Lowongan CPNS Lemhanas – Lembaga Ketahanan Nasional

Share
Advertisement

Pengumuman Lowongan Penerimaan CPNS Lemhanas – Lembaga Ketahanan Nasional – Lemhannas adalah Lembaga Pemerintah Non Kementerian Indonesia yang bertugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pendidikan pimpinan tingkat nasional, pengkajian strategik ketahanan nasional dan pemantapan nilai-nilai kebangsaan.

Lemhanas
www.Lemhanas.go.id

Lembaga Pertahanan Nasional berdiri pada tanggal 20 Mei 1965 berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 1964, dan berada langsung di bawah Presiden. Pada tahun 1983, lembaga ini berubah nama menjadi Lembaga Ketahanan Nasional, yang berada di bawah Panglima ABRI. Pada tahun 1994 lembaga ini berada langsung di bawah Menteri Pertahanan dan Keamanan. Tahun 2001, Lemhannas merupakan Lembaga Pemerintah Non Departemen yang bertanggung jawab kepada Presiden. Sejak tahun 2006, berdasarkan Perpres No. 67 Tahun 2006, mengingat beban dan tanggung jawab lembaga, maka jabatan Gubernur Lemhannas disejajarkan dengan Jabatan Menteri.

Pembentukan lemhannas pada dasarnya merupakan jawaban atas tuntutan perkembangan lingkungan strategic baik nasional dan internasional yang mengharuskan adanya integrasi dan kerjasama yang mantap serta dinamis antar para aparatur Sipil, TNI, Polri dan pimpinan Swasta Nasional serta pimpinan politik dan organisasi kemasyarakatan, dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan negara.

Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno menetapkan tanggal 20 Mei 1965 sebagai hari berdirinya Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhannas) berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 37 tahun 1964 yang bertepatan dengan peringatan bersejarah hari kebangkitan nasional Indonesia. Pada saat upacara berdirinya Lemhannas sekaligus dimulainya fungsi utama Lemhannas yaitu penyelenggaraan pendidikan dengan upacara pembukaan program pendidikan Kursus Reguler Angkatan I.

Pembentukan Lemhannas juga dimaksudkan sebagai salah satu urgensi nasional dalam upaya menyelamatkan dan melestarikan cita-cita proklamasi kemerdekaan dan tujuan bangsa Indonesia serta kelangsungan hidup bangsa dan negara Indonesia ditengah-tengah percaturan politik dunia.

Dewasa ini.Lemhannas mampu membuktikan dirinya sebagai salah satu asset bangsa yang sangat berperan bagi kemajuan bangsa Indonesia. Telah menjadi kenyataan yang tidak dapat dipungkiri, bahwa karya Lemhannas telah memberikan sumbangsih yang sangat berarti bagi perjalanan bangsa Indonesia. Dari lembaga ini telah dilahirkan kader-kader pemimpin nasional yang potensial dan dari fungsi utama di bidang pengkajian telah menghasilkan konsep-konsep yang mewarnai kebijakan penyelenggaraan negara, antara lain konsep Geopolitik Indonesia diimplementasikan dalam doktrin Wawasan Nusantara dan Geostrategi Indonesia dalam doktrin Ketahanan Nasional serta Sistem Manajemen Nasional Indonesia yang pada perkembangannya telah disepakati bersama sebagai paradigma nasional dalam rangka Pembangunan Nasional.

Sebagaimana halnya dengan institusi pendidikan yang lain, dalam perjalanan sejarahnya, Lemhannas banyak mengalami perubahan didasarkan pada kemajuan lingkungan strategic yang dihadapi tanpa mengabaikan pokok-pokok pikiran yang melandasi pembentukannya. Dari nama Lembaga Pertahanan Nasional yang berada langsung di bawah Presiden Republik Indonesia, berubah nama dengan Lembaga Ketahanan Nasional dan berada di bawah Panglima ABRI berdasarkan Keppres No. 60 tahun 1983. Kemudian berdasarkan Keppres No. 4 tahun 1994 berubah menjadi langsung di bawah Menteri Pertahanan dan Keamanan. Akhirnya berdasarkan Keppres No. 42 dan 43 tahun 2001 berubah Kedudukan dan Struktur organisasi sebagai Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPND) dan Lemhannas bertanggungjawab kepada Presiden Republik Indonesia.

PENGUMUMAN
Nomor: Peng / 36 / VIII / 2014
TENTANG
PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (CPNS / ASN)
LEMBAGA KETAHANAN NASIONAL RI
FORMASI TAHUN ANGGARAN 2014

Dalam rangka mengisi formasi CPNS Tahun Anggaran 2014, sebagaimana ditetapkan dengan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 203 Tahun 2014 tanggal 25 Juli 2014, Lembaga Ketahanan Nasional RI memberi kesempatan bagi Warga Negara Republik Indonesia yang berminat menjadi CPNS di lingkungan Lemhannas RI dengan ketentuan sebagai berikut:

Formasi CPNS Lemhanas 2014

JABATAN PENDIDIKAN GOL./RUANG
Dokter Pertama Dokter III/b
Auditor Pertama D.IV/S1 Akuntansi III/a
Auditor Kepegawaian Pertama D.IV/S1 Kepegawaian/Manajemen SDM/ Hukum/Psikologi III/a
Arsiparis Pelaksana D.III Kearsipan II/c
D.III Kearsipan II/c
Assessor SDM Aparatur Pertama S1 Psikologi III/a
Pustakawan Pertama D.IV/S1 Perpustakaan III/a
Perencana Pertama S1 Ilmu Ekonomi/Akuntansi III/a
Pranata Humas Pertama S2 Ilmu Komunikasi III/b
Pranata Komputer Pelaksana D.III Informatika II/c
Perancang Peraturan Perundang-undangan Pertama S1 Ilmu Hukum III/a
Penerjemah Pertama D.IV/S1 Bahasa/Sastra Inggris III/a
Pengadaan Barang dan Jasa pertama D.IV/S1 semua jurusan III/a
Analis Kerjasama Luar Negeri D.IV/S1 Hubungan Internasional/Hukum Internasional III/a
Analis Media dan Jurnalistik D.IV/S1 Hubungan Internasional/Ilmu Komunikasi/Hubungan Masyarakat III/a
Analis Sosial Budaya Masyarakat D.IV/S1 Sosiologi/Anthropologi/Psikologi III/a
Analis Ekonomi D.IV/S1 Ekonomi Studi Pembangunan/ Bisnis dan Manajemen III/a
Pengelola Informasi dan Dokumentasi D.III Informatika/Komputer II/c
Pengadministrasi Umum D.III Informatika/D.III Akuntansi II/c

PERSYARATAN PELAMAR

a. Persyaratan Umum

  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Berusia serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun dan berusia maksimum 32 (tiga puluh dua) tahun pada tanggal 1 Desember 2014;
  3. Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS, Calon/Anggota TNI/POLRI;
  4. Tidak berkedudukan sebagai pengurus/anggota Partai Politik;
  5. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS/TNI/POLRI atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai Pegawai Swasta;
  6. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap;
  7. Memenuhi persyaratan kualifikasi pendidikan (jenjang dan jurusan) yang sesuai dengan formasi jabatan;
  8. Sehat jasmani dan rohani;

b. Persyaratan Khusus

  1. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan Usia bagi Pelamar:
    • S-2 : – akreditasi A IPK minimal 3,00 dan akreditasi B IPK minimal 3,25, – usia maksimum = 32 tahun (lahir 1 Desember 1982 atau sesudahnya).
    • S-1 : – akreditasi A IPK minimal 3,00 dan akreditasi B IPK minimal 3,25 , – usia maksimum = 29 tahun (lahir 1 Desember 1985 atau sesudahnya).
    • D-3 : – akreditasi A IPK minimal 2,75 dan akreditasi B IPK minimal 3,00 , – usia maksimum = 27 tahun (lahir 1 Desember 1987 atau sesudahnya).
  2. Memiliki kompetensi dan kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan formasi jabatan yang dibutuhkan, untuk formasi jabatan Dokter Pertama dipersyaratkan laki-laki, untuk formasi jabatan Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Pertama dapat dilamar dari berbagai jurusan.
  3. Menguasai bahasa Inggris dengan baik (lisan dan tulisan) dan diutamakan bagi yang memiliki sertifikat TOEFL dengan nilai di atas 450, untuk formasi jabatan Penerjemah Pertama memiliki sertifikat TOEFL dengan nilai di atas 500 yang masih berlaku sampai dengan saat pendaftaran.
  4. Ijazah Pelamar yang diakui yaitu ijazah yang diperoleh dari Perguruan Tinggi Negeri/Swasta yang telah mendapat akreditasi atau ijazah yang diperoleh dari Perguruan Tinggi Luar Negeri yang telah mendapat penetapan penyetaraan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
  5. Surat Keterangan Lulus sebagai pengganti ijazah tidak berlaku.
  6. Setiap pelamar wajib mempunyai alamat email.

TATA CARA PENDAFTARAN

  • Pelamar harus melakukan pendaftaran secara online melalui Portal Seleksi Nasional (http://panselnas.menpan.go.id) dan pelamar akan mendapatkan konfirmasi email berisi username dan password yang akan digunakan untuk melakukan pendaftaran secara online ke Lemhannas RI melalui portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (http://sscn.bkn.go.id).
  • Pendaftaran dapat dilakukan mulai tanggal 25 Agustus 2014 sampai dengan tanggal 7 September 2014.
  • Pelamar harus membaca dengan cermat seluruh persyaratan dan menyiapkan dokumen yang diperlukan.
  • Pelamar melengkapi data-data dan mendaftar maksimum 3 (tiga) pilihan jabatan sesuai formasi pada laman http://www.sscn.bkn.go.id.
  • Pelamar yang telah melakukan pendaftaran secara online agar mengunduh (download) dan mencetak kartu/tanda bukti pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil Lemhannas RI Tahun 2014 melalui http://www.sscn.bkn.go.id.
  • Pelamar hanya diperbolehkan mendaftar satu kali.

Catatan

  • Tes TKD CPNS akan dilakukan dengan sistem CAT. Bahan latihan CAT CPNS : Klik Disini
  • Proses Penerimaan CPNS Lemhannas RI Tahun Anggaran 2014 ini dilakukan secara terbuka, akuntabel, dan berbasis kompetensi.
  • Panitia Penerimaan CPNS berhak membatalkan pelamar sebagai CPNS atau PNS Lemhannas RI walaupun telah lulus seleksi administrasi, ujian dengan sistem Computer Asisted Test (CAT), Psikotes, Tes Kesehatan dan Wawancara apabila diketahui di kemudian hari terdapat persyaratan-persyaratan yang tidak benar atau dipalsukan.
  • Dalam proses penerimaan CPNS Lemhannas RI ini, semua pengumuman dilakukan melalui laman http://www.sscn.bkn.go.id dan http://www.lemhannas.go.id.
  • Keputusan Panitia Penerimaan CPNS adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  • Seluruh tahapan proses Penerimaan CPNS Lemhannas RI tidak dipungut biaya apapun.
  • Sumber

Lowongan CPNS Lemhanas persembahan www.pusatinfocpns.com

 

Share