Lowongan CPNS DKI Jakarta

Share
Advertisement

CPNS DKILowongan Resmi CPNS DKI JakartaDaerah Khusus Ibukota Jakarta – DKI Jakarta adalah ibu kota negara Indonesia. Jakarta merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang memiliki status setingkat provinsi. Jakarta terletak di bagian barat laut Pulau Jawa. Dahulu pernah dikenal dengan nama Sunda Kelapa (sebelum 1527), Jayakarta (1527-1619), Batavia/Batauia, atau Jaccatra (1619-1942), dan Djakarta (1942-1972). Di dunia internasional Jakarta juga mempunyai julukan seperti J-Town, atau lebih populer lagi The Big Durian karena dianggap kota yang sebanding New York City (Big Apple) di Indonesia.

Jakarta memiliki luas sekitar 661,52 km² (lautan: 6.977,5 km²), dengan penduduk berjumlah 10.187.595 jiwa (2011). Wilayah metropolitan Jakarta (Jabotabek) yang berpenduduk sekitar 28 juta jiwa, merupakan metropolitan terbesar di Asia Tenggara atau urutan kedua di dunia.

Sebagai pusat bisnis, politik, dan kebudayaan, Jakarta merupakan tempat berdirinya kantor-kantor pusat BUMN, perusahaan swasta, dan perusahaan asing. Kota ini juga menjadi tempat kedudukan lembaga-lembaga pemerintahan dan kantor sekretariat ASEAN. Jakarta dilayani oleh dua bandar udara, yakni Bandara Soekarno–Hatta dan Bandara Halim Perdanakusuma, serta satu pelabuhan laut di Tanjung Priok.

Jakarta merupakan kota dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang cukup pesat. Saat ini, lebih dari 70% uang negara beredar di Jakarta. Perekonomian Jakarta terutama ditunjang oleh sektor perdagangan, jasa, properti, industri kreatif, dan keuangan. Beberapa sentra perdagangan di Jakarta yang menjadi tempat perputaran uang cukup besar adalah kawasan Tanah Abang dan Glodok. Kedua kawasan ini masing-masing menjadi pusat perdagangan tekstil serta barang-barang elektronik, dengan sirkulasi ke seluruh Indonesia. Bahkan untuk barang tekstil dari Tanah Abang, banyak pula yang menjadi komoditi ekspor. Sedangkan untuk sektor keuangan, yang memberikan kontribusi cukup besar terhadap perekonomian Jakarta adalah industri perbankan dan pasar modal. Untuk industri pasar modal, pada bulan Mei 2013 Bursa Efek Indonesia tercatat sebagai bursa yang memberikan keuntungan terbesar, setelah Bursa Efek Tokyo. Pada bulan yang sama, kapitalisasi pasar Bursa Efek Indonesia telah mencapai USD 510,98 miliar atau nomor dua tertinggi di kawasan ASEAN.

Pada tahun 2012, pendapatan per kapita masyarakat Jakarta sebesar Rp 110,46 juta per tahun (USD 12,270). Sedangkan untuk kalangan menengah atas dengan penghasilan Rp 240,62 juta per tahun (USD 26,735), mencapai 20% dari jumlah penduduk. Disini juga bermukim lebih dari separuh orang-orang kaya di Indonesia dengan penghasilan minimal USD 100,000 per tahun. Kekayaan mereka terutama ditopang oleh kenaikan harga saham serta properti yang cukup signifikan. Saat ini Jakarta merupakan kota dengan tingkat pertumbuhan harga properti mewah yang tertinggi di dunia, yakni mencapai 38,1%.[23] Selain hunian mewah, pertumbuhan properti Jakarta juga ditopang oleh penjualan dan penyewaan ruang kantor. Pada periode 2009-2012, pembangunan gedung-gedung pencakar langit (di atas 150 meter) di Jakarta mencapai 87,5%. Hal ini telah menempatkan Jakarta sebagai salah satu kota dengan pertumbuhan pencakar langit tercepat di dunia.[24] Pada tahun 2020, diperkirakan jumlah pencakar langit di Jakarta akan mencapai 250 unit. Dan pada saat itu Jakarta telah memiliki gedung tertinggi di Asia Tenggara dengan ketinggian mencapai 638 meter (The Signature Tower).

Di DKI Jakarta, tersedia jaringan jalan raya dan jalan tol yang melayani seluruh kota, namun perkembangan jumlah mobil dengan jumlah jalan sangatlah timpang (5-10% dengan 4-5%).

Menurut data dari Dinas Perhubungan DKI, tercatat 46 kawasan dengan 100 titik simpang rawan macet di Jakarta. Definisi rawan macet adalah arus tidak stabil, kecepatan rendah serta antrean panjang. Selain oleh warga Jakarta, kemacetan juga diperparah oleh para pelaju dari kota-kota di sekitar Jakarta seperti Depok, Bekasi, Tangerang, dan Bogor yang bekerja di Jakarta. Untuk di dalam kota, kemacetan dapat dilihat di Jalan Sudirman, Jalan Thamrin, Jalan Rasuna Said, Jalan Satrio, dan Jalan Gatot Subroto. Kemacetan sering terjadi pada pagi dan sore hari, yakni disaat jam pergi dan pulang kantor.

Untuk melayani mobilitas penduduk Jakarta, pemerintah menyediakan sarana bus PPD. Selain itu terdapat pula bus kota yang dikelola oleh pihak swasta, seperti Mayasari Bhakti, Metro Mini, Kopaja, dan Bianglala. Bus-bus ini melayani rute yang menghubungkan terminal-terminal dalam kota, antara lain Pulogadung, Kampung Rambutan, Blok M, Kalideres, Grogol, Tanjung Priok, Lebak Bulus, Rawamangun, dan Kampung Melayu.

Untuk angkutan lingkungan, terdapat angkutan kota seperti Mikrolet dan KWK, dengan rute dari terminal ke lingkungan sekitar terminal. Selain itu ada pula ojek, bajaj, dan bemo untuk angkutan jarak pendek. Tidak seperti wilayah lainnya di Jakarta yang menggunakan sepeda motor, di kawasan Tanjung Priok dan Jakarta Kota, pengendara ojek menggunakan sepeda ontel. Angkutan becak masih banyak dijumpai di wilayah pinggiran Jakarta seperti di Bekasi, Tangerang, dan Depok.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah memulai pembangunan kereta bawah tanah (subway) pada 2 Mei 2013 yang dananya diperoleh dari pinjaman lunak negara Jepang. Subway jalur Lebak Bulus hingga Bundaran Hotel Indonesia sepanjang 15 km ditargetkan beroperasi pada 2017. Jalur kereta monorel juga sedang dipersiapkan melayani jalur Semanggi – Roxy yang dibiayai swasta dan jalur Kuningan – Cawang – Bekasi – Bandara Soekarno Hatta yang dibiayai pemerintah pusat. Untuk lintasan kereta api, pemerintah pusat sedang menyiapkan double track pada jalur lintasan kereta api Manggarai-Cikarang. Selain itu juga, saat ini sedang dibangun jalur kereta api dari Manggarai menuju Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng.

PENGUMUMAN
Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (PemProv DKI Jakarta)
Formasi Tahun Anggaran 2014

Dalam rangka pelaksanaan Reformasi Birokrasi dibidang manajemen SDM aparatur dan mewujudkan reformasi sistem pengadaan Aparatur Sipil Negara berbasis kompetensi, yang dilaksanakan secara transparan, objektif, kompetitif, akuntabel, tidak diskriminatif, dan bebas dari praktek KKN maka Pemerintah Provinsi DKI Jakarta – PemProv DKI Jakarta akan mengadakan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi Tahun Anggaran 2014.

Formasi CPNS DKI Jakarta 2014

FORMASI JABATAN PENDIDIKAN GOL./RUANG ALOKASI
Jumlah 1133
RUMPUN PENDIDIKAN 350
1 Guru Kelas S 1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar III/a 308
2 Guru Agama Islam S 1 Pendidikan Guru Agama Islam III/a 42
RUMPUN KESEHATAN 10
1 Asisten apoteker D III Farmasi II/c
2 Perawat D III Keperawatan II/c
RUMPUN TEKNIS 372
1 Juru Ukur DIII Teknik Sipil II/c
2 Pemeriksa Tata Bangunan dan Perumahan DIII Teknik Sipil II/c 6
3 Analis Bencana S1 Teknik Sipil III/a 5
4 Analis Desain Taman S1 Arsitektur Lanskap III/a 2
5 Analis Angkutan Laut S1/D IV Teknik Transportasi Laut/ Darat III/a 1
6 Analis Angkutan Darat S1/D IV Teknik Transportasi Darat III/a 4
7 Analis Lingkungan Hidup S1 Teknik Lingkungan III/a 2
8 Analis Industri S1 Teknik Industri III/a 6
9 Analis Perumahan S1 Teknik Sipil III/a 2
10 Analis Kelistrikan S1 Teknik Elektronika III/a 5
11 Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Daerah S1 Semua Jurusan III/a 4
12 Instruktur S1 Teknik Elektronika III/a 4
13 Penera S1 Teknik Mesin III/a 4
14 Pengantar Kerja S1 Ilmu Hukum III/a 3
15 Pemeriksa Industri S1 Teknik Industri III/a 3
16 Pemeriksa Bangunan S1 Hukum III/a 3
17 Pengawas Pengujian Kendaraan Bermotor S1/D IV Teknik Transportasi Darat III/a 1
18 Preparator S1 Antropologi/Arkeologi III/a 3
19 Teknis Jalan dan Jembatan S1 TekniK Sipil III/a 6
20 Teknik Pengairan S1 Teknik Sipil Pengairan III/a 5
21 Analis Perumahan S1 Teknik Sipil III/a 2
22 Analis Industri S1 Teknik Industri III/a 4
23 Pengelola Sistem Jaringan S1 Sistem Informasi IT III/a 24
24 Teknik Pengairan S1 Teknik Sipil Pengairan III/a 2
25 Pemroses Izin dan Non Perizinan S1 Teknik Arsitektur/ Teknik Sipil III/a 267

PERSYARATAN UMUM

  • Warga Negara Republik Indonesia yang Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan memiliki integritas yang tinggi kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945;
  • Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS, Calon Anggota/Anggota TNI/POLRI;
  • Tidak berkedudukan sebagai Anggota atau Pengurus Partai Politik;
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
  • Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan Putusan Pengadilan yang mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan;
  • Tidak terlibat langsung atau tidak langsung dalam kegiatan organisasi yang bertentangan dengan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara dan Pemerintah (PUNP);
  • Memiliki dan memenuhi kualifikasi pendidikan (jenjang dan jurusan) sesuai dengan formasi yang dibutuhkan;
  • Sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan Surat Keterangan D
  • Bebas dari pemakaian narkoba yang dibuktikan dengan surat keterangan dari Rumah Sakit Pemerintah/Badan Narkotika Nasional/Kepolisian;
  • Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Kepolisian (setingkat
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditunjuk oleh Pemerintah.

PERSYARATAN KHUSUS

  • Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku (bukan resi atau KIPEM);
  • Memiliki ijazah/ijazah S2 Profesi (Surat Keterangan Lulus/Ijazah Sementara tidak berlaku) yang diperoleh dari :Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) bagi pelamar lulusan dari Perguruan Tinggi Negeri/Perguruan Tinggi Luar Negeri minimal 2,70 (dua koma tujuh puluh), dan lulusan dari Perguruan Tinggi Swasta minimal 3,00 (tiga koma nol);
  • Perguruan Tinggi Negeri;
  • Perguruan Tinggi Swastadengan program studi minimal terakreditasi B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang masih berlaku pada saat kelulusan; atau
  • Perguruan Tinggi Luar Negeri (PT-LN) yang diakui oleh Kementerian yang membidangi urusan pendidikan nasional, dibuktikan dengan Surat Keterangan Penyetaraan Ijazah dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, dan disertai dengan konversi IPK dalam skala 4 (apabila Perguruan Tinggi tersebut tidak menggunakan skala 4).
  • Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) bagi pelamar lulusan dari Perguruan Tinggi Negeri/Perguruan Tinggi Luar Negeri minimal 2,70 (dua koma tujuh puluh), dan lulusan dari Perguruan Tinggi Swasta minimal 3,00 (tiga koma nol);
  • Menguasai bahasa Inggris dengan baik yang dibuktikan dengan melampirkan salah satu sertifikat hasil tes kemampuan bahasa Inggris yang dikeluarkan tahun 2014 (khusus pelamar berpendidikan S2 Profesi dan S1), dengan ketentuan sebagai berikut :
    • EPT dengan nilai minimum 400 (empat ratus);
    • TOEFL Prediction dengan nilai minimum 400 (empat ratus);
    • IELTS dengan dengan nilai minimum 500 (lima ratus);dan
    • TOEIC dengan nilai minimum 600 (enam ratus).
  • Ketentuan usia adalah sebagai berikut :
    • S2 Profesi, memiliki usia minimum 18 tahun dan usia maksimum 35 tahun per 1 September 2014;
    • S1, memiliki usia minimum 18 tahun dan usia maksimum 33 tahun per 1 September 2014;
    • DIII, memiliki usia minimum 18 tahun dan usia maksimum 28 tahun per 1 September 2014.

TATA CARA PENDAFTARAN/ LAMARAN

  • Pelamar wajib memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) serta alamat email yang aktif untuk mengikuti proses rekrutmen CPNS Provinsi DKI Jakarta;
  • Setiap pelamar harus melakukan Registrasi Online dengan mengisi formulir pendaftaran melalui portal nasional Panitia Seleksi Nasional CPNS (PANSELNAS) (http://panselnas.menpan.go.id) dengan memilih Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada pilihan instansi yang dilamar;
  • Pelamar yang telah selesai mengisi formulir akan mendapatkan user id dan password yang dikirimkan ke alamat email masing-masing, paling lambat dalam waktu 1 x 24 jam setelah selesai mendaftar; dan
  • Pelamar yang telah mendapatkan user id dan password, diwajibkan mengisi kembali formulir pendaftaran yang berisi data diri lengkap pelamar melalui Sistem Seleksi CPNS Nasional Badan Kepegawaian Negara (SSCN BKN) (http://sscn.bkn.go.id);
  • Pada saat pengisian data pribadi pelamar, agar dilakukan secara teliti dan telah sesuai dengan data yang dimiliki agar tidak terjadi kesalahan data yang mengakibatkan gugurnya pelamar di tahapan Seleksi Administrasi;
  • Pelamar dapat memilih 3 (tiga) formasi jabatan, yang kualifikasi pendidikannya sama dan sesuai dengan kualifikasi pendidikan pelamar;
  • Bila pengisian data pribadi telah selesai dan disimpan, maka pelamar dapat mencetak Kartu Tanda Bukti Pendaftaran pada menu yang tersedia;
  • Selanjutnya peserta wajib mengirimkan berkas lamaran kepada panitia yang berisi:
  • hasil cetakan Kartu Tanda Bukti Pendaftaran yang telah ditempel pas foto berwarna terbaru ukuran closeup (4×6) pada bagian kiri atas;
  • lampiran berkas :
    • pas foto berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 3 lembar;
    • fotoki KTP yang masih berlaku (bukan resi/KIPEM);
    • fotoki ijazah dan ijazah profesi (khusus S2 Profesi) yang dilegalisasi oleh pejabat berwenang sesuai Keputusan Kepala BKN Nomor 11 Tahun 2002 (asli dengan stempel basah bukan stempel fotokopi ataupun hasil scan);
    • fotoki sertifikat/daftar hasil akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) atau Surat Keterangan status akreditasi yang dimiliki yang dikeluarkan oleh Kampus Perguruan Tinggi yang bersangkutan dengan masa berlaku sampai dengan saat kelulusan (khusus bagi lulusan Perguruan Tinggi Swasta yang tidak mencantumkan status akreditasinya pada ijazah);
    • fotoki transkrip nilai yang dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang (asli dengan stempel basah bukan stempel fotoki ataupun hasil scan); dan
    • fotoki sertifikat Tes Kemampuan Bahasa Inggris yang dikeluarkan tahun 2014 (khusus S2 Profesi dan S1).
  • Seluruh berkas lamaran disusun rapi dalam map snelhecter dan dimasukkan dalam amplop berwarna coklat. Berkas disusun dengan urutan sebagai berikut :
    • Pas foto berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 3 lembar;
    • Hasil cetakan Kartu Tanda Bukti Pendaftaran;
    • Fotokopi KTP;
    • Fotokopi Ijazah yang sudah dilegalisir ;
    • Fotokopi sertifikat/daftar hasil akreditasi dari BAN-PT atau Surat Keterangan status akreditasi dari kampus (khusus PTS yang tidak mencantumkan akreditasi pada ijazahnya);
    • Fotokopi transkrip nilai/daftar nilai yang telah dilegalisir; dan
    • Fotokopi Sertifikat Tes Kemampuan Bahasa Inggris (khusus S2 Profesi dan S1).
  • Ketentuan warna map snelhecter bagi pelamar adalah sebagai berikut :
    • Rumpun Pendidikan dengan map warna Merah;
    • Rumpun Kesehatan dengan map warna Hijau;
    • Rumpun Teknis dengan map warna Biru;
    • Rumpun Administrasi dengan map warna Kuning; dan
    • Rumpun Ekonomi dengan map warna Coklat.
  • Panitia tidak menerima berkas selain yang disampaikan melalui POBOX, dan data lamaran dikirimkan melalui PO BOX sesuai dengan Rumpun :
    • PO BOX 4841 JKP 10048 untuk Rumpun Kesehatan;
    • PO BOX 4842 JKP 10048 untuk Rumpun Pendidikan;
    • PO BOX 4843 JKP 10048 untuk Rumpun Teknis;
    • PO BOX 4844 JKP 10048 untuk Rumpun Administrasi; dan
    • PO BOX 4845 JKP 10048 untuk Rumpun Ekonomi.

12. Pada sebelah kiri atas amplop coklat ditulis Rumpun Jabatan dan pada sebelah kanan bawah amplop coklat ditulis alamat pengiriman.

PROSES SELEKSI

Seleksi dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut :

SELEKSI ADMINISTRASI

  • Berkas lamaran yang tidak lengkap dan atau tidak sesuai ketentuan dinyatakan tidak lulus seleksi administrasi.
  • Bagi peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan diumumkan di web resmi Badan Kepegawaian Daerah Provinsi DKI (http://bkddki.jakarta.go.id) dan diminta mendownload Kartu Ujian melalui user id masing-masing pada sistem SSCN BKN (http://sscn.bkn.go.id) yang harus dibawa pada saat mengikuti ujian Tes Kompetensi Dasar (TKD).
  • TES KOMPETENSI DASAR (TKD). Bahan latihan CAT CPNS : Klik Disini
    • Hanya peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dan membawa Kartu Ujian serta bukti identitas diri asli berupa KTP (sesuai dengan data saat pendaftaran online) yang dapat mengikuti ujian TKD.
    • Ujian TKD menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).
    • Materi ujian TKD terdiri dari : Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensi Umum dan Tes Karakteristik Pribadi yang dibuat oleh Konsorsium Perguruan Tinggi Negeri.
  • TES KOMPETENSI BIDANG (TKB)
    • Semua peserta yang dinyatakan lulus ujian TKD dapat mengikuti ujian TKB.
    • Ujian TKB menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).
    • Materi ujian TKB berupa Tes Psikologi.

TEMPAT PELAKSANAAN

  • Lokasi Ujian TKD : Lokasi ujian Tes Kompetensi Dasar (TKD) yang meliputi tempat dan ruangan akan diinformasikan bersamaan dengan pengumuman kelulusan seleksi administrasi.
  • Lokasi Ujian TKB : Lokasi ujian Tes Kompetensi Bidang (TKB) yang meliputi tempat dan ruangan akan diinformasikan setelah pengumuman kelulusan ujian Tes Kompetensi Dasar (TKD).

KETENTUAN LAIN – LAIN

  • Panitia tidak memproses setiap lamaran yang tidak memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh panitia;
  • Berkas lamaran tidak dikembalikan dan menjadi milik panitia;
  • Pelamar tidak dipungut biaya apapun;
  • Keputusan panitia bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu-gugat;
  • Lamaran yang disampaikan sebelum pengumuman ini dibuat dinyatakan tidak berlaku;
  • Biaya transportasi dan akomodasi selama mengikuti tahapan tes ditanggung oleh pelamar;
  • Setiap pelamar yang memberikan data dan informasi tidak benar dan bersifat merugikan dibatalkan kelulusannya dan dapat dituntut sesuai dengan ketentuan yang berlaku; dan
  • Pelamar yang telah dinyatakan lulus hingga tahapan akhir seleksi dan sudah melakukan pemberkasan tetapi mengundurkan diri atau tidak mengikuti proses selanjutnya diwajibkan untuk mengganti biaya yang telah dikeluarkan panitia sebesar Rp. 50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah) yang disetorkan kepada Kas Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dikuatkan dengan surat pernyataan yang ditanda tangani peserta di atas materai Rp. 6.000-,;
  • Pengumuman dan informasi lain yang berkaitan dengan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil dapat dilihat melalui web http://panselnas.menpan.go.id, http://sscn.bkn.go.id, dan http://bkddki.jakarta.go.id;
  • Pengumuman akhir kelulusan pelamar CPNS Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan diumumkan melalui website http://bkddki.jakarta.go.id.

Lowongan CPNS DKI Jakarta persembahan www.pusatinfocpns.com. Semoga bermanfaat

Share