Lowongan CPNS Kabupaten Kediri

Share
Advertisement

Kediri KabLowongan CPNS Kab Kediri – Kabupaten Kediri adalah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Pusat pemerintahan berada di Kediri meskipun pemindahan pusat pemerintahan ke Pare telah lama direncanakan dan bahkan sekarang dibatalkan. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Jombang di utara, Kabupaten Malang di timur, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Tulungagung di selatan, Kabupaten Madiun dan Kabupaten Ponorogo di barat, serta Kabupaten Nganjuk di barat dan utara.

Sejarah Kediri

Nama Kediri ada yang berpendapat berasal dari kata “KEDI” yang artinya “MANDUL” atau “Wanita yang tidak berdatang bulan”.Menurut kamus Jawa Kuno Wojo Wasito, ‘KEDI” berarti Orang Kebiri Bidan atau Dukun. Di dalam lakon Wayang, Sang Arjuno pernah menyamar Guru Tari di Negara Wirata, bernama “KEDI WRAKANTOLO”.Bila kita hubungkan dengan nama tokoh Dewi Kilisuci yang bertapa di Gua Selomangleng, “KEDI” berarti Suci atau Wadad. Disamping itu kata Kediri berasal dari kata “DIRI” yang berarti Adeg, Angdhiri, menghadiri atau menjadi Raja (bahasa Jawa Jumenengan). Untuk itu dapat kita baca pada prasasti “WANUA” tahun 830 saka, yang diantaranya berbunyi : ” Ing Saka 706 cetra nasa danami sakla pa ka sa wara, angdhiri rake panaraban”, artinya : pada tahun saka 706 atau 734 Masehi, bertahta Raja Pake Panaraban.Nama Kediri banyak terdapat pada kesusatraan Kuno yang berbahasa ImageJawa Kuno seperti : Kitab Samaradana, Pararaton, Negara Kertagama dan Kitab Calon Arang.Demikian pula pada beberapa prasasti yang menyebutkan nama Kediri seperti : Prasasti Ceber, berangka tahun 1109 saka yang terletak di Desa Ceker, sekarang Desa Sukoanyar Kecamatan Mojo.

Dalam prasasti ini menyebutkan, karena penduduk Ceker berjasa kepada Raja, maka mereka memperoleh hadiah, “Tanah Perdikan”.Dalam prasasti itu tertulis “Sri Maharaja Masuk Ri Siminaninaring Bhuwi Kadiri” artinya raja telah kembali kesimanya, atau harapannya di Bhumi Kadiri.Prasasti Kamulan di Desa Kamulan Kabupaten Trenggalek yang berangkat tahun 1116 saka, tepatnya menurut Damais tanggal 31 Agustus 1194.Pada prasasti itu juga menyebutkan nama, Kediri, yang diserang oleh raja dari kerajaan sebelah timur.”Aka ni satru wadwa kala sangke purnowo”, sehingga raja meninggalkan istananya di Katangkatang (“tatkala nin kentar sangke kadetwan ring katang-katang deni nkir malr yatik kaprabon sri maharaja siniwi ring bhumi kadiri”).Menurut bapak MM. Sukarto Kartoatmojo menyebutkan Imagebahwa “hari jadi Kediri” muncul pertama kalinya bersumber dari tiga buah prasasti Harinjing A-B-C, namun pendapat beliau, nama Kadiri yang paling tepat dimuculkan pada ketiga prasasti. Alasannya Prasti Harinjing A tanggal 25 Maret 804 masehi, dinilai usianya lebih tua dari pada kedua prasasti B dan C, yakni tanggal 19 September 921 dan tanggal 7 Juni 1015 Masehi.

Dilihat dari ketiga tanggal tersebut menyebutkan nama Kediri ditetapkan tanggal 25 Maret 804 M. Tatkala Bagawantabhari memperoleh anugerah tanah perdikan dari Raja Rake Layang Dyah Tulodong yang tertulis di ketiga prasasti Harinjing.Nama Kediri semula kecil lalu berkembang menjadi nama Kerajaan Panjalu yang besar dan sejarahnya terkenal hingga sekarang.Selanjutnya ditetapkan surat Keputusan Bupati Kepada Derah Tingkat II Kediri tanggal 22 Januari 1985 nomor 82 tahun 1985 tentang hari jadi Kediri, yang pasal 1 berbunyi ” Tanggal 25 Maret 804 Masehi ditetapkan menjadi Hari Jadi Kediri. Sumber:kedirikab.go.id

P E N G U M U M A N
Nomor : 810/1217/418.64/2014
tentang
PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL DAERAH
PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI TAHUN 2014 DARI PELAMAR UMUM

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 238 Tahun 2014 tentang Formasi Pegawai Negeri Sipil Kabupaten Kediri Tahun Anggaran 2014, Pemerintah Kabupaten Kediri akan melaksanakan seleksi penerimaan CPNSD tahun 2014 dari pelamar umum sejumlah 41 (empat puluh satu) formasi, dengan ketentuan sebagai berikut :

Formasi CPNS Kediri Kab 2014

Nama Jabatan Kualifikasi Pendidikan Golongan Ruang Jumlah Alokasi
Analis Bangunan Gedung S-1 Teknik Sipil III/a 1
Analis Dunia Kerja S-1 Ilmu Hukum III/a 1
Analis Jalan S-1 Teknik Sipil III/a 2
Analis Kependudukan dan Catatan Sipil S-1 Administrasi Negara / Publik III/a 1
Analis Kerjasama dan Permodalan S-1 Ekonomi Manajemen III/a 1
Analis Ketenagalistrikan S-1 Teknik Elektro Arus Kuat III/a 1
Analis Keuangan S-1 Ekonomi Akuntansi III/a 2
Analis Pelayanan Publik S-1 Administrasi Negara / Publik III/a 1
Analis Peningkatan Usaha Pertanian dan Agribisnis S-1 Agribisnis Pertanian III/a 1
Analis Penyuluh Keluarga Berencana Pertama S-1 Kesehatan Masyarakat III/a 1
Analis Perdagangan S-1 Administrasi Niaga / Bisnis III/a 1
Analis Perumahan S-1 Teknik Sipil III/a 1
Analis Perundang-undangan S-1 Ilmu Hukum III/a 1
Analis Potensi Hutan S-1 Kehutanan III/a 1
Analis Prasarana dan Energi S-1 Ekonomi Manajemen III/a 1
Apoteker Pertama Apoteker III/b 4
Asisten Apoteker Pelaksana D-3 Farmasi II/c 1
Bidan Pelaksana D-3 Kebidanan II/c 2
Dokter Gigi Pertama Dokter Gigi III/b 1
Dokter Pertama Dokter Umum III/b 4
Pekerja Sosial Pertama S-1 Semua Jurusan III/a 1
Pemeriksa Irigasi S-1 Teknik Pengairan III/a 1
Pengawas Bangunan Pengairan S-1 Teknik Sipil III/a 1
Pengelola Jaringan S-1 Informatika Komputer III/a 1
Penyuluh Pertanian Pertama S-1 Teknologi Hasil Pertanian III/a 1
Perawat Pelaksana D-3 Keperawatan II/c 4
Perencana Pertama S-1 Semua Jurusan III/a 1
Pranata Humas Pertama S-1 Ilmu Komunikasi III/a 1
Pranata Laboratorium Kesehatan Pelaksana D-3 Analis Kesehatan II/c 1

PERSYARATAN UMUM

  1. Warga Negara Indonesia, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 serta memiliki integritas yang tinggi terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Usia pada 1 Januari 2015 serendah-rendahnya 18 tahun dan setinggi-tingginya 35 tahun.
  3. Mempunyai pendidikan, kecakapan, keahlian dan ketrampilan yang diperlukan.
  4. Tidak pernah dihukum penjara/kurungan berdasarkan keputusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan.
  5. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil/Anggota Tentara Nasional Indonesia/Anggota Kepolisian Negara, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai Pegawai Swasta.
  6. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri/Pegawai Negeri.
  7. Tidak menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik.
  8. Sanggup dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.
  9. Berkelakuan baik yang dinyatakan dengan surat keterangan dari Kepolisian.
  10. Berbadan sehat jasmani dan rohani yang dinyatakan dengan surat keterangan Dokter Pemerintah.
  11. Tidak mengkonsumsi/menggunakan narkotika, psikotropika, prekursor dan zat adiktif lainnya yang dibuktikan dengan surat keterangan dari unit pelayanan kesehatan pemerintah.
  12. Telah mendaftarkan diri pada Dinas Tenaga Kerja setempat yang dinyatakan dengan Kartu Tanda Pencari Kerja.

Catatan : Untuk berkas persyaratan nomor 4 s/d 12 dilengkapi setelah dinyatakan lulus seleksi penerimaan CPNS tahun 2014.

Cara Pendaftaran
a. Sesuai kebijakan dari Panitia Seleksi Nasional/Panselnas dan Pemprov. Jatim, pendaftaran dilakukan secara online yakni mulai tanggal 1 s/d 12 September 2014 melalui portal nasional / Panselnas (http://panselnas.menpan.go.id) guna mendapatkan user name dan password. Dalam melakukan pendaftaran melalui portal nasional/Panselnas, agar memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
1) Setiap pelamar wajib memiliki alamat email
2) Setiap pelamar wajib mengisikan data pribadi sesuai data yang tertera dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP).
3) Konfirmasi pendaftaran dapat diterima melalui email setelah pelamar melakukan registrasi secara online melalui portal nasional.
b. Setelah mendapatkan konfirmasi pendaftaran (user name dan password) melalui email, selanjutnya pelamar dapat melakukan registrasi secara online melalui portal Badan Kepegawaian Negara/BKN (http://sscn.bkn.go.id).
c. Pelamar yang telah melakukan registrasi pada portal BKN (http://sscn.bkn.go.id) harus mencetak registrasi/bukti pendaftarannya yang merupakan salah satu persyaratan untuk mengajukan berkas lamaran.
d. Selanjutnya keseluruhan berkas lamaran dikirim melalui Kantor Pos Wilayah Kabupaten dan Kota Kediri mulai tanggal 1 s/d 12 September 2014 (stempel pos). Penerimaan berkas lamaran pada hari dan jam kerja, kecuali pada tanggal 12 September 2014 khusus di Kantor Pos Kediri, Jl. Mayjen Sungkono No. 32 Kediri pelayanan sampai dengan pukul 24.00 WIB.
e. Lamaran yang masuk sebelum dan sesudah melewati batas waktu sebagaimana tersebut di atas dinyatakan tidak berlaku.

MATERI TES

Materi yang diujikan adalah Tes Kompetensi Dasar (TKD), yang terdiri dari :

  • a. Tes Wawasan Kebangsaan, meliputi Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
  • b. Tes Intelegensia Umum, meliputi kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan berpikir logis dan kemampuan berpikir analitis
  • c. Tes Karakteristik Pribadi, meliputi integritas diri, semangat berprestasi, orientasi pada pelayanan, kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan, kemampuan bekerja sama dalam kelompok, kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain, orientasi kepada orang lain, serta kreativitas dan inovasi.

TEMPAT DAN WAKTU UJIAN

  1. Pelaksanaan ujian dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) dilaksanakan di Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara Surabaya Jl. Letjen S.Parman No. 6 Waru Sidoarjo ; Bahan latihan CAT : Klik Disini
  2. Jadwal waktu ujian untuk peserta yang lulus seleksi administrasi akan diberitahukan oleh Tim Pengadaan CPNSD Kab. Kediri melalui website Pemkab. Kediri (www.kedirikab.go.id) dan papan pengumuman di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kediri setelah ada penetapan dari BKN/Panselnas. Untuk itu kepada seluruh pelamar diminta agar selalu memantaunya melalui website Pemkab. Kediri.

LAIN – LAIN

  1. Pendaftaran tidak dipungut biaya apapun ;
  2. Berkas lamaran merupakan dokumen milik Tim Pengadaan CPNSD Kabupaten Kediri dan tidak dikembalikan ;
  3. Data isian pada Formulir Pendaftaran Online merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dengan berkas lamaran ;
  4. Segala kesalahan atau ketidaklengkapan dalam pengiriman berkas lamaran adalah tanggung jawab pelamar ;
  5. Berkas lamaran yang tidak sesuai dengan ketentuan dalam pengumuman ini, dinyatakan tidak memenuhi syarat ;
  6. Setiap pelamar akan memperoleh surat balasan dari Panitia ;
  7. Seleksi CPNS tahun 2014 menggunakan passing grade yang ditetapkan oleh Panitia Seleksi Penerimaan CPNS Nasional ;
  8. Hasil ujian akan diumumkan oleh Tim Pengadaan CPNSD Kabupaten Kediri setelah adanya penetapan kelulusan dari Panitia Seleksi Nasional/Menpan & RB melalui media massa, website Pemkab Kediri, papan pengumuman seluruh satker di Pemkab Kediri dan seluruh Kantor Pos di wilayah Kediri ;
  9. Pengumuman ini beserta contoh penulisan lamaran, surat pernyataan, amplop lamaran dan amplop balasan, dapat dilihat di website Pemkab. Kediri (www.kedirikab.go.id), seluruh Badan / Dinas / Kantor / Bagian / Kecamatan se-Kabupaten Kediri serta seluruh Kantor Pos di wilayah Kediri ;
  10. Setiap pelamar diminta untuk mewaspadai kemungkinan adanya upaya penipuan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan Panitia/Tim Pengadaan CPNS Pusat maupun Daerah.
  11. Hanya pelamar yang memenuhi syarat yang dapat diproses lebih lanjut, apabila dikemudian hari ditemukan data yang tidak memenuhi syarat, Tim Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah Kabupaten Kediri dapat membatalkan keseluruhan proses penerimaan CPNS atas yang bersangkutan.
  12. Keputusan Tim Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah Kabupaten Kediri tidak dapat diganggu gugat.
  13. Sumber : http://cpns.kedirikab.go.id

Info Lowongan CPNS Kab Kediri persembahan www.pusatinfocpns.com

Share