Lowongan CPNS Purbalingga Kab

Share
Advertisement

PurbalinggaLowongan CPNS Kabupaten Purbalingga – Formasi, Persyaratan, Penerimaan, Pendaftaran. Kabupaten Purbalingga adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Purbalingga. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Pemalang di utara, Kabupaten Banjarnegara di timur dan selatan, serta Kabupaten Banyumas di barat dan selatan.

Terletak pada 101° 11″ BT – 109°35″ BT dan 7°10″ LS – 7°29 LS” terbentang pada altitude ± 40 – 1.500 meter diatas permukaan laut dengan dua musim yaitu musim Hujan antara April – September dan musim Kemarau antara Oktober – Maret. Secara umum Purbalingga termasuk dalam iklim tropis dengan rata-rata curah hujan 3,739 mm – 4,789 mm per tahun. Jumlah curah hujan tertinggi berada di Kecamatan Karangmoncol, sedangkan curah hujan terendah di Kecamatan Kejobong. Suhu udara di wilayah Kabupaten Purbalingga antara 23.20° C – 32.88° C dengan rata-rata 24.49° C.

Purbalingga berada di cekungan yang diapit beberapa rangkaian pegunungan. Di sebelah utara merupakan rangkaian pegunungan (Gunung Slamet dan Dataran Tinggi Dieng). Bagian selatan merupakan Depresi Serayu, yang dialiri dua sungai besar Kali Serayu dan anak sungainya, Kali Pekacangan. Anak sungai lainnya yaitu seperti Kali Klawing, Kali Gintung, dan anak sungai lainnya. Ibu kota Kabupaten berada di Purbalingga, sekitar 21 km sebelah timur laut Purwokerto.

Makanan yang paling dikenal di Purbalingga adalah mendoan, ini adalah makanan yang dibuat dari tempe kedelai. Istimewanya, pembuatan mendoan diproses mulai dari saat membuat tempenya, jadi mendoan tak bisa dibuat dari sembarang tempe. Tempe mendoan adalah tempe tipis yang dibuat melebar/meluas. Untuk membuat mendoan, tempe ini diberi tepung yang dibumbu garam, ketumbar dan daun bawang. Digoreng sebentar sehingga masih terasa lunak, bila digoreng agak lama akan menjadi tempe “muledi” yang sedikit agak liat. Lebih lama lagi sampai kering maka disebut tempe “keripik”.

Purbalingga juga dikenal sebagai tempat pabrik Slamet, yang memproduksi permen Davos sejak tahun 1931, permen ini sangat dikenal sejak zaman dulu. Oleh-oleh istimewa lainnya apalagi kalau bukan kacang mirasa. Penampilannya bolehlah gosong dan mirip kacang kulit khas pedesaan. Tapi rasanya? Banyak orang ketagihan untuk membelinya dan membawanya sebagai oleh-oleh. Berbeda dnegan kacang kulit pabrikan, kacang mirasa dibuat dengan cara merendamnya pada air sehari semalam. Keesokan harinya dilumuri garam dan dibiarkan dalam bak selama sehari semalam juga. Besoknya baru direndam air lagi selema sehari semalam. Kemudian dijemur di bawah sinar matahari, baru setelah kering disangrai dengan pasir. Jadilah kacang khas Purbalingga yang renyak dan ‘kemlithik’.

Sroto (nama sebutan soto untuk wilayah Purbalingga dan Banyumas) juga terkenal. Perbedaan mendasar sroto dengan soto pada umumnya terletak pada sambalnya yaitu sambal kacang yang pedas legit, menggunakan ketupat bukan nasi, serta ditaburi suwiran daging dan remasan krupuk. Beda Sroto Sokaraja dengan Sroto Purbalingga juga bisa dilihat dari kerupuknya. Umumnya Sroto Sokaraja menggunakan krupuk warna warni, sedangkan Sroto Purbalingga menggunakan krupuk merah putih. Sroto Purbalingga yang kesohor terutama sroto kriyiknya . Di sini setelah daging ayam disuwir untuk sroto maka “rongkong”nya (tulang dada) digoreng kering dan disajikan sebagai lauk sroto. Rasanya garing dan kriyik-kriyik, itu sebabnya disebut sroto kriyik. Selain sroto kriyik, ada juga sroto so yang tak kalah nikmat. Sroto So ini mirip pada umumnya sroto khas Purbalingga, hanya saja ada tambahan daun melinjo atau yang biasa disebut ‘so’ yang menambah cita rasa unik makanan berkuah ini, lokasinya sekitar 4 KM dari pusat kota yaitu berada di desa Bojong. Sroto khas lainnya biasa disebut sesuai lokasinya, seperti Sroto Bancar dan Sroto Jatisaba.

Ada lagi makanan khas yang sering diburu orang ketika bertandang ke Purbalingga, yaitu Buntil. Buntil ini dibuat dari kukusan daun keladi, daun pepaya atau daun singkong yang diisi parutan kelapa dicampur ikan teri, diberi bumbu bawang, cabai, lengkuas, asam, garam, dsb. Cara penyajiannya, buntil disiram kuah pedas berbahan utama santan dan cabai merah, lengkap dengan cabai rawit dibiarkan utuh, tidak diiris. Sangat nikmat dimakan saat hangat dengan nasi yang baru tanak. Untuk oleh-oleh, sebaiknya beli Buntil yang tidak bersantan, karena bisa tahan sampai seminggu. Buntil hampir selalu tersedia di setiap pasar pagi di berbagai pelosok Kabupaten Purbalingga. Namun yang paling terkenal Buntil Pasar Kutasari. Untuk mendapatkan semangkuk buntil di Pasar Kutasari, orang rela mengantri sejak pagi.

Sate Blater juga bisa menjadi menu pilihan lain yang khas dari Purbalingga. Disebut Sate Blater karena asal muasal sate ini dari Desa Blater, Kecamatan Kalimanah. Meski sama-sama sate ayam, Sate Blater sedikit berbeda dengan sate madura atau sate ayam lainnya. Perbedaannya terletak pada cara memasaknya. Jika pada umumnya sate dibakar saat daging masih mentah, kalau sate blater sebelum dibakar harus direndam dalam bumbu rahasia racikan khas orang-orang Desa Blater, dan saat dibakarpun masih berkali-kali dilumuri bumbu yang sama. Sehingga cita rasanya memang sangat terasa hingga gigitan terakhir. Proses memasak yang berbeda, membuat sate ini juga kuat disimpan hingga tiga hari. bahkan jika disimpan di lemari pendingin bisa lebih lama lagi.

Selain makanan, Purbalingga juga dikenal dengan es duriannya yang selalu membuat kangen. Meskipun saat ini banyak yang meniru, tidak ada yang menandingi rasa khas es durian Tugu Bancar racikan Pak Kasdi. Di dalam semangkuk es durian, daging buah durian disiram gula merah cair dan santan kelapa segar, ditambah serutan es batu hingga menggunung. Tak berhenti sampai disitu, gunungan es durian itu masih disiram susu kental manis dan sesendok cokelat panas.

Ada juga kue Nopia, asalnya juga dari Purbalingga, sekitar tahun 50-an keluarga Ting Lie Liang memulai usaha bikin penganan nopia yang juga disebut telor gajah. Bantuknya putih dari tepung terigu berisi gula Jawa. Ada juga nopia mini yang biasa disebut mino. Baik nopia maupun mino tersedia dalam berbagai rasa, seperti rasa durian, rasa nana, rasa stroberi dan yang rasanya paling unik rasa bawang merah.

PENGUMUMAN
Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil / Calon Aparatur Sipil Negara (CPNS / CASN)
Pemerintah Kabupaten Purbalingga (Pemkab Purbalingga)
Formasi Tahun Anggaran 2014

Dalam rangka pelaksanaan Reformasi Birokrasi dibidang manajemen SDM aparatur dan mewujudkan reformasi sistem pengadaan Aparatur Sipil Negara berbasis kompetensi, yang dilaksanakan secara transparan, objektif, kompetitif, akuntabel, tidak diskriminatif, dan bebas dari praktek KKN maka Pemerintah Kabupaten Purbalingga – Pemkab Purbalingga akan mengadakan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi Tahun Anggaran 2014.

Formasi CPNS Kabupaten Purbalingga 2014

NO. JABATAN PENDIDIKAN GOL./RUANG ALOKASI
Jumlah 40
TENAGA PENDIDIKAN :
1 Guru Kelas SD Pertama S-1 PGSD / PGMI III/a 7
2 Guru Penjasorkes Pertama S-1 Penjasorkes III/a 2
3 Guru Agama Islam Pertama S-1 Pendidikan Agama Islam III/a 1
4 Guru Bahasa Inggris Pertama S-1 Pendidikan Bahasa Inggris III/a 1
5 Guru Bahasa Muatan Lokal Pertama S-1 Pendidikan Bahasa Jawa III/a 1
6 Guru Matematika Pertama S-1 Pendidikan Matematika III/a 1
7 Guru Bimbingan Konseling Pertama S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling III/a 2
TENAGA KESEHATAN :
8 Dokter Umum Pertama Dokter Umum III/b 4
9 Dokter Gigi Pertama Dokter Gigi III/b 3
10 Perawat Pertama S-1 Keperawatan + Ners III/a 2
TENAGA TEKNIS :
11 Satuan Polisi Pamong Praja Pelaksana D-III (Semua Jurusan) II/c 2
12 Penilai Pajak Bumi dan Bangunan Pelaksana D-III Perpajakan II/c 2
13 Penguji Kendaraan Bermotor Pelaksana D-II Jurusan Penguji Kendaraan Bermotor II/b 1
14 Penyuluh Pertanian Pertama S-1 Pertanian III/a 1
15 Penyuluh Perikanan Pertama S-1 Perikanan III/a 1
16 Penyuluh Keluarga Berencana Pertama S-1 Kesehatan III/a 2
17 Pengawas Ketenagakerjaan Pertama S-1 Hukum III/a 1
18 Teknik Pangairan Pertama S-1 Teknik Sipil III/a 1
19 Teknik Jalan dan Jembatan Pertama S-1 Teknik Sipil III/a 1
20 Penata Ruang Pertama S-1 Planologi III/a 1
21 Auditor Pertama S-1 Akuntansi, Ekonomi Manajemen III/a 2
22 Penggerak Swadaya Masyarakat Pertama S-1 (Semua Jurusan) III/a 1

PERSYARATAN UMUM.

  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Berusia serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya 35 (tiga puluh lima) tahun pada tanggal 1 Januari 2015;
  3. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan;
  4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagaiPegawai Negeri Sipil atau diberhentikan tidak dengan horma tsebagai pegawai swasta;
  5. Tidak berkedudukan sebagai Calon /Pegawai Negeri;
  6. Mempunyai pendidikan, kecakapan, keahlian dan ketrampilan yang diperlukan;
  7. Berkelakukan baik;
  8. Sehat jasmani dan rohani;
  9. Bersedia ditempatkan diseluruh Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh pemerintah; dan
  10. Syarat lain yang ditentukan dalam persyaratan jabatan.

PERSYARATAN KHUSUS

  • Indesks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.00 (tiga koma nol-nol) untuk lulusan D.III, S.1, Dokter Umum dan Dokter Spesialis.
  • Pelamar Jabatan Satpol PP tinggi badan minimal Pria 160 cm, dan Wanita 155 cm.
  • Pelamar Jabatan Tenaga Kesehatan :
    • 1. Tidak buta warna.
    • 2. Memiliki Surat Tanda Registrasi (STR)/Surat Ijin Perawat (SIP)/Surat Ijin Bidan (SIB) yang masih berlaku.
  • Bersedia ditempatkan pada semua SKPD/Unit Kerja Pemerintah Kabupaten Purbalingga.
  • Bersedia tidak mengajukan permohonan pindah kecuali telah memiliki masa kerja aktif sekurang-kurangnya 8 (delapan) tahun terhitung sejak pengangkatan CPNS.
  • Bersedia dinyatakan tidak memenuhi syarat/gugur dan tidak akan mengajukan keberatan/aduan apabila terdapat ketidaksesuaian antara data registrasi pendaftaran (nama dan NIK) dan atau data input pendaftaran peserta dan atau berkas administrasi sesuai ketentuan.
  • Pelamar dapat mendaftar paling banyak 2 (dua) formasi jabatan.

TATA CARA PENDAFTARAN :
Pendaftaran dimulai tanggal 10 September 2014 s.d 23 September 2014dengan menggunakan media Internet (on line registration), dengan tata cara :
a. Masuk ke portal panselnas di https://panselnas.menpan.go.id untuk melakukan pendaftaran dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Tanggal Lahir, Instansi yang dipilih dan e-mail pelamar. Panselnas akan memberikan username & password via e-mail.
b. Log in ke http://sscn.bkn.go.id mulai tanggal 11 September 2014,dengan mengisi username & password yang sudah dikirim via e-mail.
- Klik DAFTAR untuk mengisi formulir pendaftaran.
- Pastikan isian data pribadi pada formulir pendaftaran sesuai dengan KTP.
- Pastikan isian jabatan sesuai dengan kualifikasi pendidikan.
- Klik check box mengenai kebenaran data yang telah dimasukkan.
- Masukkan kode captcha yang tertera.
- Klik tombol DAFTAR untuk memproses pendaftaran dan mendapatkan nomor registrasi.
- Cetak tanda bukti pendaftaran.
c. Peserta wajib mengirimkan tanda bukti pendaftaran dan berkas lamaran (dalam amplop tertutup urukuran 35 x 25 cm) kepada Bupati Purbalingga melalui PT. POS INDONESIA dengan alamat PO BOX CPNS KABUPATEN PURBALINGGA 2014mulai tanggal 11 September 2014 s.d 23 September 2014. Berkas lamaran yang dikirim terdiri dari :
1. Hasil Cetak tanda bukti pendaftaran;
2. Surat Lamaran yang ditujukan kepada Bupati Purbalingga, ditulis/diketik dengan tinta warna hitam dan ditandatangani serta berbahasa Indonesia. Dalam surat lamaran harus mencantumkan identitas pelamar (nama, tempat/tgl.lahir, pendidikan, alamat, nomor telepon) serta jabatan yang dilamar;
3. Pas Photo berwarna ukuran 4 x 3 cm sebanyak 4 (empat) lembar (tulis nama, tgl lahir dibelakang pas photo);
4. Foto copy e-KTP /KTP yang masih berlaku (diperbesar 200%) dilegalisir oleh pejabat yang berwenang serendah-rendahnya kepala desa/lurah dan apabila pelamar belum memiliki e-KTP wajib melampirkan :
- Fotocopy Surat Keterangan dari Camat apabila sudah melaksanakan perekaman e-KTP;
- Fotocopy Surat Keterangan dari Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten/Kota apabila belum pernah melaksanakan perekaman e-KTP.
5. Foto copy ijazah (dan aktauntuk guru) serta transkrip nilai,dilegalisir/disahkan oleh pejabat yang berwenang dengan tanda tangan asli dan stempel basah;
6. Asli Surat berbadan sehat dari dokter pemerintah terbaru (asli)yang mencantumkan :
- keterangan tinggi badan bagi pelamar Satpol PP;
- keterangan tidak buta warna bagi pelamar tenaga kesehatan.
7. Foto copy SIP/STR dilegalisir oleh pejabat yang berwenang dengan tanda tangan asli dan stempel basah bagi pelamar tenaga kesehatan.
8. Surat Pernyataan bermaterai Rp. 6.000,- yang menyatakan :
a) Bersedia ditempatkan pada semua SKPD/Unit Kerja Pemerintah Kabupaten Purbalingga.
b) Bersedia tidak mengajukan permohonan pindah tempat bekerja sebelum memiliki masa kerja sekurang-kurangnya 8 (delapan) tahun terhitung sejak Pengangkatan CPNS.
c) Bersedia dinyatakan tidak memenuhi syarat/gugur dan tidak akan mengajukan keberatan/aduan apabila terdapat ketidaksesuaian antara data registrasi pendaftaran (nama dan NIK) dan atau data input pendaftaran peserta dan atau berkas administrasi sesuai ketentuan
9. Amplop ukuran 11 x 23 cm berperangko sesuai ketentuan PT. POS INDONESIA untuk surat balasan/jawaban hasil seleksi berkas lamaran yang sudah ditulis nama, alamat lengkap dan nomor telepon/HP.

KETENTUAN LAIN-LAIN :

  1. Tes TKD menggunakan metode CAT. Bahan latihan CAT : Klik Disini
  2. Berkas pendaftaran/lamaran CPNS yang dikirimkan diluar jadwal yang ditentukan dan atau dikirim tidak melalui PT. POS Indonesia tidak akan diproses dan dinyatakan tidak memenuhi syarat
  3. Berkas lamaran tidak dikembalikan kepada pelamar dan menjadi milik panitia;
  4. Bagi pelamar yang terbukti melakukan perjokian dan atau memberikan keterangan yang tidak benar, dinyatakan TIDAK LULUS/GUGUR dan akan diproses sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
  5. Keputusan Tim Pengadaan CPNS Pemerintah Kabupaten Purbalingga Tahun 2014 tidak dapat diganggu gugat.
  6. Sumber

Lowongan CPNS Kab Purbalingga persembahan dari Pusat Info CPNS

Share