Lowongan CPNS Kota Balikpapan

Share
Advertisement

Lowongan CPNS Kota Balikpapan – Forrmasi, Persyaratan, Penerimaan, Pendaftaran – Balikpapan adalah salah satu kota di Kalimantan Timur (Kaltim), Indonesia. Balikpapan memiliki penduduk sebanyak 684.339 jiwa, yang merupakan 22 % dari keseluruhan penduduk Kaltim. Balikpapan merupakan kota dengan biaya hidup termahal se-Indonesia. Logo dari kota yang sering disebut Kota Minyak (Banua Patra) dan Bumi Manuntung ini adalah beruang madu, maskot Balikpapan yang mulai di ambang kepunahan. Nama asli Balikpapan adalah Billipapan atau Balikkappan

Asal usul nama Balikpapan

Ada beberapa hikayat populer yang menceritakan asal usul kota yang berada di pesisir timur Kalimantan ini, yaitu:

  1. Adanya 10 keping papan yang kembali ke Jenebora dari 1.000 keping yang diminta oleh Sultan Kutai sebagai sumbangan bahan bangunan untuk pembangunan Istana Baru Kutai Lama. Kesepuluh papan yang balik tersebut disebut oleh orang Kutai Balikpapan Tu. Sehingga wilayah sepanjang Teluk Balikpapan, tepatnya di Jenebora disebut Balikpapan.
  2. Suku Pasir Balik (suku asli Balikpapan) adalah keturunan kakek dan nenek bernama Kayun Kuleng dan Papan Ayun. Sehingga daerah sepanjang Teluk Balikpapan oleh keturunannya disebut Kuleng-Papan atau artinya Balikpapan (dalam bahasa Paser, Kuleng artinya Balik).
  3. Dalam legenda lain juga disebutkan asal usul Balikpapan, yaitu dari seorang putri yang dilepas oleh ayahnya seorang raja yang tidak ingin putrinya tersebut jatuh ke tangan musuh. Sang putri yang masih balita diikat di atas beberapa keping papan dalam keadaan terbaring. Karena terbawa arus dan diterpa gelombang, papan tersebut terbalik. Ketika papan tersebut terdampar di tepi pantai ditemukan oleh seorang nelayan dan begitu dibalik ternyata terdapat seorang putri yang masih dalam keadaan terikat. Konon putri tersebut bernama Putri Petung yang berasal dari Kerajaan Pasir. Sehingga daerah tempat ditemukannya dinamakan Balikpapan.
  4. Hari jadi kota Balikpapan adalah tanggal 10 Februari 1897. Penetapan tanggal ini merupakan hasil Seminar Sejarah Balikpapan pada tanggal 1 Desember 1984. Tanggal 10 Februari 1897 ini adalah tanggal pengeboran minyak pertama di Balikpapan yang dilakukan oleh perusahaan Mathilda sebagai realisasi dari pasal-pasal kerjasama antara J.H. Menten dengan Mr. Adams dari Firma Samuel dan Co.

Sejarah Balikpapan

Balikpapan Kota
www.balikpapan.go.id

Sejarah Kota Balikpapan tidak bisa dipisahkan dengan Minyak yaitu lebih tepatnya dengan sumur minyak Mathilda, sumur pengeboran perdana pada tanggal 10 Februari 1897 di kaki gunung Komendur di sisi timur Teluk Balikpapan. Penamaan sumur minyak Mathilda sendiri berasal dari nama anak JH Menten dari JH Menten dan Firma Samuel & Co sebagai pemenang hak konsesi pengeboran di yang ditunjuk pemerintah Hindia Belanda yang telah mengontrak Balikpapan dari Kesultanan Kutai.

Di awal tahun 1900-an bertambahnya jumlah penemuan dan pengeboran minyak di Balikpapan telah membawa pendatang dalam jumlah besar ke Balikpapan. Pendatang ini kebanyakan adalah orang Cina dan para pekerja pengeboran yang rata-rata berasal dari jawa dan berbagai daerah lainnya seperti India. Pekerja dari Cina dan India inilah yang menjadi cikal bakal penghuni desa di Tukung (Klandasan) dan Jumpi (Kampung Baru) yang merupakan asal usul sebagian besar warga Balikpapan. Selain itu keberadaan minyak, yaitu minyak tanah atau “lantung”, juga mengundang semakin besarnya jumlah pedagang yang datang dari daerah Kerajaan Banjar di Banjarmasin dan Bone di Sulawesi Selatan untuk berdagang dan singgah di Balikpapan.

Seiring dengan berkembangnya waktu Balikpapan telah berkembang menjadi “Kota Minyak” dengan besarnya produksi minyak yang dihasilkan yang mencapai 86 juta barrel per tahun. Perkembangan industri minyak inilah yang telah membangun Balikpapan menjadi kota industri dan selanjutnya menjadikan Balikpapan sebagai Kota Jasa dengan bandar udara Internasional, pelabuhan dan jumlah hotel yang dapat mendukung keberadaan Balikpapan sebagai dua kota tersebut.

Saat ini Balikpapan tidak lagi menjadi Kota Minyak yang berorientasi pada pengeboran melainkan pada jasa pengolahan minyak yang telah mengolah minyak mentah dari sekitar Balikpapan, yaitu Sepinggan, Handil, Bekapai, Sanga-sanga, Tarakan, Bunyu dan Tanjung serta minyak mentah yang diimpor dari negara lain.

Besarnya jumlah pendatang di Kota Balikpapan telah membawa keberagaman etnis dengan berbagai adat istiadat dan agama. Namun demikian hal ini tidak menjadi kendala dalam akulturasi budaya dan terwujudnya keharmonisan di masyarakatnya secara turun menurun.

Keharmonisan masyarakat Balikpapan terekat dalam bahasa sehari-hari yang digunakan, yaitu Bahasa Indonesia. Keberagaman yang ada di dalam masyarakat Balikpapan bahkan mendukung adanya nilai-nilai kebersamaan yang mampu menjadikan Kota Balikpapan sebagai Kota Bersih, Indah, Aman dan Nyaman yang tercermin dengan telah seringnya Kota Balikpapan meraih Piala Adipura.

Budaya bersih dan wawasan lingkungan telah menjadi bagian dan ciri dari masyarakat Balikpapan yang terakomodir secara profesional dalam program Pemerintah Kota Balikpapan, yakni : CLEAN, GREEN and HEALTHY.

PENGUMUMAN
Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)
Pemerintah Kota Balikpapan (Pemkot Balikpapan)
Formasi Tahun Anggaran 2014

Dalam rangka pelaksanaan Reformasi Birokrasi dibidang manajemen SDM aparatur dan mewujudkan reformasi sistem pengadaan Aparatur Sipil Negara berbasis kompetensi, yang dilaksanakan secara transparan, objektif, kompetitif, akuntabel, tidak diskriminatif, dan bebas dari praktek KKN maka Pemerintah Kota Balikpapan – Pemkot Balikpapan akan mengadakan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi Tahun Anggaran 2014.

Formasi CPNS Kota Balikapapan 2014

JABATAN PENDIDIKAN GOL./RUANG
Guru Kelas Pertama S.1 PGSD III/a
Guru Penjasorkes Pertama S.1 Pendidikan Olahraga/ Penjasorkes III/a
Guru BP/BK Pertama S.1 Bimbingan dan Konseling/ S.1 Psikologi+Sertifikat Profesi Pendidik III/a
Guru Penjasorkes Pertama S.1 Pendidikan Olahraga/ Penjasorkes III/a
Dokter Umum Pertama Dokter III/b
Dokter Gigi Pertama Dokter Gigi III/b
Perawat Pelaksana D3 Keperawatan II/c
Perawat Gigi Pelaksana D3 Keperawatan Gigi II/c
Bidan Pelaksana D3 Kebidanan II/c
Sanitarian Pelaksana D3 Kesehatan Lingkungan II/c
Nutrisionis Pelaksana D3 Gizi II/c
Analis Tata Laksana S1 Administrasi Negara/Hukum/Pemerintahan III/a
Analis Hukum S1 Hukum III/a
Penyuluh Sosial Pertama S1 Semua Jurusan III/a
Analis Ketahanan Pangan S1 Pertanian III/a
Pengadaan Barang/Jasa S1 Semua Jurusan III/a
Analis Sistem Informasi dan Jaringan S.1 Informatika III/a
Teknisi Komputer D.3 Teknik Elektronika II/c
Pengelola Informasi dan Dokumentasi S1 Hukum III/a
Analis Pertahanan dan Keamanan Daerah S.1 Hukum/ Adm. Negara/ Pemerintahan III/a
Analis Pemberdayaan Perempuan dan Anak S1 Hukum/Ekonomi/Adm.Negara/Kesejahteraan Sosial/Sosiatri III/a
Penyuluh Keluarga Berencana D3 Kebidanan II/c
Analis Lingkungan Hidup S.1 Teknik Kimia III/a
Pengawas Lingkungan Hidup Pertama S1 Lingkungan Hidup III/a
Pengelola Dokumen Perizinan D3 Akuntansi II/c
Pengelola Informasi dan Komunikasi D3 Komunikasi II/c
Pengelola Jaringan D.3 Informatika II/c
Analis Kepegawaian Pertama S.1 Manajemen Sumber Daya Manusia/Psikologi III/a
Analis Pelaporan dan Transaksi Keuangan S.1 Akuntansi III/a
Analis Diklat S.1 Manajemen Sumber Daya Manusia/Psikologi/Pemerintahan III/a
Auditor Pertama S.1 Semua Jurusan III/a
Auditor Pelaksana D.3 Akuntansi II/c
Analis Kesejahteraan Rakyat (Kesra) S1 Hukum/Ekonomi/Adm.Negara/Kesejahteraan Sosial/Sosiatri III/a
Analis Pengelolaan Kekayaan Daerah S.1 Akuntansi/Administrasi Negara III/a
Pengendali Jaringan Sistem Komputer D.3 Informatika II/c
Pemeriksa Industri S.1 Hukum III/a
Pemeriksa Tata Bangunan dan Perumahan S.1 Teknik Sipil III/a
Pengawas Ketenagakerjaan Pertama S.1 Hukum III/a
Analis Pembangunan S.1 Teknik Sipil III/a
Administrasi Keuangan D.3 Akuntansi II/c
Pengelola Laboratorium D.3 Teknik Kimia II/c
Analis Keolahragaan S.1 Ilmu Keolahragaan/Olahraga Rekreasi III/a
Pelatih Olahraga dari Atlet Nasional/Regional/Internasional SLA (HARUS ADA SERTIFIKAT ATAU MANTAN ATLIT NASIONAL) II/a
Pengelola Database S.1 Informatika III/a
Administrasi Keuangan SMK Akuntansi II/a
Pranata Komputer D.3 Teknik Informatika II/c
Verifikator Keuangan D.3 Akuntansi II/c
Analis Tata Praja S.1 Ilmu Pemerintahan/Administrasi Negara III/a

Persyaratan Umum CPNS Balikpapan :

  • Warga Negara Republik Indonesia;
  • Pelamar adalah lulusan dari Perguruan Tinggi Negeri/Swasta yang telah terakreditasi, dan/atau telah mendapat ijin penyelenggaraan dari Menteri yang menyelenggarakanurusan pemerintahan di bidang pendidikan atau Pejabat lain yang berdasarkan Peraturan Perundang-undangan berwenang menyelenggarakan pendidikan;
  • Persyaratan Usia Pelamar berusia serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun pada tanggal1 Desember 2014, dan setinggi-tingginya 35 (tigapuluh lima) tahun pada tanggal 31 Desember 2014;
  • Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum Penjara atau kurungan berdasarkan putusan Pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap;
  • Berbadan sehat dan tidak menggunakan obat-obatan terlarang;
  • Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat, tidak atas permintaan sendiri, atau tidak dengan hormat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil/Pegawai Negeri Sipil atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai Pegawai Swasta;
  • Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Negeri Sipil ;
  • Bersedia mengundurkan diri dari kepengurusan dan/atau keanggotaan Partai Politik jika dinyatakan lulus sebagai CPNS.

Persyaratan Khusus

  • Memiliki kualifikasi pendidikan/berijazah sesuai dengan formasi jabatan yang disediakan;
  • Fotokopi Ijazah dan Transkrip Nilai yang diketahui atau disahkan oleh Pejabat yang berwenang.
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik atau Kartu Keluarga bagi yang belum memiliki KTP Elektronik

Pendaftaran CPNS Balikpapan

Pendaftaran online melalui portal Panselnas untuk mendapatkan link registrasi, user dan password (Cek di email Anda)

atau

Lalu dilanjutkan ke laman : http://sscn.bkn.go.id : untuk melakukan pengisian biodata dan memilih jabatan pada instansi yang dilamar.

Catatan:

  • Tes TKD CPNS akan dilakukan dengan sistem CAT. Bahan latihan CAT CPNS : Klik Disini
  • Informasi Pendaftaran dan Syarat CPNS Balikpapan 2014 dapat anda lihat di situs resmi Kota Balikpapan (Pemkot Balikpapan) : www.balikpapan.go.id. Informasi tersebut hanya akan tersedia setelah lowongan penerimaan CPNS 2014 Kota Balikpapan (Pemkot Balikpapan) resmi dibuka.

Lowongan CPNS Kota Balikpapan persembahan www.pusatinfocpns.com

Share