Lowongan CPNS Surakarta Kota Solo

Share
Advertisement

Surakarta KotaLowongan CPNS Kota Surakarta – Formasi, Persyaratan, Penerimaan, Pendaftaran. Surakarta – Solo adalah kota yang terletak di provinsi Jawa Tengah, Indonesia yang berpenduduk 503.421 jiwa (2010) dan kepadatan penduduk 13.636/km2. Kota dengan luas 44 km2 ini berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Boyolali di sebelah utara, Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sukoharjo di sebelah timur dan barat, dan Kabupaten Sukoharjo di sebelah selatan.  Sisi timur kota ini dilewati sungai yang terabadikan dalam salah satu lagu keroncong, Bengawan Solo. Bersama dengan Yogyakarta, Solo merupakan pewaris Kerajaan Mataram yang dipecah pada tahun 1755.

Surakarta terletak di dataran rendah di ketinggian 105 m dpl dan di pusat kota 95 m dpl, dengan luas 44,1 km2 (0,14 % luas Jawa Tengah). Surakarta berada sekitar 65 km timur laut Yogyakarta dan 100 km tenggara Semarang serta dikelilingi oleh Gunung Merbabu dan Merapi (tinggi 3115m) di bagian barat, dan Gunung Lawu (tinggi 2806m) di bagian timur. Agak jauh di selatan terbentang Pegunungan Sewu. Tanah di sekitar kota ini subur karena dikelilingi oleh Bengawan Solo, sungai terpanjang di Jawa, serta dilewati oleh Kali Anyar, Kali Pepe, dan Kali Jenes. Mata air bersumber dari lereng gunung Merapi, yang keseluruhannya berjumlah 19 lokasi, dengan kapasitas 3.404 l/detik. Ketinggian rata-rata mata air adalah 800-1.200 m dpl. Pada tahun 1890 – 1827 hanya ada 12 sumur di Surakarta. Saat ini pengambilan air bawah tanah berkisar sekitar 45 l/detik yang berlokasi di 23 titik. Pengambilan air tanah dilakukan oleh industri dan masyarakat, umumnya ilegal dan tidak terkontrol.

Sampai dengan Maret 2006, PDAM Surakarta memiliki kapasitas produksi sebesar 865,02 liter/detik. Air baku berasal dari sumber mata air Cokrotulung, Klaten (387 liter/detik) yang terletak 27 km dari kota Solo dengan elevasi 210,5 di atas permukaan laut dan yang berasal dari 26 buah sumur dalam, antara lain di Banjarsari, dengan total kapasitas 478,02 liter/detik. Selain itu total kapasitas resevoir adalah sebesar 9.140 m3.Dengan kapasitas yang ada, PDAM Surakarta mampu melayani 55,22% masyarakat Surakarta termasuk kawasan hinterland dengan pemakaian rata-rata 22,42 m3/bulan.

Tanah di Solo bersifat pasiran dengan komposisi mineral muda yang tinggi sebagai akibat aktivitas vulkanik Merapi dan Lawu. Komposisi ini, ditambah dengan ketersediaan air yang cukup melimpah, menyebabkan dataran rendah ini sangat baik untuk budidaya tanaman pangan, sayuran, dan industri, seperti tembakau dan tebu. Namun, sejak 20 tahun terakhir industri manufaktur dan pariwisata berkembang pesat sehingga banyak terjadi perubahan peruntukan lahan untuk kegiatan industri dan perumahan penduduk.

Kota Surakarta terletak di antara 110 45` 15″ – 110 45` 35″ Bujur Timur dan 70` 36″ – 70` 56″ Lintang Selatan dan berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Boyolali di sebelah utara, Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sukoharjo di sebelah timur dan barat, dan Kabupaten Sukoharjo di sebelah selatan.[13] Di masing-masing batas kota terdapat gapura keraton yang didirikan sekitar tahun 1931 – 1932 pada masa pemerintahan Pakubuwono X di Kasunanan Surakarta. Gapura Kraton didirikan sebagai pembatas sekaligus pintu gerbang masuk ibu kota Kerajaan Kasunanan (Kota Solo) dengan wilayah sekitar. Gapura Kraton tidak hanya didirikan di jalan penghubung, namun juga didirikan di pinggir sungai Bengawan Solo yang pada waktu itu menjadi dermaga dan tempat penyeberangan (di Mojo / Silir).

Ukuran Gapura Kraton terdiri dari dua ukuran yaitu berukuran besar dan kecil. Gapura Kraton ukuran besar didirikan di jalan besar. Gapura Kraton ukuran besar bisa dilihat di Grogol (selatan), Jajar (barat), dan Jurug (timur). Sedangkan Gapura Kraton ukuran kecil bisa dilihat di daerah RS Kandang Sapi (utara), jalan arah Baki di Solo Baru (selatan), Makamhaji (barat), dan di Mojo / Silir. Gapura Kraton besar juga memiliki prasasti pendiri dan waktu pendirian gapura.

PENGUMUMAN
Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil / Calon Aparatur Sipil Negara (CPNS / CASN)
Pemerintah Kota Surakarta (Pemkot Surakarta)
Formasi Tahun Anggaran 2014 – 2015

Dalam rangka pelaksanaan Reformasi Birokrasi dibidang manajemen SDM aparatur dan mewujudkan reformasi sistem pengadaan Aparatur Sipil Negara berbasis kompetensi, yang dilaksanakan secara transparan, objektif, kompetitif, akuntabel, tidak diskriminatif, dan bebas dari praktek KKN maka Pemerintah Kota Surakarta – Pemkot Solo akan mengadakan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi Tahun Anggaran 2014.

Formasi CPNS Kota Surakarta 2014

NO. JABATAN PENDIDIKAN GOL./RUANG ALOKASI
Jumlah 56
1 Analis Mutu Hasil Perikanan S1 Perikanan III/a 1
2 Pemeriksa Perkeretaapian D.III Perkeretaapian/Ilmu Transportasi Darat II/c 1
3 Analis Sistem Informasi dan Jaringan S1 Ilmu Teknik Informatika/Sistem Informasi/Ilmu Komputer III/a 3
4 Analis Pemerintahan Daerah S1 Ilmu Sospol/Psikologi/Ilmu Pemerintahan III/a 1
5 Akuntan S1 Akuntansi III/a 5
6 Juru Listrik D.III Teknik Listrik II/c 1
7 Analis Pembangunan S1 Teknik Planologi III/a 1
8 Analis Pelayanan Publik S1 / D. IV Sospol/Psikologi/Hukum/Manajemen SDM/Ilmu Komunikasi III/a 1
9 Pengadministrasi Umum D.III Komputer II/c 6
10 Pranata Dekorasi D.III Desain Interior II/c 1
11 Dokter Spesialis Anastesi Pertama Dokter Spesialis Anastesi III/b 1
12 Dokter Pertama Dokter Umum III/b 4
13 Perawat Pelaksana D.III Keperawatan II/c 8
14 Bidan Pelaksana D.III Kebidanan II/c 1
15 Penyuluh Keluarga Berencana Pertama S1 Ilmu Komunikasi/Psikologi III/a 5
16 Pemeriksa Pertama S1 Teknik Sipil III/a 1
S1 Semua Jurusan III/a 3
17 Penguji Kendaraan Bermotor Pelaksana DII Penguji Kendaraan Bermotor II/b 2
18 Pengantar Kerja Pertama S1 Hukum/Psikologi/Komunikasi/ Manajemen/Administrasi/Sosiologi/Teknik Industri III/a 1
19 Penera Pertama S1 Teknik Semua Jurusan/Matematika III/a 2
20 Arsiparis Pertama S1 / Diploma IV Ilmu Kearsipan/Keperpustakaan III/a 1
21 Pranata Hubungan Masyarakat Pertama S1 / Diploma IV Ilmu Komunikasi III/a 1
22 Perancang Peraturan Perundang-Undangan Pertama Sarjana(S1) Hukum III/a 1
23 Penilai Pajak Bumi dan Bangunan Pelaksana D.III Pajak II/c 1
24 Teknik Bangunan dan Perumahan Pertama S1 / D.IV Teknik Sipil/Teknik Geodesi/Planologi/Teknik Lingkungan/Teknik Arsitektur III/a 1
25 Penata Ruang Pertama S1 Arsitektur III/a 1

PERSYARATAN UMUM.

  • Warga Negara Indonesia;
  • Berusia serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya 35 (tiga puluh lima) tahun pada tanggal 1 Januari 2015;
  • Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan Keputusan Pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena suatu tindakan pidana kejahatan;
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
  • Tidak berkedudukan sebagai calon/Pegawai Negeri Sipil;
  • Mempunyai pendidikan, kecakapan, keahlian dan keterampilan yang diperlukan;
  • Berkelakuan baik;
  • Sehat jasmani dan rohani;
  • Bersedia ditempatkan di seluruh Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh pemerintah; dan
  • Syarat lain yang ditentukan dalam persyaratan jabatan.

PERSYARATAN KHUSUS

  • a. Pelamar yang telah melakukan perekaman KTP elektronik namun belum menerima fisik KTP elektronik, wajib melampirkan Surat Keterangan dari Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten/Kota tempat pelamar melaksanakan perekaman KTP elektronik.
  • b. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 (dua koma tujuh lima)
  • c. Pelamar Jabatan Tenaga Kesehatan :
    • 1. Tidak buta warna;
    • 2. Memiliki Surat Tanda Registrasi (STR)/Surat Ijin Perawat (SIP)/Surat Ijin Bidan (SIB) yang masih berlaku;
  • d. Bersedia ditempatkan pada semua SKPD/UPT Pemerintah Kota Surakarta;
  • e. Bersedia tidak mengajukan permohonan pindah ke luar Instansi Pemerintah Kota Surakarta, kecuali telah memiliki masa kerja aktif sekurang-kurangnya 8 (delapan) tahun terhitung sejak Pengangkatan CPNS;
  • f. Bersedia dinyatakan tidak memenuhi syarat/gugur dan tidak akan mengajukan keberatan/aduan apabila terdapat ketidaksesuaian antara data registrasi pendaftaran (NIK) dan atau data input pendaftaran peserta dan atau berkas administrasi sesuai ketentuan;
  • g. Pelamar hanya dapat mendaftar 1 (satu) kali di portal nasional CPNS 2014, satu kali kesempatan mengikuti tes dan hanya dapat memilih 1 (satu) formasi jabatan.

Catatan:

  • Bahan latihan CAT CPNS : Klik Disini
  • Legalisir dokumen diatur dengan ketentuan sebagai berikut :
    • a. Legalisir harus tanda tangan asli oleh pejabat yang berwenang dan distempel instansi/lembaga setelah dilakukan verifikasi sesuai dengan fakta dan data atau dokumen aslinya;
    • b. Legalisir dengan men-scan dokumen asli dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat;
    • c. Pelamar agar melakukan pengecekan kelengkapan keseluruhan berkas dan memastikan legalisir sudah sesuai dengan ketentuan.
  • Panitia hanya memproses berkas pendaftaran yang dikirim melalui PT. POS Indonesia.
    Pengiriman berkas administrasi pendaftaran dilakukan dengan cara datang langsung sesuai jam kerja PT. POS Indonesia.
  • Biaya pengiriman berkas administrasi pendaftaran dan balasan menjadi tanggungjawab pelamar.
  • Bagi pelamar yang mendaftar lebih dari satu jabatan, maka kelulusan didasarkan pada prioritas formasi jabatan yang dilamar.
  • Bagi pelamar yang terbukti melakukan perjokian dan atau memberikan Keterangan yang tidak sesuai, dinyatakan TIDAK LULUS/GUGUR dan akan diproses sesuai ketentuan yang berlaku.
    Seluruh dokumen yang telah diserahkan, menjadi milik Tim Pengadaan CPNS Pemerintah Kota Surakarta Formasi Tahun 2014 dan tidak dapat diminta kembali.
  • Pelamar tidak dipunggut biaya apapun.
  • Keputusan Tim Pengadaan CPNS Pemerintah Kota Surakarta Formasi Tahun 2014 tidak dapat diganggu gugat.
  • Tata Cara Pendaftaran, silakan download Klik Disini

Lowongan CPNS Kota Solo persembahan dari Pusat Info CPNS.

Share