Lowongan CPNS Aceh Timur Kab

Share
Advertisement

Lowongan CPNS Kabupaten Aceh Timur – Formasi, Persyaratan, Penerimaan, Pendaftaran.

Aceh Timur KabKabupaten Aceh Timur adalah sebuah kabupaten yang berada di sisi timur Aceh, Indonesia. Kabupaten ini juga termasuk kabupaten kaya minyak selain Aceh Utara dan Aceh Tamiang. Kawasan ini juga termasuk basis Gerakan Aceh Merdeka sebelum diberlakukannya Darurat Militer sejak Mei 2003. Sebelum penerapan Darurat Militer ini, kawasan Aceh Timur termasuk kawasan hitam, terutama di kawasan Peureulak dan sekitarnya.

Sebelumnya ibukota Kabupaten Aceh Timur adalah Kota Langsa tetapi dengan disetujui UU No. 3 Tahun 2001, ibukota Kabupaten Aceh Timur dipindahkan ke Idi yang berpenduduk sekitar 34.282 jiwa (Sensus Penduduk Tahun 2010).

Kabupaten Aceh Timur terletak pada koordinat 4°09 5°16 Lintang Utara dan 97°13 98°02 Bujur Timur. Batas batas wilayah Aceh Timur adalah sebagai berikut :

“Sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Aceh Utara dan Selat Malaka ” Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Gayo Lues ” Sebelah Timur berbatasan dengan Selat Malaka, Kota Langsa, dan Aceh Tamiang ” Sebelah Barat berbatasan Kabupaten Aceh Tengah dan Kabupaten Bener Meriah.

Kabupaten Aceh Timur Memiliki Luas wilayah sebesar 6.040,60 Km², secara administratif Kabupaten Aceh Timur terdiri dari 24 Kecamatan, 512 Desa / Gampong, 1 Kelurahan dan 1596 Dusun. Nama nama Kecamatan yang ada di Kabupaten Aceh Timur adalah Kecamatan Simpang Ulim,kecamatan Julok, Kecamatan Nurussalam, Kecamatan Darul Aman, Kecamatan idi Rayeuk, Kecamatan Peureulak, Kecamatan Rantau Selamat, Kecamatan Birem Bayeun, Kecamatan Serba Jadi, Kecamatan Rantau Peureulak, Kecamatan Pante Bidari, Kecamatan Madat, Kecamatan Indra Makmur, Kecamatan Idi Tunong, Kecamatan Banda Alam, Kecamatan Peudawa, Kecamatan Peurelak Timur, Kecamatan Peurelak Barat, Kecamatan Sungai Raya, Kecamatan Simpang Jernih, Kecamatan Darul Ihsan, Kecamatan Peunaron, Kecamatan Idi Timur, dan Kecamatan Darul Falah

Secara umum Kabupaten Aceh Timur merupakan dataran rendah, perbukitan, sebagian berawa-rawa dan hutan mangrove, dengan ketinggian berada 0-308 m diatas permukaan laut. Keadaan tofografi faerah Kabupaten Aceh Timur dikelompokan atas 4 kelas lereng yaitu : 0-2%, 2-15%, 5-40% dan > 40%. Dilihat dari penyebaran lereng tersebut yaitu memiliki kemiringan lereng >40% hanya sebesar 6,7% yaitu meliputi Kecamatan Birem Bayeun dan Serbajadi. Sedangkan wilayah yang memiliki kemiringan lereng 0-2%,2-15% dan 5-40% meliputi seluruh Kecamatan

Komoditi unggulan Kabupaten Aceh Timur yaitu sektor pertanian dan jasa. Sektor pertanian komoditi unggulannya adalah sub sektor tanaman perkebunan dengan komoditi Kelapa Sawit, Kakao, Karet, Kopi dan Kelapa Sub sektor pertanian komoditi yang diunggulkan berupa Jagung dan Ubi kayu, Pariwisatanya yaitu wisata alam, wisata adat dan budaya.

Sebagai penunjang kegiatan perekonomian, di Kabupaten Ini Tersedia 1 Pelabuhan Industri, yaitu Pelabuhan Pelabuhan Idi, Di Provinsi ini juga terdapat tiga jalan, Yaitu jalan Negara, jalan kabupaten dan jalan Provinsi. Panjang Jalan Provinsi adalah 89 km, panjang jalan kebupaten adalah 1.100 km dan panjang jalan negara adalah 102 km. Untuk industri tersedia 6 kawasan industri, yaitu Kawasan Industri UMKM Pisang Sale, Kawasan Industri Kelapa Terpadu, Kawasan Industri Pengolahan Rotan, Kawasan Industri Agro dan Perikanan, Kawasan Industri Kelapa Terpadu Timur (KITAT) dan Kawasan Industri Migas Pertambangan dan Energi yang didukung juga oleh fasilitas listrik dan telekomunikasi.

PENGUMUMAN
Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil / Calon Aparatur Sipil Negara (CPNS / CASN)
Pemerintah Kabupaten Aceh Timur (Pemkab Aceh Timur)
Formasi Tahun Anggaran 2014 – 2015

Dalam rangka pelaksanaan Reformasi Birokrasi dibidang manajemen SDM aparatur dan mewujudkan reformasi sistem pengadaan Aparatur Sipil Negara berbasis kompetensi, yang dilaksanakan secara transparan, objektif, kompetitif, akuntabel, tidak diskriminatif, dan bebas dari praktek KKN maka Pemerintah Kabupaten Aceh Timur – Pemkab Aceh Timur akan mengadakan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi Tahun Anggaran 2014.

Formasi CPNS Kabupaten Aceh Timur 2014 – 2015

NO. JABATAN PENDIDIKAN GOL./RUANG
Jumlah
I. JABATAN FUNGSIONAL TERTENTU DAN FUNGSIONAL UMUM
1 Medik Veteriner Pertama Dokter Hewan III/b
2 Analis Ketahanan Pangan S-2 Agroteknologi III/b
3 Penyuluh Keluarga Pra Sejahtera dan Keluarga Sejahtera S-1 Psikologi III/a
S-1 Hukum Islam III/a
4 Perencana Pertama S-1 Geografi Murni III/a
5 Penata Ruang Pertama S-1 Planologi III/a
6 Pengawas Mutu Hasil Pertanian Pertama S-1 Teknologi Hasil Pertanian III/a
7 Analis Kelembagaan/Organisasi S-1 Ilmu Hukum III/a
S-1 Sosial Politik (Ilmu Politik) III/a
8 Inspektur Tambang Pertama S-1 Teknik Pertambangan III/a
S-1 Geologi III/a
9 Analis Informasi Hasil Pertanian S-1 Teknik Pertanian III/a
S-1 Agribisnis III/a
10 Bidan Pertama D-IV Bidan Pendidik III/a
11 Teknik Tata Bangunan dan Perumahan Pertama S-1 Teknik Sipil III/a
12 Analis Keuangan S-1 Perbankan III/a
S-1 Ekonomi Manajemen III/a
S-1 Ekonomi Syariah III/a
13 Analis Rehabilitasi S-1 Kesehatan Masyarakat III/a
14 Analis Konservasi Kawasan S-1 Kehutanan III/a
15 Analis Pengembangan Wilayah S-1 Planologi III/a
S-1 Teknik Sipil III/a
16 Perancang Peraturan Perundang-undangan Pertama S-1 Hukum Pidana III/a
17 Pemeriksa Pajak Pelaksana D-III Perpajakan II/c
18 Pranata Komputer Pertama S-1 Manajemen Informatika III/a
19 Pranata Komputer Pelaksana D-III Komputer II/c
20 Sekretaris D-III Kesekretariatan II/c
21 Pemandu Wisata D-III Pariwisata II/c
II. JABATAN YANG DAPAT DILAMAR OLEH SARJANA DARI SEMUA JURUSAN
22 Analis Kebijakan Pertama S-1 Semua Jurusan III/a
23 Perencana Pertama S-1 Semua Jurusan III/a
24 Auditor Pertama S-1 Semua Jurusan III/a

Persyaratan Khusus Pelamar

  1. Surat lamaran dibuat dengan tulisan tangan sendiri memakai tinta hitam;
  2. Pelamar berdomisili dalam wilayah Provinsi Aceh, dibuktikan dengan KTP Aceh;
  3. Berusia serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya 35 (tiga puluh lima) tahun per-1 Desember 2014, ditunjukkan dengan Fotocopy Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku, dan sesuai dengan yang tertera pada Ijazah;
  4. Foto copy Ijazah dan transkrip nilai/akta yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang.
  5. Pas Foto Warna 4 x 6 sebanyak 5 (lima) lembar.
  6. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) :
    • a. Untuk jurusan eksakta disyaratkan IPK 2,75 (dua koma tujuh puluh lima)
    • b. Untuk jurusan non eksakta disyaratkan IPK 3,00 (tiga koma nol nol).
    • c. Untuk Jabatan Bidan Pendidik disyaratkan IPK 3.00 (tiga koma nol nol).
  7. Setelah menyelesaikan pendaftaran secara online, peserta wajib mengirimkan semua berkas persyaratan yang ditentukan ditambah dengan print out asli bukti pendaftaran secara online yang telah ditandatangani oleh pelamar.

Pendaftaran

  • Pendaftaran online melalui portal Panselnas untuk mendapatkan link registrasi, user dan password (Cek di email Anda) : http://regpanselnas.menpan.go.id
  • Lalu dilanjutkan ke laman : http://sscn.bkn.go.id : untuk melakukan pengisian biodata dan memilih jabatan pada instansi yang dilamar.
  • Pendaftaran online CPNS 2014 dilakukan mulai tanggal 12 s.d. 26 September 2014
  • Pelamar yang terbukti menyampaikan berkas kelengkapan administrasi yang tidak benar/palsu akan didiskualifikasi dan tidak dapat mengikuti ujian, serta akan mempertanggungjawabkan perbuatannya sesuai dengan hukum yang berlaku;
  • Kartu tanda peserta ujian harus diambil oleh peserta ujian dan tidak bisa diwakili dengan melengkapi kelengkapan berkas persyaratan di Sekretariat Panitia Penerimaan dan Verifikasi berkas kelengkapan administrasi pelamar umum di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Timur, pada Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Aceh Timur.

Jadwal Ujian

  1. Pelaksanaan Ujian Tes Kompetensi Dasar (TKD) dengan Sistem Computer Assisted Test (CAT) akan diinformasikan pada saat pengambilan Kartu Tanda Peserta Ujian;
  2. Peserta yang tidak hadir untuk mengikuti tes sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dengan alasan apapun dianggap mengundurkan diri dari proses seleksi pengadaan CPNS Tahun 2014;
  3. Pelamar yang dinyatakan lolos tahapan Computer Assisted Test (CAT) diharuskan mengikuti ujian Tes Kompetensi Bidang (TKB) yang waktunya akan ditentukan kemudian.

Materi Ujian

1. Tes Kompetensi Dasar (TKD) akan dilaksanakan dengan menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT).
2. Test Kompetensi Bidang (TKB) bagi yang dinyatakan lulus TKD.
3. Khusus bagi peserta yang mengikuti ujian TKB diwajibkan membuat karya tulis yang judulnya berkaitan dengan disiplin ilmu peserta seleksi untuk dilakukan wawancara dan diserahkan kepada panitia pelaksana 5 (lima) hari sebelum pelaksanaan ujian seleksi TKB.
4. Petunjuk penulisan karya tulis:
a. Sistimatika penulisan karya tulis adalah:

  • BAB I Latar Belakang Masalah
  • BAB II Studi Kepustakaan
  • BAB III Pemecahan Masalah
  • BAB IV Penutup

b. Judul karya tulis untuk peserta Ujian TKB sesuai dengan disiplin ilmu yang diperoleh, dengan ketentuan diketik di atas kertas HVS kuarto jarak ketikan 2 (dua) spasi dan sekurang-kurangnya 20 (dua puluh) halaman.

Lain-lain

  1. Tes TKD CPNS akan dilakukan dengan sistem CAT. Bahan latihan CAT CPNS : Klik Disini
  2. Pelamar tidak dipungut biaya;
  3. Berkas lamaran yang tidak memenuhi persyaratan tidak akan diproses dan tidak dapat diminta kembali oleh pelamar;
  4. Biaya Transportasi dan akomodasi pelamar selama mengikuti proses seleksi ditanggungoleh masing-masing peserta;
  5. Keputusan Tim Pengadaan CPNS Pemerintah Kabupaten Aceh Timur bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat;
  6. Hasil keputusan seluruh proses seleksi adalah murni dan bebas KKN.
  7. Sumber

Lowongan CPNS Kab Aceh Timur persembahan dari Pusat Info CPNS

Share