Lowongan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan

Share

Dinkes KalselLowongan Kerja Dinkes Provinsi Kalimantan Selatan – Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan adalah salah satu unsur pelaksana daerah yang berada dalam pemerintahan provinsi Kalimantan Selatan. Dinas Kesehatan – Dinkes adalah unsur pelaksana otonomi daerah dalam bidang kesehatan dan dipimpin langsung oleh seorang Kepala Dinas (Kadin). Kadin berkedudukan di bawah kepala daerah serta bertanggung jawab langsung pada kepala daerah melalui Sekretaris Daerah (Sekda).

Kalimantan Selatan adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Kalimantan. Ibu kotanya adalah Banjarmasin. Provinsi Kalimantan Selatan memiliki luas 37.530,52 km² dengan populasi hampir 3,7 juta jiwa.

Provinsi ini mempunyai 11 kabupaten dan 2 kota. DPRD Kalimantan Selatan dengan surat keputusan No. 2 Tahun 1989 tanggal 31 Mei 1989 menetapkan 14 Agustus 1950 sebagai Hari Jadi Provinsi Kalimantan Selatan. Tanggal 14 Agustus 1950 melalui Peraturan Pemerintah RIS No. 21 Tahun 1950, merupakan tanggal dibentuknya provinsi Kalimantan, setelah pembubaran Republik Indonesia Serikat (RIS), dengan gubernur Dokter Moerjani. Secara historis wilayah Kalimantan Selatan mula-mula dibentuk merupakan wilayah Karesidenan Kalimantan Selatan di dalam Propinsi Kalimantan itu sendiri.

Bagi Kalimantan Selatan, tanggal 1 Januari 1957 benar-benar merupakan momentum penting dalam sejarahnya, mengingat pada tanggal itu Kalimantan Selatan resmi menjadi Provinsi yang berdiri sendiri di Pulau Kalimantan, bersama-sama dengan Provinsi Kalimantan Timur dan Provinsi Kalimantan Barat. Sebelumnya ketiga Provinsi tersebut berada dalam satu Provinsi, yaitu Provinsi Kalimantan.

Sebelum menjadi Provinsi yang berdiri sendiri, sesungguhnya Kalimantan Selatan sudah merupakan daerah yang paling menonjol di Pulau Kalimantan, khususnya Kota Banjarmasin yang merupakan pusat kegiatan politik, ekonomi/perdagangan, dan pemerintahan, baik semasa penjajahan maupun pada awal kemerdekaan.

Perkembangan kehidupan pemerintahan dan kenegaraan di daerah Kalimantan Selatan sampai dengan permulaan abad 17 masih sangat kabur karena kurangnya data sejarah. Adanya Hikayat Raja-Raja Banjar dan Hikayat Kotawaringin tidak cukup memberikan gambaran yang pasti mengenai keberadaan Kerajaan-kerajaan tersebut.

Namun demikian berdasarkan kedua hikayat tersebut dapat diketahui bahwa pada abad 17 salah satu tokoh yaitu Pangeran Samudera (cucu Maharaja Sukarama) dengan dibantu para Patih bangkit menentang kekuasaan pedalaman Nagara Daha dan menjadikan Bajarmasin di pinggir Sungai Kwin sebagai pusat pemerintahannya (daerah ini disebut Kampung Kraton).

Pemberontakan Pangeran Samudera tersebut merupakan pembuka jaman baru dalam sejarah Kalimantan Selatan sekaligus menjadi titik balik dimulainya periode Islam dan berakhirnya jaman Hindu. Sebab dialah yang menjadi cikal bakal Islam Banjar dan pendiri Kerajaan Banjar.

Dalam perkembangan sejarah berikutnya pada Tahun 1859 seorang Bangsawan Banjar yaitu Pangeran Antasari mengerahkan rakyat Kalimantan Selatan untuk melakukan perlawanan terhadap kaum kolonialisme Belanda meskipun akhirnya pada Tahun 1905 perlawanan-perlawanan berhasil ditumpas oleh Belanda.

Kelancaran hubungan dengan Pulau Jawa turut mempengaruhi perkembangan di Kalimantan Selatan. Bertumbuhnya pergerakan-pergerakan kebangsaan di Pulau Jawa dengan cepat menyebar kedaerah Kalimantan Selatan, hal ini tercermin dengan dibentuknya wadah-wadah perjuangan pada Tahun 1912 di Banjarmasin seperti berdirinya Cabang-cabang Sarikat Islam di seluruh Kalimantan Selatan. Seiring dengan itu para pemuda Kalimantan terdorong membentuk Organisasi Kepemudaan yaitu Pemuda Marabahan, Barabai dan lain-lain, yang kemudian pada Tahun 1929 terbentuk Persatuan Pemuda Borneo.

Organisasi-organisasi perjuangan tersebut merupakan wadah untuk menyebarluaskan kesadaran kebangsaan melawan penjajahan Kolonial Belanda.

Pada periode pasca Proklamasi Kemerdekaan merupakan momentum yang paling heroik dalam sejarah Kalimantan Selatan, dimana pada tanggal 16 Oktober 1945 dibentuk Badan Perjuangan yang paling radikal yaitu Badan Pemuda Republik Indonesia Kalimantan (BPRIK) yang dipimpin oleh Hadhariyah M. dan A. Ruslan, namun dalam perjalanan selanjutnya gerakan perjuangan ini mengalami hambatan, terutama dengan disepakatinya perjanjian Linggarjati pada tanggal 15 Nopember 1945. Berdasarkan perjanjian ini ruang gerak pemerintah Republik Indonesia menjadi terbatas hanya pada kawasan Pulau Jawa, Madura dan Sumatera sehingga organisasi-organisasi perjuangan di Kalimantan Selatan kehilangan kontak dengan Jakarta, kendati akhirnya pada tahun 1950 menyusul pembubaran Negara Indonesia Timur yang dibentuk oleh kaum kolonial Belanda, maka Kalimantan Selatan kembali menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Republik Indonesia sampai saat ini.

Kontak Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan
Jalan Belitung Darat No.118 Banjarmasin – Kalimantan Selatan
Telp. 0511-3355661, 3354443, 3364646, Fax. 0511-3359735, 3352575, Email : [email protected]
Website : http://dinkes.kalselprov.go.id

Lowongan Kerja PTT Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan

Dalam rangka peningkatan mutu pelayanan kesehatan dasar di Desa khususnya kesehatan Ibu dan Anak, maka Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan telah memprogramkan pengangkatan Bidan,Perawat, Ahli Gizi dan Sarjana Kesehatan Masyarakat sebagai :

  • Pegawai Tidak Tetap (PTT) Provinsi Kalimantan Selatan yang akan ditempatkan di Kabupaten Se Kalimantan Selatan.

Deskripsi Pekerjaan

Persyaratan Umum :

  • Warga Negara Indonesia.
  • Usia setinggi-tingginya 35 (tiga puluh lima) tahun pada tanggal 1 April 2017.
  • Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum Penjara atau kurungan berdasarkan Putusan Pengadilan yang mempunyai kekuatan hukun tetap.
  • Berbadan Sehat.
  • Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat, atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil atau diberhentikan dengan tidak hormat sebagai Pegawai Swasta.
  • Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Negeri Sipil.
  • Tidak menjadi Pengurus dan/atau anggota Partai Politik.
  • Tidak sedang terikat kontrak dengan Lembaga/Perusahaan lain.

Persyaratan Administrasi :

  • Pelamar mengajukan permohonan secara tertulis yang ditujukan / dialamatkan Kepada :
  • GUBERNUR KALIMANTAN SELATAN
  • Up. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan
  • Jln. Belitung Darat No. 118
  • Di – BANJARMASIN
  • Surat lamaran harus ditulis,ditandatangani dan diantar sendiri oleh pelamar.
  • Permohonan ditulis dengan TINTA HITAM (Boxy) diatas kertas double folio bergaris bermaterai Rp. 6.000,-dan dibubuhi tanda tangan yang bersangkutan.
  • Permohonan dilampiri dengan :
    • 1).Fotocopy Ijazah terakhir dan transkrip nilai terakhir yang dilegalisir oleh Pejabat yang berwenang dan Memperlihatkan Ijazah dan transkrip nilai yang Asli;
    • 2).Foto Copy KTP(memperlihatkan KTP Asli);
    • 3).Foto Copy Surat Tanda Regestrasi (STR) yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang / Surat Keterangan Resmi yang diterbitkan oleh MTKP bagi STR yang masih dalam proses.
    • 4).Surat Pernyataan bersedia bekerja dan tidakmengundurkan diri bermaterai Rp. 6000,-
    • 5).Pas Fhoto terbaru berwarna ukuran 4 x 6 cm sebanyak 2 lembar : Laki-laki latar belakang warna BIRU, Perempuan latar belakang warna MERAH
    • 6). Permohonan beserta lampirannya dibuat dalam rangkap 1(satu) dimasukkan ke dalam
      • Map berwarna Merah untuk BIDAN
      • Map berwarna Kuning untuk PERAWAT
      • Map berwarna Biru untuk AHLI GIZI
      • Map berwarna Hijau untuk SARJANA KESEHATAN MASYARAKAT
  • * ditulis Nama, Pendidikan, Alamat Lengkap, Kabupaten Peminatan Penempatan dan Nomor Telpon / HP yang dapat dihubungi.

Situs referensi

  1. http://dinkes.kalselprov.go.id

Tata Cara Melamar

Bagi Saudara/i yang tertarik dan memenuhi persyaratan, maka silakan mengantar berkas lamaran ke Tempat Pendaftaran :

Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan
Jl. Belitung Darat No.118 Banjarmasin

Ketentuan Umum :

  • Masa pendaftaran Penerimaan dilaksanakan tanggal : 15Mei s/d 18 Mei 2017(mulai pukul 09.00 s/d 14.00 wita) dan 19 Mei 2017 (mulai pukul 09.00 s/d 11.00 wita).
  • Hanya pendaftar yang memenuhi persyaratan yang akan diikutsertakan dalam proses seleksi.
  • Seluruh tahapan dalam rekrutmen Dinkes Kalsel Non PNS ini tidak dipnugut biaya.
  • Pelamar yang telah memenuhi syarat administrasi akan diberikan Kartu Ujian yang juga merupakan Tanda Terima berkas yang disediakan oleh Panitia Penerimaan.
  • Download form surat pernyataan : Klik Disini
  • Sumber

Info Lowongan Kerja PTT Dinkes Kalsel dikabarkan secara online oleh Pusat Info CPNS

Share