Lowongan CPNS Salatiga Kota

Share
Advertisement

Salatiga KotaLowongan CPNS Kota Salatiga – Formasi, Persyaratan, Penerimaan, Pendaftaran. Kota Salatiga adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Tengah. Kota ini berbatasan sepenuhnya dengan Kabupaten Semarang. Salatiga terletak 49 km sebelah selatan Kota Semarang atau 52 km sebelah utara Kota Surakarta, dan berada di jalan negara yang menghubungan Semarang-Surakarta. Salatiga terdiri atas 4 kecamatan, yakni Argomulyo, Tingkir, Sidomukti, dan Sidorejo. Kota ini berada di lereng timur Gunung Merbabu, sehingga membuat kota ini berudara cukup sejuk. Mulai tahun 2014 direncanakan pemekaran wilayah di dalam kota Salatiga segera terwujud, yaitu membagi kelurahan Kutowinangun menjadi 2 wilayah sehingga menjadi kelurahan Kutowinangun Lor (utara) dan Kelurahan Kutowinangun Kidul (selatan) mengingat wilayah yang luas dan jumlah penduduk yang padat serta permintaan dari warga sebagai latar belakang pemekaran wilayah dan sudah diajukan kepada pemerintah negara Republik Indonesia. Dari letak administratif yang ada menjadikan kota Salatiga menduduki peringkat luas wilayah ke-18 kotamadya terkecil di Indonesia.

Dahulu kala di daerah pedalaman, memerintahlah seorang bupati bernama Ki Ageng Pandan Arang (Pandanaran). Ia hanya memuaskan diri dengan kekayaannya. Dan memeras rakyat dengan menarik pajak yang berlebihan. Pada suatu hari, Ki Ageng Pandan Arang, bertemu dengan Pak tua, tukang rumput. Kemudian Ki Ageng meminta rumput yang Pak tua bawa. Namun Pak tua menolaknya dengan alasan untuk ternaknya. Tetapi Ki Ageng tetap memintanya dan Ki Ageng menggantinya dengan sekeping uang. Tanpa diketahui Ki Ageng Pandan Arang, Pak tua menyelipkan kembali uang itu dalam tumpukan rumput yang akan dibawa. Dan hal tersebut terjadi berulang-ulang. Sampai suatu kali Sang bupati menyadari perbuatan Pak tua tersebut. Dan marahlah ia dan menganggap bahwa Pak tua telah menghinanya.

Pada saat itu, tiba-tiba Pak tua berubah wujud menjadi Sunan Kalijaga seorang pemimpin agama yang dihormati bahkan oleh raja-raja. Maka bupati Pandanaran pun sujud menyembah dan memohon untuk memaafkan kekhilafannya. Akhirnya Sunan Kalijaga memaafkannya, namun dengan syarat Ki Ageng harus meninggalkan seluruh hartanya dan mengikuti Sunan Kalijaga pergi mengembara.

Namun istri bupati melanggar, ia membawa emas dan berlian dan memasukkannya ke dalam tongkat. Dan di tengah perjalanan mereka dicegat sekawanan perampok. Sunan Kalijaga menyuruh perampok itu untuk mengambil harta yang dibawa istri bupati. Dan akhirnya perampok itu pergi dan merebut tongkat yang berisi emas dan berlian.

Setelah perampok itu pergi Sunan Kalijaga berkata,Aku akan menamakan tempat ini Salatiga karena kalian telah membuat tiga kesalahan. Pertama, kalian sangat kikir. Kedua kalian sombong. Ketiga kalian telah menyengsarakan rakyat. Semoga tempat ini menjadi tempat yang baik dan ramai nantinya.

PENGUMUMAN
Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil / Calon Aparatur Sipil Negara (CPNS / CASN)
Pemerintah Kota Salatiga (Pemkot Salatiga)
Formasi Tahun Anggaran 2014 – 2015

Dalam rangka pelaksanaan Reformasi Birokrasi dibidang manajemen SDM aparatur dan mewujudkan reformasi sistem pengadaan Aparatur Sipil Negara berbasis kompetensi, yang dilaksanakan secara transparan, objektif, kompetitif, akuntabel, tidak diskriminatif, dan bebas dari praktek KKN maka Pemerintah Kota Salatiga – Pemkot Salatiga akan mengadakan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi Tahun Anggaran 2014.

Formasi CPNS Kota Salatiga 2014

NO. JABATAN PENDIDIKAN GOL./RUANG ALOKASI
Jumlah 57
TENAGA KESEHATAN 4
1 Dokter Spesialis THT Pertama Dokter Spesialis THT + STR III/b 1
2 Dokter Spesialis Bedah Pertama Dokter Spesialis Bedah +STR III/b 1
3 Penyuluh Kesehatan Masyarakat Pertama S1 Kesehatan Masyarakat III/a 2
TENAGA TEKNIS 53
1 Assessor SDM Aparatur S1 Psikologi III/a 1
2 Auditor Pertama S1 Akuntansi III/a 1
3 Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintah di Daerah Pertama S1 Teknik Sipil III/a 1
4 Mediator Hubungan Industrial Pertama S 1 Hukum III/a 1
5 Pengawas Ketenagakerjaan S 1 Hukum III/a 1
6 Penyuluh Keluarga Berencana Pertama S1 Hukum Islam III/a 2
S1 Kesehatan Masyarakat III/a 2
8 Analis Kebijakan Pertama S1 Semua Jurusan Kecuali Pendidikan/Kesehatan III/a 3
9 Arsiparis Pelaksana D3 Kearsipan II/c 1
10 Pustakawan Pelaksana D3 Ilmu Perpustakaan II/c 2
11 Penyuluh Pertanian Pelaksana D3 Pertanian II/c 2
12 Penilai Pajak Bumi dan Bangunan Pelaksana D3 Perpajakan II/c 2
13 Pranata Komputer Pelaksana D3 Ilmu Komputer II/c 9
14 Penguji Kendaraan Bermotor Pelaksana D2 PKB II/b 1
15 Analis Pembangunan S1 Teknik Sipil III/a 4
16 Arsitek S1 Arsitek Jurusan Arsitek Lanskap III/a 1
17 Analis Pemberdayaan Masyarakat S1 Sospol Jurusan Ilmu Pemerintahan III/a 1
18 Analis Pengaduan Masyarakat S1 Sospol Jurusan Komunikasi III/a 2
19 Analis Penyusun Penyiapan Lahan S1 Kehutanan III/a 1
20 Analis Pengembangan Wilayah S1 Planologi III/a 1
21 Analis Media dan Jurnalistik S1 Jurnalistik/S1 Sospol Jurusan Komunikasi III/a 1
22 Bendahara D3 Akuntansi II/c 4
23 Pengadministrasi Umum D3 Sospol Jurusan Administrasi Negara/ II/c 6
Administrasi Publik/ D3 Akuntansi
24 Teknisi Peralatan, Listrik dan Elektronika D3 Listrik II/c 3

PERSYARATAN UMUM

  • Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Warga Negara Indonesia.
  • Berusia serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya 35 (tigapuluh lima) tahun pada tanggal 1 Desember 2014.
  • Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS, Calon/Anggota TNI/POLRI.
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil/ anggota TNI/POLRI atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  • Tidak pernah dihukum kurungan atau penjara berdasarkan keputusan Pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap.
  • Memenuhi persyaratan kualifikasi pendidikan, kecakapan, keahlian dan keterampilan yang diperlukan sesuai dengan formasi.
  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Berkelakuan baik.

PERSYARATAN KHUSUS

  1. Lulusan yang berasal dari Universitas/Perguruan Tinggi Negeri/Swasta dengan Akreditasi minimal B.
  2. Ijazah yang tidak mencantumkan Akreditasi harus melampirkan Surat Keterangan Akreditasi Universitas/Perguruan Tinggi yang bersangkutan.
  3. Pelamar bukan lulusan dari Program Studi Kependidikan. Khusus untuk jabatan Analis Kebijakan bukan dari Program Studi Kependidikan dan Program Studi Kesehatan.
  4. Lulusan dari Perguruan Tinggi Luar Negeriwajib melampirkan Surat Pengesahan Ijazah dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI).
  5. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) untuk pelamar minimal 3,00 (tiga koma nol nol).
  6. Bagi lulusan S1 transfer dari Program Diploma diwajibkan yang linear dan harus melampirkan Salinan Ijazah dan Salinan Transkrip Nilai Program Diploma.
  7. Bagi jabatan Dokter Spesialis harus memilikiIjazah Profesi Dokter Spesialis dan Surat Tanda Registrasi (STR).
  8. Surat Keterangan Lulus dan Ijazah Sementara tidak dapat dipergunakan sebagai syarat mendaftar.
  9. Khusus untuk jabatan Teknisi Peralatan, Listrik dan Elektronika yang akan ditugaskan sebagai Petugas Pemadam Kebakaran yang dibutuhkan adalah jenis kelamin laki-laki, tidak cacat fisik, tinggi badan minimal 165 cm dan tidak buta warna, dibuktikan dengan
  10. Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah.
  11. Pelamar hanya diperkenankan untuk mendaftar 1 (satu) Nama Jabatan.

TATA CARA PENDAFTARAN

1. Pengumuman Seleksi Pengadaan CPNS Pemerintah Kota Salatiga dimulai tanggal 10 s.d 23 September 2014 yang dapat dilihat melalui websitehttps://panselnas.menpan.go.id.
2. Pendaftaran dimulai tanggal 11 s.d 23 September 2014 dengan menggunakan media internet (online registration) melalui websitehttps://panselnas.menpan.go.idatauhttp://sscn.bkn.go.id yang terintegrasi secara nasional.Pelamar hanya diperkenankan untuk mendaftar 1 (satu) Jabatan.
3. Pelamar mengirimkan Surat Lamaran beserta berkas pendukung melalui PT POS INDONESIA dengan alamat PO BOXCPNS KOTA SALATIGA 2014.
4. Surat Lamaran ditujukan kepada Walikota Salatiga,ditandatangani dan berbahasa Indonesia.dengan melampirkan1 (satu) rangkap berkas/dokumen sebagai berikut:
a. Kartu Tanda Bukti Registrasi Pendaftaran Online;
b. Pas photo berwarna terbaru ukuran 3 x 4 cm sebanyak 1 (satu) lembar (pas photo ditulisi nama dan alamat pelamar disebaliknya) ditempel di Kartu Tanda Bukti Registrasi Pendaftaran Online;
c. Fotocopy KTPyang masih berlaku, diperbesar 200% dan dilegalisir oleh Pejabatyang berwenang(Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau Camat atau Lurah atau Pejabat yang ditunjuk). Bagi Pelamar yang belum memiliki KTP wajib melampirkan Fotocopy Surat Keterangan yang dilegalisirdari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota tempat pelamar melaksanakan perekaman KTP;
d. Fotocopy Ijazah dan Transkrip Nilai yang dilegalisir oleh Pejabat yang berwenang dengan tanda tangan asli dan stempel basah. Surat Keterangan Lulus/ Ijazah Sementara tidak berlaku;
e. Surat Keterangan Akreditasi Universitas/Perguruan Tinggi untuk yang tidak mencantumkan Akreditasi pada Ijazah;
f. Bagi Pelamar jabatan Dokter Spesialis melampirkan Ijazah Profesi dan STR yang dilegalisiroleh Pejabat yang berwenang;
g. Bagi Pelamar lulusan S1 lanjutan dari Program Diploma melampirkan fotocopy Ijazah dan Transkrip Nilai Program Diploma yang telah dilegalisir oleh Pejabat yang berwenang;
h. Bagi Pelamar lulusan dari Perguruan Tinggi Luar Negeri wajib melampirkan Surat Pengesahan Ijazah dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI);
i. Bagi Pelamar jabatan Teknisi Peralatan, Listrik dan Elektronika yang akan ditugaskan sebagai Petugas Pemadam Kebakaran harus melampirkan Surat Keterangan Sehat, tidak cacat fisik, tinggi badan minimal 165 cm dan tidak buta warna dari Dokter Pemerintah.

Catata

  1. Tes TKD akan dilaksanakan dengan sistem CAT. Bahan latihan CAT : Klik Disini
  2. Surat Lamaran dan berkas persyaratan sebagaimana tersebut diatas dimasukkan dalam amplop tertutup ukuran 35 x 25 cm.
  3. Pengiriman Surat Lamaran dan berkas pendukung harus diterima oleh Panitia Pengadaan CPNS paling lambat 3 hari cap pos setelah hari pendaftaran terakhir, setelah tanggal tersebut dinyatakan gugur.
  4. Sumber

Lowongan CPNS Kota Salatiga persembahan dari Pusat Info CPNS

Share