Lowongan CPNS Pekalongan Kab

Share
Advertisement

Pekalongan KabLowongan CPNS Kabupaten Pekalongan – Formasi, Persyaratan, Penerimaan, Pendaftaran. Kabupaten Pekalongan adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Kajen . Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa dan Kota Pekalongan di utara, Kabupaten Batang di timur, Kabupaten Banjarnegara di selatan, serta Kabupaten Pemalang di barat.

Pekalongan berada di jalur pantura yang menghubungkan Jakarta-Semarang-Surabaya. Angkutan umum antarkota dilayani oleh bus dan kereta api (di Kota Pekalongan).

Kata Pekalongan berasal kata kalong, yang berarti “kelelawar” dalam bahasa Jawa. Menurut legenda, Raden Bahu (bupati Kendal I), seorang abdi dalem Sultan Agung, diberi perintah oleh Sultan Agung untuk membangun sebuah daerah di sebelah barat Kota Kendal,Raden Bahu pun melakukan tapa ngalong (bertapa seperti kelelawar) di daerah ini.

Bagian utara Kabupaten Pekalongan merupakan dataran rendah; sedang di bagian selatan berupa pegunungan, bagian dari rangkaian Dataran Tinggi Dieng. Sungai-sungai besar yang mengalir diantaranya adalah Kali Sragi dan Kali Sengkarang beserta anak-anak sungainya, yang kesemuanya bermuara ke Laut Jawa. Kajen, ibukota Kabupaten Pekalongan, berada di bagian tengah-tengah wilayah kabupaten, sekitar 25 km sebelah selatan Kota Pekalongan.

Kabupaten Pekalongan terdiri atas 19 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah 272 desa dan 13 kelurahan. Pusat pemerintahan berada di Kecamatan Kajen.

Kajen, dulunya merupakan kota kecamatan yang telah dikembangkan menjadi ibukota kabupaten yang baru, menggantikan Pusat Pemerintahan Kabupaten Pekalongan yang berlokasi di Jl. Nusantara Nomor 1 Kota Pekalongan. Kepindahan Ibukota Kabupaten Pekalongan ke Kajen, dilaksanakan pada tanggal 25 Agustus 2001, walaupun SK mendagri sudah diterbitkan pada tahun 1996. Hal ini terkait dengan pembangunan sarana dan prasarana fasilitas pemerintah di Kota Kajen yang dilaksanakan secara bertahap.

Pekalongan telah lama dikenal sebagai kota batik, dan salah satu pusat produksi batik berada di Kecamatan Buaran dan Wiradesa. Beberapa nama produsen batik yang cukup dikenal diantaranya Batik Humas (singkatan dari Husein Mohammad Assegaff). Sedangkan pabrik sarung (kain palekat) terkenal di Pekalongan antara lain Gajah Duduk dan WadiMoor.

Di bagian selatan terdapat daerah wisata pegunungan Linggo Asri, terletak 37 km sebelah selatan Kota Pekalongan arah Kajen (dari jalan Jakarta-Semarang pertigaan Wiradesa ke selatan atau dari kota Pekalongan arah Buaran), dimana daerah tersebut terdapat pemandian dan taman bermain seta wisata hutan pinus milik Perum Perhutani dan juga terdapat komunitas masyarakat Hindu di Pekalongan.Disini terdapat peninggalan berupa lingga dan yoni yang terletak sekitar 500 meter dari kompleks pemandian linggo asri.

Sebenarnya masih banyak potensi wisata yang dapat dikembangkan di Kabupaten Pekalongan, antara lain, Pantai Sunter Depok, Ekowisata Petungkriyono, Wisata Air, Wisata hutan, Wisata budaya dll. Pekalongan masih menunggu investor yang ingin mengembangkan obyek wisata ini.

Buat penikmat makanan, Pekalongan menyediakan wisata kuliner berupa Taoto dan nasi megono, Taoto adalah sejenis soto yang dibuat dengan kuah taoco dan dengan daging serta jerohan kerbau. Sedang megono adalah cacahan nangka muda yang dibumbui parutan kelapa dan dikukus yang cocok buat dinikmati saat masih panas.

PENGUMUMAN
Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil / Calon Aparatur Sipil Negara (CPNS / CASN)
Pemerintah Kabupaten Pekalongan (Pemkab Pekalongan)
Formasi Tahun Anggaran 2014 – 2015

Dalam rangka pelaksanaan Reformasi Birokrasi dibidang manajemen SDM aparatur dan mewujudkan reformasi sistem pengadaan Aparatur Sipil Negara berbasis kompetensi, yang dilaksanakan secara transparan, objektif, kompetitif, akuntabel, tidak diskriminatif, dan bebas dari praktek KKN maka Pemerintah Kabupaten Pekalongan – Pemkab Pekalongan akan mengadakan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi Tahun Anggaran 2014.

Formasi CPNS Kab Pekalongan 2014

NO. JABATAN PENDIDIKAN GOL./RUANG ALOKASI
Jumlah 149
1 Guru Kelas Pertama S1 PGSD III/a 19
2 Guru Agama Islam Pertama S.1 PAI / S1 Tarbiyah Agama Islam III/a 2
3 Guru Penjasorkes Pertama S1 Pend. Penjasorkes / S1 Pend. Olah Raga III/a 6
4 Guru Bimbingan Konseling Pertama S.1 Pend. Bimbingan Penyuluhan/Konseling III/a 4
5 Guru IPA Pertama S1 Pend. Biologi III/a 2
6 Guru Teknik Sepeda Motor Pertama S1 Pend. Teknik Mesin/ S1 Pend. Teknik Otomotif III/a 2
7 Guru Teknik Komputer dan Jaringan Pertama S1 Pend. Tek. Informatika / S1 Pend.Tek. Komputer III/a 1
8 Guru Teknik Pengelasan Pertama S1 Pend. Teknik Mesin III/a 1
9 Dokter Pertama Dokter Umum III/b 5
10 Dokter Gigi Pertama Dokter Gigi III/b 3
11 Apoteker Pertama Apoteker III/b 5
12 Perawat Pertama S 1 Keperawatan + NERS III/a 4
13 Perawat Gigi Pelaksana D III Perawat Gigi II/c 3
14 Bidan pelaksana D III Kebidanan II/c 3
15 Perekam Medis pelaksana D III Rekam Medik II/c 2
16 Penyuluh Kesehatan Masyarakat Pertama S1 Kesehatan Masyarakat III/a 2
17 Penyuluh Pertanian Pertama S1 Pertanian III/a 2
18 Penyuluh Perikanan Pertama S1 Perikanan III/a 1
19 Analis Pengelola Kekayaan Daerah S1 Akuntansi / S1 Ilmu Ekonomi Pembangunan III/a 2
20 Instruktur Pertama S1 Teknik Mesin Otomotif / S1 Teknik Elektro III/a 1
21 Analis Jalan dan Jembatan S1 Teknik Sipil III/a 1
22 Analis Bangunan dan Perumahan S1 Teknik Sipil / S1 Teknik Arsitektur III/a 1
23 Analis Lingkungan Hidup S1 Teknik Lingkungan III/a 2
24 Pengelola dan pemelihara piranti TI S1 Teknik Informatika III/a 2
25 Penata Ruang Pertama S1 Planologi III/a 1
26 Auditor Pertama S1 Semua Jurusan III/a 3
27 Analis Keuangan S1 Akuntansi / S1 Manajemen III/a 11
28 Analis Kelembagaan/Organisasi S1 Ilmu Hukum / S1 Psikologi III/a 1
29 Analis Tata Laksana S1 Ilmu Hukum / S1 Administrasi Negara III/a 1
30 Analis Perundang-undangan S1 Ilmu Hukum III/a 2
31 Penyuluh Tenaga Kerja S1 Ilmu Hukum III/a 1
32 Analis Barang dan Jasa S1 Ilmu Ekonomi Pembangunan III/a 2
33 Analis Dunia Usaha S1 Teknik Industri III/a 1
34 Analis Data dan Informasi S1 Teknik Informatika / S1 Sistem Informasi III/a 9
35 Analis Anggaran S1 Akuntansi / S1 Manajemen III/a 1
36 Pekerja Sosial Pertama S1 Semua Jurusan III/a 2
37 Pengadministrasi Umum D III Teknik Informatika II/c 34

PERSYARATAN UMUM

  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Berusia serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya 35 (tiga puluh lima) tahun pada tanggal 1 Januari 2015;
  3. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan Keputusan Pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena suatu tindakan pidana kejahatan;
  4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
  5. Tidak berkedudukan sebagai calon/Pegawai Negeri Sipil;
  6. Mempunyai pendidikan, kecakapan, keahlian dan keterampilan yang diperlukan;
  7. Berkelakuan baik;
  8. Sehat jasmani dan rohani;
  9. Bersedia ditempatkan di seluruh Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh pemerintah; dan
  10. Syarat lain yang ditentukan dalam persyaratan jabatan.

PERSYARATAN KHUSUS

  • Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 (tiga koma nol-nol) untuk lulusan D.III, S.1, S2, Dokter Umum dan Dokter Gigi. Untuk formasi Dokter Umum Pertama, Dokter Gigi Pertama, Apoteker Pertama dan Perawat Pertama dipersyaratkan bagi masing-masing ijasah S.1 dan Profesinya IPK minimal 3,00 (tiga koma nol-nol).
  • Pelamar Jabatan Tenaga Kesehatan :
    • 1. Tidak buta warna;
    • 2. Memiliki Surat Tanda Registrasi (STR)/Surat Ijin Perawat (SIP)/Surat Ijin Bidan (SIB) yang masih berlaku;
  • Bersedia ditempatkan pada semua SKPD/UPT Pemerintah Kabupaten Pekalongan;
  • Bersedia tidak mengajukan permohonan pindah ke luar Instansi Pemerintah Kabupaten Pekalongan, kecuali telah memiliki masa kerja aktif sekurang-kurangnya 8 (delapan) tahun terhitung sejak Pengangkatan CPNS;
  • Bersedia dinyatakan tidak memenuhi syarat/gugur dan tidak akan mengajukan keberatan/aduan apabila terdapat ketidaksesuaian antara data registrasi pendaftaran dan atau data input pendaftaran peserta dan atau berkas administrasi sesuai ketentuan;
  • Pelamar hanya dapat mendaftar 1 (satu) kali di portal nasional CPNS 2014, satu kali kesempatan mengikuti tes dan dapat memilih 3 (tiga) formasi jabatan dalam satu instansi (single entry) dengan kualifikasi pendidikan yang sama.

LAIN-LAIN

  1. Legalisir dokumen diatur dengan ketentuan sebagai berikut :
    1. Legalisir harus dibubuhi tanda tangan asli oleh pejabat yang berwenang dan distempel instansi/lembaga setelah dilakukan verifikasi sesuai dengan fakta dan data atau dokumen aslinya;
    2. Legalisir dengan men-scan dokumen asli dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat;
    3. Pelamar agar melakukan pengecekan kelengkapan keseluruhan berkas dan memastikan legalisir sudah sesuai dengan ketentuan.
  2. Panitia hanya memproses berkas pendaftaran yang dikirim melalui PT. Pos Indonesia.
  3. Pengiriman berkas administrasi pendaftaran dilakukan dengan cara datang langsung sesuai jam kerja PT. Pos Indonesia.
  4. Biaya pengiriman berkas administrasi pendaftaran dan balasan menjadi tanggungjawab pelamar.
  5. Bagi pelamar yang mendaftar lebih dari satu jabatan, maka kelulusan didasarkan pada prioritas formasi jabatan yang dilamar.
  6. Bagi pelamar yang terbukti melakukan perjokian dan atau memberikan Keterangan yang tidak sesuai, dinyatakan TIDAK LULUS/GUGUR.
  7. Sumber

Lowongan CPNS Kab Pekalongan persembahan dari Pusat Info CPNS

Share