• Home »
  • CPNS »
  • Lowongan CPNS KemenegPDT – Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal

Lowongan CPNS KemenegPDT – Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal

Share
Advertisement

KemenegPDTLowongan CPNS KemenegPDT (Formasi, Persyaratan dan Pendaftaran) – Pembangunan daerah tertinggal merupakan isu krusial dan sekaligus tantangan bagi bangsa Indonesia terkait dengan pembangunan nasional. Pembangunan daerah tertinggal merupakan amanah UUD 1945 yang harus dilaksanakan oleh Pemerintah, selama sebagian warganegara Indonesia masih mengalami kendala sosial, ekonomi, budaya akibat keterbatasan daya dukung daerah yang dihuninya.

Pemerintah Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) Jilid I dan dilanjutkan Jilid II menempuh berbagai upaya strategis terhadap daerah tertinggal dengan menempatkan percepatan pembangunan daerah tertinggal sebagai salah satu dari 11 prioritas pembangunan nasional dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2010-2014, yakni prioritas ke 10 adalah: daerah tertinggal, terdepan, terluar, dan pasca-konflik. Pemerintah memiliki target untuk mengupayakan pada tahun 2014 dapat mengentaskan daerah ketertinggalan paling sedikit 50 daerah kabupaten dari sekitar 183 kabupaten tertinggal di Indonesia.

Untuk itu, RPJMN 2010-2014 dinyatakan bahwa sasaran percepatan pembangunan daerah tertinggal Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (KPDT) menjadi pelaksana pemerintah di bidang Pembangunan Daerah Tertinggal yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Presiden. Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal mengemban tugas menyelenggarakan urusan di bidang pembangunan daerah tertinggal dalam pemerintahan untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara. Upaya-upaya tersebut meliputi mengurangi status kabupaten tertinggal paling sedikit 50 kabupaten pada akhir 2014, meningkatnya kualitas sumberdaya manusia yang ditujukan oleh Indeks Pembangunan Manusia (IPM), meningkatnya rata-rata pertumbuhan ekonomi di daerah tertinggal, serta mengurangi prosentase penduduk miskin di daerah tertinggal pada tahun 2014.

Dalam rangka mencapai tujuan itu, pemerintah memilih pemihakan kebijakan yang lebih membantu kelompok miskin dan daerah yang tertinggal, di antaranya melalui pengalokasian sumber daya yang lebih memihak kepada kelompok miskin dan daerah tertinggal, pengembangan instrumen untuk memonitor kesenjangan antarwilayah dan antar tingkat sosial ekonomi, serta peningkatan advokasi dan capacity building bagi daerah yang tertinggal. Upaya ini diharapkan dapat mempersempit disapritas tingkat kesejahteraan masyarakat dan pemerataan pembangunan ekonomi lokal antara Pulau Jawa dan luar Jawa, antara Kawasan Timur Indonesia (KTI) dan Kawasan Barat Indonesia (KBI), antara perkotaan dan pedesaan serta mengembangkan wilayah terpencil dan terluar terutama di luar Pulau Jawa.

Visi :

  • Terwujudnya daerah tertinggal sebagai daerah yang maju dan setaraf dengan daerah lain di Indonesia.

Misi :

  • Mengembangkan perekonomian local melalui pemanfaatan sumber daya local ( sumber daya manusia, dan kelembagaan) melalui partisipasi semua pemangku kepentingan (stakeholders) yang ada;
  • Memberdayakan masyarakat melalui peningkatan akses masyarakat terhadap pelayanan pendidikan dan kesehatan, penciptaan lapangan kerja, peningkatan akses modal usaha, teknologi, pasar, informasi;
  • Meningkatkan kapasitas kelembagaan pemerintah daerah dan masyarakat;
  • Memutuskan keterisolasian daerah tertinggal melalui peningkatan sarana dan prasarana komunikasi dan transportasi sehingga memiliki keterkaitan dengan daerah lainnya;
  • Mengembangkan daerah perbatasan sebagai beranda Negara kesatuan RI melalui pengembangan pusat pertumbuhan ekonomi berbasis sumber daya alam dan pengembangan sector-sektor unggulan
  • Mempercepat rehabilitas dan pemulihan daerah-daerah pasca bencana alam adan pasca konflik serta mitigasi bencana

Sumber: Kementerian PDT

PENGUMUMAN
Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)
Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (KPDT)
Formasi Tahun Anggaran 2014

Dalam rangka pelaksanaan Reformasi Birokrasi dibidang manajemen SDM aparatur dan mewujudkan reformasi sistem pengadaan Aparatur Sipil Negara berbasis kompetensi, yang dilaksanakan secara transparan, objektif, kompetitif, akuntabel, tidak diskriminatif, dan bebas dari praktek KKN maka Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal – KPDT akan mengadakan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi Tahun Anggaran 2014.

Formasi CPNS KPDT 2014

JABATAN PENDIDIKAN GOL./RUANG
Analis Kelautan dan Perikanan S1 Perikanan / Biologi / Mikro Biologi / Rekayasa Hayati III/a
Analis Kependidikan S1 Manajemen SDM / Adm. Pendidikan / Psikologi Pendidikan / Teknologi Pendidikan III/a
Analis Prasarana dan Energi S1 Bisnis Manajemen / Teknik Pertambangan / Teknik III/a
Analis Ketenagalistrikan S1 Teknik Elektro / Teknik Fisika / Teknik Kimia / Teknik Nuklir III/a
Pranata Komputer Pelaksana D3 Informatika II/c
Pranata Komputer Pertama S1 Teknik Informatika III/a
Analis Pembangunan Daerah Terpencil S1 Ilmu Statistik / Ekonomi / Teknik Lingkungan / Teknik Sipil / Teknik Planologi / Arsitektur / SBM / Geodesi III/a
Analis Kepulauan S1 Arsitektur / Teknik Sipil / Planologi III/a
Auditor Pertama S1 Akuntansi / Ekonomi III/a
Dokter Umum Pertama Dokter III/b
Auditor Kepegawaian Pertama S1 Hukum / Sosial / Psikologi III/a
Assessor SDM Aparatur Pertama S1 Psikologi / Ilmu Humaniora III/a
Analis Keuangan S1 Akuntansi / Manajemen III/a
Analis Barang dan Jasa S1 Akuntansi / Ekonomi / Studi Pembangunan III/a
Analis Pengelolaan Dana Alokasi Khusus S1 Ekonomi Manajemen / Adm. Negara / Kebijakan Publik / Ekonomi Pembangunan III/a
Analis Pengelolaan Dana Alokasi Umum S1 Ekonomi Manajemen / Adm. Negara / Kebijakan Publik / Ekonomi Pembangunan III/a
Analis Peta Wilayah S1 Ilmu Geografi / Teknik Lingkungan / Geodesi III/a
Statistisi Pertama S1 Statistik III/a
Analis Kerjasama Luar Negeri S1 Hubungan Internasional / Adm. Negara III/a
Analis Ekonomi S1 Akuntansi / Ekonomi dan Studi Pembangunan / Manajemen III/a

Persyaratan Umum CPNS KPDT :

  • Warga Negara Republik Indonesia.
  • Memiliki Integritas tinggi terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Tidak berstatus sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil/Pegawai Negeri Sipil.
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS/Anggota TNI/POLRI atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  • Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan.
  • Tidak menjadi anggota dan atau pengurus partai politik.
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pendaftaran CPNS KPDT

Pendaftaran online melalui portal Panselnas untuk mendapatkan link registrasi, user dan password (Cek di email Anda) :

atau

Lalu dilanjutkan ke laman : http://sscn.bkn.go.id : untuk melakukan pengisian biodata dan memilih jabatan pada instansi yang dilamar.

Catatan:

  • Tes TKD CPNS akan dilakukan dengan sistem CAT. Bahan latihan CAT CPNS : Klik Disini
  • Apabila telah dinyatakan lulus dan telah menyerahkan berkas untuk penetapan NIP kemudian mengundurkan diri maka dikenakan denda yang harus disetorkan oleh yang bersangkutan ke kas Negara.
  • Sumber

Info Lowongan CPNS KemenegPDT persembahan informasicpnsbumn.com. Semoga bermanfaat

Lowongan CPNS KemenegPDT persembahan www.pusatinfocpns.com.

Share