Lowongan CPNS Aceh Tenggara Kab

Share
Advertisement

Lowongan CPNS Kabupaten Aceh Tenggara – Formasi, Persyaratan, Penerimaan, Pendaftaran.

Aceh Tenggara KabKabupaten Aceh Tenggara adalah salah satu kabupaten di Aceh, Indonesia. kabupaten ini beribukota Kutacane, Kabupaten ini berada di daerah pegunungan dengan ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut, yakni bagian dari pegunungan Bukit Barisan. Taman Nasional Gunung Leuser yang merupakan daerah cagar alam nasional terbesar terdapat di kabupaten ini. Pada dasarnya wilayah Kabupaten Aceh Tenggara kaya akan potensi wisata alam, salah satu diantaranya adalah Sungai Alas yang sudah dikenal luas sebagai tempat olah raga Arung Sungai yang sangat menantang. Secara umum ditinjau dari potensi pengembangan ekonomi, wilayah ini termasuk Zona Pertanian. Potensi ekonomi daerah berhawa sejuk ini adalah kopi dan hasil hutan. Dalam bidang Pertambangan, Aceh Tenggara memiliki deposit bahan galian golongan-C yang sangat beragam dan potensial dalam jumlah cadangannya.

Kabupaten Aceh Tenggara adalah pemekaran dari Kabupaten Aceh Tengah,awal berdirinya kab,Agara(kabupaten Aceh tenggara) adalah di mulai ketika pada tgl 06-Desember-1957 terbentuk panitia tuntutan rakyat Alas dan Gayo Lues melalui sebuah rapat di sekolah Min prapat hulu yg di hadiri oleh 60 pemuka adat Alas dan Gayo lues, dan hasilnya adalah. :
1) Ibukota Aceh tengah di pindahkan dari Takengon ke kutacane.
2) jika tidak memungkinkan memindahkan ibukota ke Kutacane,maka kewedanan Alas dan gayo lues di jadikan satu kabupaten yg tidak terlepas dari Provinsi Aceh.

Atas tuntutan itu diadakanlah rapat raksasa di Kutacane yg di hadiri lebih dari 200.000 orang. Akhirnya pada tanggal 26-juni-1974 kab,Agara di resmikan oleh mentri dalam negeri H,Amir machmud sebagai kabupaten yg terlepas dari kabupaten Aceh tengah,sekaligus diangkatlah Bupati pertama yakni (Alm) H,syahadat.

Sebelum datangnya Pengaruh Kesultanan Aceh tanah Alas sudah mengenal yang namanya sistem Kerajaan yang di mulai dengan kerajaan mbatu bulan yang di dirikan oleh Raja lembing anak dari Raja lotung dari Tanah Samosir Laut yang di ikuti oleh berdirinya kerajaan Bambel, dan kerajaan mbiak moli. Berbeda dengan daerah inti Kesultanan Aceh Darussalam yang memimpin setiap Mukim adalah Ullebalang, Di Tanah Alas dan Gayo Lues tidak mengenal sistem Mukim melainkan Kejuruan yang masing-masing kejuruan di perintah oleh Geuchik yang langsung bertanggung jawab kepada Sultan di ibu kota kerajaan Banda Aceh. pada masa Sultan Iskandar Muda Tanah Alas di bagi menjadi Dua kejuruan yakni kejuruan Bambel dan Kejuruan Mbatu bulan yang masing-masing kejuruan telah mendapatakan Cap Sikureung dari Kesultanan Aceh Darussalam selain cap sekureung Sultan Iskandar Muda juga memberikan sebuah Bawar Pedang(sejenis Tongkat komando).

Yang di maksud suku Perantau adalah suku Minangkabau, bagi suku Alas etnik Minangkabau sudah tidak asing lagi bagi Tanah Alas, Bahkan menantu Raja Lembing pendiri Kerajaan Mbatu Bulan adalah pria Minang dari Pariaman yang bernama Raja Dewa. Dia adalah penyiar agama Islam yang pertama di Tanah Alas, untuk mempercepat proses pengislaman Rakyat Alas, Raja Dewa dan Raja Lembing membuat suatu prasasti di daerah Desa Mbatu Bulan sekarang, di mana Raja Dewa akan menikahi putri sulung dari Raja lembing dan Raja lembing akan memberikan takhta kerajaan mbatu bulan ke Raja Dewa, tetapi sayang keturunan Minangkabau di Tanah Alas harus berhenti di Raja Dewa, di akibatkan sistem adat Minangkabau, yang menarik garis keturunan dari Ibu.

Barulah pada zaman kemerdekaan terjadi kembali Transmigrasi secara besar-besaran dari daerah Pariaman pesisir, permukiman Minang di Kabupaten Aceh Tenggara masih ada sampai sekarang terbukti dengan adanya Desa Trandam dengan populasi terbesar di Aceh Tenggara di ikuti dengan Desa Pasar Belakang, Desa Strak Pisang, dan Kota Kutacane.

Suku perantau lainnya adalah suku Jawa yang sekarang bermukim di desa Purwodadi, dan pada akhir-akhir ini etnis pendatang bertambah kembali dengan datangnya Suku Sunda dari Provinsi Jawa Barat.

PENGUMUMAN
Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil / Calon Aparatur Sipil Negara (CPNS / CASN)
Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara (Pemkab Aceh Tenggara)
Formasi Tahun Anggaran 2014 – 2015

Dalam rangka pelaksanaan Reformasi Birokrasi dibidang manajemen SDM aparatur dan mewujudkan reformasi sistem pengadaan Aparatur Sipil Negara berbasis kompetensi, yang dilaksanakan secara transparan, objektif, kompetitif, akuntabel, tidak diskriminatif, dan bebas dari praktek KKN maka Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara – Pemkab Aceh Tenggara akan mengadakan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi Tahun Anggaran 2014.

Formasi CPNS Kabupaten Aceh Tenggara 2014 – 2015

NO. JABATAN PENDIDIKAN GOL./RUANG ALOKASI
Jumlah 44
1 Dokter Umum Dokter Umum III/b 3
2 Perawat Pertama S1 Keperawatan + NERS III/a 5
3 Administrator Kesehatan Pertama S1 SKM III/a 2
4 Perawat Pelaksana D.III Akademi Keperawatan II/c 4
5 Bidan Pelaksana D.III Akademi Kebidanan II/c 3
6 Guru Kelas Pertama S1 PGSD III/a 7
7 Guru TK Pertama S1 PGTK III/a 4
8 Guru Bahasa Indonesia Pertama S1 Pendidikan Bahasa Indonesia III/a 2
9 Guru Bahasa Inggris Pertama S1 Pendidikan Bahasa Inggris III/a 2
10 Guru Biologi Pertama S1 Pendidikan Biologi III/a 2
11 Guru BP/BK Pertama S1 Pendidikan BP/BK III/a 2
12 Guru Fisika Pertama S1 Pendidikan Fisika III/a 2
13 Teknisi Bangunan S1 Pendidikan Arsistektur Tata Bangunan III/a 2
14 Analis Keuangan S1 Ekonomi Manajemen II/c 2
15 Penyuluh Pertanian Pertama S1 Pertanian Hama Penyakit Tanaman (HPT) III/a 2

Persyaratan Umum:

  1. Permohonan ditulis tangan sendiri ditujukan kepada Bupati Aceh Tenggara menggunakan tinta hitam diatas kertas HVS memakai materai Rp. 6.000,- dengan mencantumkan formasi jabatan yang dilamar.
  2. Fotocopy ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang (bagi tenaga pendidik/guru melampirkan Akta IV).
  3. Warga Negara Indonesia yang memiliki kualifikasi pendidikan (jenjang dan jurusan) sesuai dengan formasi yang dibutuhkan;
  4. Pria dan Wanita dengan usia minimal 18 (delapan belas) tahun dan maksimal 35 (tiga puluh lima) tahun pada tanggal 01 September 2014.
  5. Berijazah, lulusan Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta yang telah terakreditasi oleh Badan AkreditasiPerguruan Tinggi (BANPT) minimal C atau Perguruan Tinggi Luar Negeri yang telah mendapat pengesahan dari kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Surat Keterangan Lulus/Ijazah sementara tidak berlaku;
  6. Surat Keterangan Sehat jasmani dan rohani dari dokter pemerintah setempat;
  7. Tidak terikat hubungan kerja/ikatan dinas dengan Instansi Pemerintah atau Badan Swasta lainnya (Anak Lampiran I-d Keputusan Kepala Badan Kepegawaian Negara);
  8. Tidak terlibat langsung atau tidak langsung dalam kegiatan organisasi yang bertentangan dengan Pancasila, Undang-Undang 1945, Negara dan Pemerintah (PUNP);
  9. Surat Keterangan Tidak pernah mengkunsumsi narkoba dari Badan Narkotika Kabupaten;
  10. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta
  11. Pas Photo terbaru ukuran 3 x 4 cm sebanyak 3 (tiga) lembar 4×6 cm sebanyak 3 (tiga) lembar.
  12. Melampirkan Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  13. Persyaratan diatas dimasukkan kedalam stofmap masing-masing rangkap 2 (dua):
    • - Bagi Tenaga Guru Stofmap Berwarna Merah.
    • - Bagi Tenaga Kesehatan Stofmap berwarna Kuning.
    • - Bagi Tenaga Administrasi Stofmap berwarna warna Biru.

Pendaftaran CPNS Aceh Tenggara

Pendaftaran online melalui portal Panselnas untuk mendapatkan link registrasi, user dan password (Cek di email Anda)

Lalu dilanjutkan ke laman : http://sscn.bkn.go.id : untuk melakukan pengisian biodata dan memilih jabatan pada instansi yang dilamar.

Catatan:

  • Tes TKD CPNS akan dilakukan dengan sistem CAT. Bahan latihan CAT CPNS : Klik Disini
  • Informasi Pendaftaran dan Syarat CPNS Aceh Tenggara 2014 dapat anda lihat di situs resmi Kabupaten Aceh Tenggara (Pemkab Aceh Tenggara) : www.acehtenggarakab.go.id Hanya saja informasi tersebut hanya akan tersedia setelah lowongan penerimaan CPNS 2014 Kabupaten Aceh Tenggara (Pemkab Aceh Tenggara) resmi dibuka.
  • Sumber

Lowongan CPNS Kabupaten Aceh Tenggara persembahan dari Pusat Info CPNS..

Share