Lowongan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY

Share

Nakertrans DIYLowongan Kerja Nakertrans DIY Non CPNS - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY adalah salah satu unit kerja di Pemerintahan Daerah Istimewa Yogyakarta yang mempunyai tugas melaksanakan urusan Ketenagakerjaan dan Ketransmigrasian berkewajiban untuk memberikan pelayanan dan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan permasalahan ketenagakerjaan dan ketransmigrasian.

Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Daerah Istimewa setingkat provinsi di Indonesia yang merupakan peleburan Negara Kesultanan Yogyakarta dan Negara Kadipaten Paku Alaman. Daerah Istimewa Yogyakarta terletak di bagian selatan Pulau Jawa, dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah dan Samudera Hindia. Daerah Istimewa yang memiliki luas 3.185,80 km2 ini terdiri atas satu kotamadya, dan empat kabupaten, yang terbagi lagi menjadi 78 kecamatan, dan 438 desa/kelurahan. Menurut sensus penduduk 2010 memiliki populasi 3.452.390 jiwa dengan proporsi 1.705.404 laki-laki, dan 1.746.986 perempuan, serta memiliki kepadatan penduduk sebesar 1.084 jiwa per km2.

Penyebutan nomenklatur Daerah Istimewa Yogyakarta yang terlalu panjang menimbulkan penyingkatan nomenklatur menjadi DI Yogyakarta atau DIY. Daerah Istimewa Yogyakarta sering dihubungkan dengan Kota Yogyakarta sehingga secara kurang tepat sering disebut dengan Jogja, Yogya, Yogyakarta, Jogjakarta. Walau secara geografis merupakan daerah setingkat provinsi terkecil kedua setelah DKI Jakarta, Daerah Istimewa ini terkenal di tingkat nasional, dan internasional, terutama sebagai tempat tujuan wisata andalan setelah Provinsi Bali. Daerah Istimewa Yogyakarta mengalami beberapa bencana alam besar termasuk bencana gempa bumi pada tanggal 27 Mei 2006, erupsi Gunung Merapi selama Oktober-November 2010, serta erupsi Gunung Kelud, Jawa Timur pada tanggal 13 Februari 2014.

Laju pertumbuhan penduduk di DIY antara 2003-2007 sebanyak 135.915 jiwa atau kenaikan rata-rata pertahun sebesar 1,1%. Umur Harapan Hidup (UHH) penduduk di DIY menunjukkan kecenderungan yang meningkat dari 72,4 tahun pada tahun 2002 menjadi 72,9 tahun pada tahun 2005. Ditinjau dari sisi distribusi penduduk menurut usia, terlihat kecenderungan yang semakin meningkat pada penduduk usia di atas 60 tahun.

Proporsi distribusi peduduk berdasarkan usia produktif memiliki akibat pada sektor tenaga kerja. Angkatan kerja di DIY pada 2010 sebesar 71,41%. Di sektor ekonomi yang menyerap tenaga kerja paling besar adalah sektor pertanian kemudian disusul sektor jasa-jasa lainnya. Sektor yang potensial dikembangkan yaitu sektor pariwisata, sektor perdagangan, dan industri terutama industri kecil menengah serta kerajinan. Pengangguran di DIY menjadi problematika sosial yang cukup serius karena karakter pengangguran DIY menyangkut sebagian tenaga-tenaga profesional dengan tingkat pendidikan tinggi.

Salah satu cara untuk mengatasi masalah kependudukan, dan ketenagakerjaan adalah dengan mengadakan program transmigrasi. Pelaksanaan pemberangkatan transmigran asal DIY sampai pada tahun 2008 melalui program transmigrasi sejumlah 76.495 KK atau 274.926 jiwa. Ditinjau dari pola transmigrasi sudah mencerminkan partisipasi, dan keswadayaan masyarakat, melalui Transmigrasi Umum (TU), Transmigrasi Swakarsa Berbantuan (TSB) dan Transmigrasi Swakarsa Mandiri (TSM). Untuk pensebarannya sudah mencakup hampir seluruh provinsi. Rasio jumlah tansmigran swakarsa mandiri pada 2010 mencapai 20% dari total transmigran yang diberangkatkan

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY
Jl. Lingkar Utara Maguwoharjo, Depok, Sleman, DIY
Telp. (0274) 885147 Fax. (0274) 885036
www.nakertrans.jogjaprov.go.id

Lowongan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY Terbaru

Disnakertrans DIY akan melaksanakan kegiatan Pendayagunaan Tenaga Kerja Sukarela / Sarjana (TKS) dengan merekrut dan nantinya menugaskan TKS di kabupaten/kota selama 8 (delapan) bulan dalam tahun 2016.

  • Tenaga Kerja Sukarela

Deskripsi Pekerjaan

Persyaratan:

  • Minimal S1 atau Diploma IV yang memiliki minat dan motivasi tinggi untuk mandiri dan mengembangkan diri serta menjadi pendamping dan mampu menggerakkan kelompok masyarakat (penganggur) untuk berwirausaha dan mengembangkan potensinya.
  • Berusia minimal 20 tahun dan maksimal 30 tahun.
  • Berdomisili (sesuai KTP) di DIY dan mendaftar di kabupaten atau kota tempat domisilinya.
  • Belum pernah mengikuti kegiatan Pendayagunaan Tenaga Kerja Sarjana / Sukarela (TKS)
  • Tidak sedang terikat kontrak kerja / tugas dengan pihak manapun.
  • Terdaftar di Disnaker kabupaten atau kota setempat sebagai pencari kerja dan dibuktikan dengan kartu pencari kerja (AK 1).
  • Berbadan sehat dan mempunyai surat keterangan sehat dari dokter pemerintah.
  • Berkelakuan baik dan mempunyai SKCK dari kepolisian sektor tempat domisilinya.

Persyaratan administrasi :

  1. Surat lamaran
  2. CV
  3. Foto copy ijasah dan transkip nilai (dilegalisir)
  4. Foto copy KTP, AK 1, surat keterangan sehat, dan SKCK
  5. Semua berkas dimasukkan kedalam amplop map kertas warna hijau.

Situs Referensi

  1. www.nakertrans.jogjaprov.go.id

Tata Cara Pengiriman Lamaran

Bagi Anda yang berminat dan memenuhi kualifikasi di atas, silakan mendaftarkan diri ke :

JL. KENARI NO.56 YOGYAKARTA
KOTA YOGYAKARTA
D.I. YOGYAKARTA
atau ke Dinas Tenaga Kerja Kabupaten / Kota

Ketentuan :

  • Pendaftaran dibuka sampai dengan tanggal 26 Februari 2016.
  • Hasil seleksi akan diumumkan di Dinas Tenaga Kerja Kabupaten/Kota pada tanggal 29 Februari 2016.
  • Sumber

Info Lowongan Kerja Nakertrans DIY dikabarkan secara online oleh Pusat Info CPNS..

Share