Lowongan Enumerator dan Koordinator Lapangan Survey JKN

Share

JKN OKRekrutmen Koordinator Survey JKN – pusatinfocpns.com – Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan bagian dari Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) yang diselenggarakan dengan menggunakan mekanisme asuransi kesehatan sosial yang bersifat wajib (mandatory) berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang SJSN dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar kesehatan masyarakat yang layak yang diberikan kepada setiap orang yang telah membayar iuran atau iurannya dibayar oleh Pemerintah.

BPJS Kesehatan bersama BPJS Ketenagakerjaan (dahulu bernama Jamsostek) merupakan program pemerintah dalam kesatuan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diresmikan pada tanggal 31 Desember 2013. Untuk BPJS Kesehatan mulai beroperasi sejak tanggal 1 Januari 2014, sedangkan BPJS Ketenagakerjaan mulai beroperasi sejak 1 Juli 2014.

BPJS Kesehatan sebelumnya bernama Askes (Asuransi Kesehatan), yang dikelola oleh PT Askes Indonesia (Persero), namun sesuai UU No. 24 Tahun 2011 tentang BPJS, PT. Askes Indonesia berubah menjadi BPJS Kesehatan sejak tanggal 1 Januari 2014.

SJSN diselenggarakan dengan mekanisme Asuransi Sosial dimana setiap peserta wajib membayar iuran guna memberikan perlindungan atas risiko sosial ekonomi yang menimpa peserta dan/atau anggota keluarganya sesuai dengan UU No 40 Tahun 2004. Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang merupakan bentuk komitmen pemerintah terhadap pelaksanaan jaminan kesehatan masyarakat Indonesia seluruhnya. Sebelum JKN, pemerintah telah berupaya merintis beberapa bentuk jaminan sosial di bidang kesehatan, antara lain Askes Sosial bagi pegawai negeri sipil (PNS), penerima pensiun dan veteran, Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) Jamsostek bagi pegawai BUMN dan swasta, serta Jaminan Kesehatan bagi TNI dan Polri. Untuk masyarakat miskin dan tidak mampu, sejak tahun 2005 Kementerian Kesehatan telah melaksanakan program jaminan kesehatan sosial, yang awalnya dikenal dengan nama program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan bagi Masyarakat Miskin (JPKMM), atau lebih populer dengan nama program Askeskin (Asuransi Kesehatan Bagi Masyarakat Miskin). Kemudian sejak tahun 2008 sampai dengan tahun 2013, program ini berubah nama menjadi program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas). JKN mulai diberlakukan mulai tanggal 1 Januari 2014, semua program jaminan kesehatan yang telah dilaksanakan pemerintah tersebut (Askes PNS, JPK Jamsostek, TNI, Polri, dan Jamkesmas), diintegrasikan ke dalam satu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan). Sama halnya dengan program Jamkesmas, pemerintah bertanggungjawab untuk membayarkan iuran JKN bagi fakir miskin dan orang yang tidak mampu yang terdaftar sebagai peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI).

Kontak Pusat Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI
Gedung Prof. Dr. Sujudi Lantai 14 Jl. H.R. Rasuna Said Blok X-5 Kav. 4-9 Kuningan Jakarta Selatan 12950
Telepon (+62 21) 5221229, 5277543 , Faksimili (+62 21)52922020, 52922039, 52922040, 52922041 , email:kontak@depkes.go.id
Website : www.jkn.kemkes.go.id

OPEN RECRUITMENT KOORDINATOR LAPANGAN DAN ENUMERATOR
SURVEI JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DI 33 PROVINSI TAHUN 2017

Pusat Kajian Ekonomi dan Kebijakan Kesehatan (PKEKK) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia sedang menjalankan studi mengenai Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di 33 Provinsi Tahun 2017. Sehubungan dengan hal tersebut, dibutuhkan sejumlah koordinator lapangan dan enumerator yang akan ditempatkan di 33 provinsi tersebut.

  1. Koordinator Lapangan
  2. Enumerator

Deskripsi Pekerjaan

Persyaratan :

  • Pendidikan terakhir S-1 untuk Koordinator Lapangan dan D-3 untuk enumerator (berlatar belakang Kesehatan Masyarakat)
  • Memiliki pengalaman dalam penelitian terkait Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)
  • Tidak sedang terikat oleh kontrak kerja dengan lembaga/proyek lain
  • Berpengalaman mengorganisir kegiatan di lapangan (untuk koordinator lapangan)
  • Mampu bekerja dalam tim, memiliki komitmen dan jujur
  • Bertanggung jawab terhadap laporan di lapangan (administratif dan substansi penelitian)
  • Bersedia menjalani proses pengumpulan data selama 15 hari di daerah
  • Memiliki track record yang baik dalam menjalankan penelitian di berbagai lembaga

Situs referensi

  1. www.jkn.kemkes.go.id

Tata Cara Pengiriman Lamaran

Bagi Saudara/i yang berminat dan memenuhi persyaratan, maka diharapkan dapat mengisi form berikut:

Ketentuan Umum :

  • Hanya pelamar yang memenuhi persyaratan yang akan diundang untuk mengikuti tahapan seleksi berikutnya
  • Rekrutmen Koordinator Survey JKN ini tidak dipungut biaya sama sekali.
  • Pendaftaran online dibuka paling lambat Sabtu, 10 Juni 2017 pukul 17.00 WIB.
  • Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Dina (021 7875576) atau nurul.dina@cheps.or.id.

Info Rekrutmen Koordinator Survey JKN dikabarkan secara online oleh Pusat Info CPNS

Share