologi Kemaritiman
  5. Meteorologi & Geofisika
  6. Teknik Pascapanen
  7. Rekayasa Kehutanan
  8. Teknik Pertambangan

Deskripsi Pekerjaan

Ketentuan Khusus

  • Warga Negara Indonesia;
  • Memiliki gelar S2 atau S3 Linier dengan Program Studi yang memenuhi kualifikasi akademik dan bidang keahlian yang dibutuhkan (lihat Tabel Formasi Nama Jabatan, Kualifikasi Pendidikan, dan Bidang Keahlian);
  • Ijazah S1 & S2 legalisir.
  • Transkrip S1 & S2 legalisir.
  • Gelar diperoleh dari program studi yang minimal memiliki akreditasi B;
  • Memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) minimal 3.2 untuk pendidikan S2 pada PTN dan minimal 3.3 untuk pendidikan S2 pada PTS;
  • Memiliki pengalaman riset yang baik;
  • Memiliki pengalaman sebagai asisten matakuliah atau praktikum;
  • Sehat jasmani/rohani dan bebas dari narkoba;
  • Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum berdasarkan putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap; bisa diusulkan setelah diterima dan
  • Usia Dosen Non-PNS: S2 maksimum 35 tahun dan S3 maksimum 40 tahun.
  • Bagi yang telah memiliki NIDN TIDAK diperkenankan untuk mendaftar.

Situs referensi

  1. www.itera.ac.id

Tata Cara Pengiriman Lamaran

Bagi Saudara/i yang berminat dan memenuhi persyaratan, maka silakan melakukan pendaftaran secara online melalui laman resmi ITERA berikut ini :

Ketentuan Umum :

  • Harap mencantumkan ID SKYPE pada CV (Curicullum Vitae.
  • Diutamakan bagi yang belum pernah mendaftar sebelumnya.
  • Pendaftaran ditunggu sampai dengan tanggal 31 Oktober 2016 pukul 00.00.
  • Seluruh tahapan Rekrutmen ITERA ini tidak dikenakan biaya sama sekali.

Info Lowongan Kerja Dosen ITERA Non CPNS dikabarkan secara online oleh Pusat Info CPNS

Share