Lowongan CPNS Kemhan – Kementerian Pertahanan

Share
Advertisement

CPSN KemhanLowongan CPNS Kemhan 2013 – Kementerian Pertahanan Kemhan – Dephan adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan pertahanan. Kementerian Pertahanan dipimpin oleh seorang Menteri Pertahanan (Menhan) yang sejak 22 Oktober 2009 dijabat oleh Purnomo Yusgiantoro.

Kementerian Pertahanan merupakan salah satu dari tiga kementerian (bersama Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Dalam Negeri) yang disebutkan secara eksplisit dalam UUD 1945. Kementerian Pertahanan tidak dapat diubah atau dibubarkan oleh presiden.

Menteri Pertahanan secara bersama-sama dengan Menteri Luar Negeri dan Menteri Dalam Negeri bertindak sebagai pelaksana tugas kepresidenan jika Presiden dan Wakil Presiden mangkat, berhenti, diberhentikan, atau tidak dapat melakukan kewajibannya dalam masa jabatannya secara bersamaan.

Sejarah

Masa Kemerdekaan

  • Panitia Persiapan Kemerdekaan pada tanggal 19 Agustus 1945 menetapkan 12 kementerian diantaranya Kementrian Pertahanan. Selanjutnya pada bulan Oktober 1945, disaat kementerian belum berjalan sebagaimana mestinya, dibentuklah Kementrian Keamanan Rakyat.

Masa Orde Baru

  • Kabinet Pembangunan (tahun 1968) fungsi pertahanan dikendalikan langsung oleh Presiden yang merangkap sebagai Menteri Pertahanan/Keamanan hingga tahun 1973. Pada Kabinet Pembangunan II dan selanjutnya, fungsi pertahanan negara selalu disatukan dengan fungsi keamanan dan berada di bawah Departemen Pertahanan Keamanan dimana Menteri Pertahanan Keamanan sekaligus menjadi Panglima ABRI.

Masa Reformasi

  • Departemen Pertahanan Keamanan mereformasi diri dengan pemisahan TNI – Polri dan juga dilakukan pemisahan jabatan dimana Menteri Pertahanan sebagai jabatan politik, tidak lagi merangkap jabatan Panglima TNI.

Fungsi

Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara, Pasal 16, tugas Menteri Pertahanan adalah:

  1. Memimpin Kementerian Pertahanan.
  2. Membantu Presiden dalam merumuskan kebijakan umum pertahanan negara.
  3. Menetapkan kebijakan tentang penyelenggaraan pertahanan negara berdasarkan kebijakan umum yang ditetapkan Presiden.
  4. Menyusun Buku Putih Pertahanan serta menetapkan kebijakan kerjasama bilateral, regional, dan internasional di bidangnya.
  5. Merumuskan kebijakan umum penggunaan kekuatan Tentara Nasional Indonesia dan komponen pertahanan lainnya.
  6. Menetapkan kebijakan penganggaran, pengadaan, perekrutan, pengelolaan sumber daya nasional, serta pembinaan teknologi dan industri pertahanan yang diperlukan oleh Tentara Nasional Indonesia dan komponen kekuatan pertahanan lainnya.
  7. Bekerjasama dengan pimpinan kementerian dan instansi pemerintah lainnya serta menyusun dan melaksanakan perencanaan strategis pengelolaan sumber daya nasional untuk kepentingan pertahanan.

Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)
Kementerian Pertahanan RI
Tahun 2013

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatir Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) Nomor 151 Tahun 2013, Kementerian Pertahahan Republik Indonesia membuka kesempatan kepada Pasca Sarjana (S2) dan Sarjana (S1) serta Diploma III bagi Warga Negara Indonesia, baik pria maupun wanita untuk mengikuti seleksi pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Pertahanan RI yang akan ditempatkan di lingkungan Kementerian Pertahahan RI dengan ketentuan sebagai berikut :

Situs Referensi

  1. www.kemhan.go.id

Pendaftaran

Untuk Persyaratan dan Tata cara Pendaftaran selengkapnya, silakan menuju laman :

Catatan

  • Persiapkan diri Anda dengan sebaik – baiknya. Utamanya dalam menghadapi Soal Tes CPNS Sistem CAT, Info selengkapnya : Klik Disini
  • Pendaftaran online : 19 – 21 September 2013
  • Panitia Seleksi Penerimaan CPNS Kementerian Pertahanan TA 2013 tidak memungut biaya apapun dalam seleksi penerimaan CPNS ini.
  • Panitia Seleksi Penerimaan CPNS Kementerian Pertahanan TA 2013 tidak mengadakan surat-menyurat.
  • Kementerian Pertahanan tidak bertanggung jawab atas pungutan atau tawaran berupa apapun oleh oknum-oknum yang mengatasnamakan Kementerian Pertahanan atau Panitia.
  • Sumber Selengkapnya

Lowongan CPNS Kemhan 2013 persembahan www.pusatinfocpns.com

Share