• Home »
  • CPNS »
  • Lowongan CPNS Kemenpera – Kementerian Perumahan Rakyat

Lowongan CPNS Kemenpera – Kementerian Perumahan Rakyat

Share
Advertisement

Lowongan dan Pendaftaran CPNS Kemenpera – Kementerian Perumahan Rakyat – Kemenegpera – Kemenpera adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan perumahan. Kementerian Perumahan Rakyat dipimpin oleh seorang Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) yang sejak tanggal 19 Oktober 2011 dijabat oleh Djan Faridz.

Kemenpera Logo
www.kemenpera.co.id

Kementerian Perumahan Rakyat adalah unsur pelaksana Pemerintah yang dipimpin oleh Menteri Perumahan Rakyat yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Presiden.

Kementerian Perumahan Rakyat mempunyai tugas membantu Presiden dalam merumuskan kebijakan dan koordinasi di bidang perumahan rakyat.

Kementerian Perumahan Rakyat terdiri dari :

  1. Sekretariat Kementerian ;
  2. Deputi Bidang Pembiayaan.
  3. Deputi Bidang Pengembangan Kawasan.
  4. Deputi Bidang Pengembangan Swadaya
  5. Deputi Bidang Perumahan Formal.
  6. Staf Ahli.
  7. Pengawas Internal.

Sebagaimana diamanatkan dalam Undang Undang Dasar (UUD) 1945 dan pasal 28 H Amandemen UUD 1945, bahwa rumah adalah salah satu hak dasar rakyat dan oleh karena itu setiap warga negara berhak untuk bertempat tinggal dan mendapat lingkungan hidup yang baik dan sehat. Selain itu, rumah juga merupakan kebutuhan dasar manusia dalam meningkatkan harkat, martabat, mutu kehidupan dan penghidupan, serta sebagai pencerminan diri pribadi dalam upaya peningkatan tarat hidup, serta pembentukan watak, karakter dan kepribadian bangsa.

Rumah selain berfungsi sebagai tempat tinggal atau hunian dan sarana pembina keluarga yang mendukung perikehidupan dan penghidupan juga mempunyai fungsi sebagai pusat pendidikan keluarga, persemaian budaya, dan penyiapan generasi muda. Oleh karena itu, pengembangan perumahan dengan lingkungannya yang layak dan sehat merupakan wadah untuk pengembangan sumber daya bangsa Indonesia di masa depan.

Namun sayangnya hak dasar rakyat tersebut pada saat ini masih belum sepenuhnya terpenuhi. Salah satu penyebabnya adalah adanya kesenjangan pemenuhan kebutuhan perumahan (backlog) yang relatif masih besar. Hal tersebut terjadi antara lain karena masih kurangnya kemampuan daya beli masyarakat khususnya Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dalam memenuhi kebutuhan akan rumahnya.

Pembangunan perumahan dan permukiman jika dilakukan secara benar akan memberikan kontribusi langsung terhadap peningkatan kesejahteraan dan pengentasan kemiskinan. Hal tersebut disebabkan karena pembangunan perumahan dapat mendorong pertumbuhan wilayah dan ekonomi daerah, mendukung pembangunan sosial budaya dan memberikan efek multiplier terhadap sektor lain seperti penciptaan lapangan kerja baik yang langsung maupun yang tidak langsung.

Oleh karena itu, pembangunan perumahan dan permukiman harus didukung oleh suatu kebijakan, strategi dan program yang komprehensif dan terpadu sehingga selain mampu memenuhi hak dasar rakyat juga akan menghasilkan suatu lingkungan perumahan dan permukiman yang sehat, serasi, harmonis, aman dan nyaman.

PENGUMUMAN
Nomor : 409/SM/KP.02.01/08/2014SM/KP.2.02/10/2010
PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL
DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN PERUMAHAN RAKYAT
UNTUK TAHUN ANGGARAN 2014

Berdasarkan dengan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 262 Tahun 2014, tentang Formasi Pegawai Negeri Sipil Kementerian Perumahan Rakyat Tahun Anggaran 2014, Kementerian Perumahan Rakyat Republik IndonesiaKemenpera membuka kesempatan bagi Warga Negara Republik Indonesia untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil, dengan ketentuan sebagai berikut:

Formasi CPNS Kemenpera 2014

Lowongan CPNS Kemenpera 2014

Lowongan CPNS Kemenpera 2014

PERSYARATAN UMUM.

  • Warga Negara Republik Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap.
  • Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Negeri Sipil, dan tidak sedang terikat perjanjian/kontrak kerja dengan instansi lain.
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, anggota TNI/POLRI, Pegawai BUMN/BUMD atau pegawai swasta;
  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Bagi pelamar yang menjadi pengurus/anggota partai politik tertentu, harus bersedia melepaskan kepengurusan/keanggotaannya pada partai politik yang bersangkutan, apabila dinyatakan lulus.
  • Tidak mengalami ketergantungan terhadap narkotika/sejenisnya;

PERSYARATAN KHUSUS.

  • Berijazah Pasca Sarjana (S2) dan yang berasal dari Perguruan Tinggi/Universitas Negeri atau Swasta;
  • Berijazah Sarjana (S1) dan yang berasal dari Perguruan Tinggi/Universitas Negeri atau Swasta;
  • Indeks Prestasi (IP) minimal 2.75 untuk Sarjana (S1) dan Indeks Prestasi (IP) minimal 3.00 untuk Pasca Sarjana (S2) – disesuaikan dengan formasi;
  • Berusia maksimal 35 tahun pada tanggal 1 Desember 2014 (lahir setelah 30 November 1979);
  • Bersertifikat TOEFL minimal 450 (maximal 6 bulan terakhir);

Pengajuan Lamaran

Para pelamar harus melakukan pendaftaran secara online mulai tanggal 20 Agustus 2014 dan berakhir pada tanggal 3 September 2014 .

Mekanisme Pendaftaran CPNS Kemenpera Tahun 2014 dapat dilihat di bawah ini :

Catatan:

  • Seleksi masuk Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Perumahan Rakyat sama sekali tidak dipungut biaya.
  • Panitia tidak bertanggung jawab atas pungutan atau tawaran berupa apapun oleh oknum atau pihak lain yang mengatasnamakan Kementerian Perumahan Rakyat, sehingga para pelamar diharapkan tidak melayani hal-hal sebagaimana dimaksud.
  • Bagi para pelamar yang dinyatakan lulus hingga tahapan akhir dan telah diterima sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Perumahan Rakyat WAJIB melengkapi persyaratan administrasi yang di butuhkan seperti :
    • a. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
    • b. Surat Tanda Pencari Kerja (Kartu Kuning)
    • c. Surat Keterangan Bebas Narkoba
    • d. dan lain sebagainya sesuai dengan kebutuhan yang di persyaratkan dari BKN
  • Bagi para pelamar yang dinyatakan lulus hingga tahapan akhir dan telah diterima sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Perumahan Rakyat, namun karena suatu dan lain hal menyatakan mengundurkan diri, diwajibkan untuk mengganti biaya yang telah dikeluarkan oleh Panitia sebesar Rp. 15.000.000,00 (Lima Belas Juta Rupiah).
  • Informasi selengkapnya dan perkembangan yang terkait dengan seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun Anggaran 2014 Kementerian Perumahan Rakyat dapat dilihat dan agar selalu memonitor pada website/situs http://sscn.bkn.go.id.
  • Sumber

Lowongan Pendaftaran CPNS Kemenpera persembahan www.pusatinfocpns.com

Share