Lowongan CPNS Sumbar 2014 Sudah Diusulkan Ke Pusat

Share
Advertisement

SumbarLowongan CPNS Sumbar 2014 – Kabar bagus untuk peminat CPNS Di Sumatera Barat, pasalnya untuk tahun 2014 ini Sumatera Barat kemungkinan besar akan membuka Lowongan CPNS.

Pemprov Sumbar akan mengusulkan formasi CPNS 2014 sebanyak 2.149 orang ke ke Menteri Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Men PAN RB). Pengajuan formasi sesuai kebutuhan karena banyaknya PNS yang pensiun, serta dampak diberlakukannya kebijakan moratarium PNS beberapa tahun lalu.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumbar Jayadisman mengatakan, usulan formasi CPNS 2014 tersebut akan diusulkan ke Kemen PAN RB. Dirinya juga akan menjemput Nomor Induk Pegawai (NIP) CPNS dari pelamar umum ke kantor Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Regional Pekanbaru.

Ia mengatakan, tahun ini pemerintah telah memberikan kesempatan bagi daerah yang masih kekurangan PNS, untuk mengajukan permohonannya. Namun, keputusan berapa formasi yang disetujui tergantung Kemen PAN-RB. “Prinsipnya kami mengajukan usulan, dikabulkan atau tidak usulan kami, tergantung Kemen PAN-RB,” ujarnya, Sabtu (8/3).

Jayadisman mengungkapkan dari 2.149 formasi yang diusulkan, prioritas jabatan fungsional tertentu (JFT) 80 persen dan jabatan fungsional umum (JFU) 20 persen. “Itu total formasi yang kami usulkan untuk penerimaan CPNS tahun ini,” ucapnya.

Tahun lalu, Sumbar mendapatkan formasi CPNS sebanyak 193 formasi CPNS. Namun, dari angka itu, tak seluruh formasi terpenuhi. Sedikitnya, 45 formasi dari193 formasitidak terisi. Hal itu akibat tidak adanya peserta ujian CPNS yang memenuhi standar nilai kelulusan atau passing grade yang telah ditetapkan Kemen PAN-RB.

Di antara formasi yang tidak terisi penuh dan nihil adalah guru sentra listik, guru tata boga, perawat dan perawat anestasi, dan lainnya. Dengan tidak adanya peserta CPNS memenuhi standar nilai aman batas tersebut, maka tidak ada pengisian terhadap formasi itu. “Ya kita, tak bisa berbuat apa-apa. Ini sudah ketentuan pusat. Menurut pusat, formasi Sumbar yang tidak terisi tahun lalu menjadi tabungan Sumbar untuk pengajuan formasi pada tahun berikutnya,” ujarnya.

Share