Lowongan CPNS Aceh Besar Kab

Share
Advertisement

Lowongan CPNS Kabupaten Aceh Besar – Formasi, Persyaratan, Penerimaan, Pendaftaran.

Aceh Besar OKKabupaten Aceh Besar adalah salah satu kabupaten di Provinsi Aceh, Indonesia. Sebelum dimekarkan pada akhir tahun 1970-an, ibu kota Kabupaten Aceh Besar adalah Kota Banda Aceh. Setelah Kota Banda Aceh berpisah menjadi kotamadya tersendiri, ibukota kabupaten dipindahkan ke Jantho di Pegunungan Seulawah. Kabupaten Aceh Besar juga merupakan tempat kelahiran pahlawan nasional Cut Nyak Dhien yang berasal dari Lampadang.

Wilayah darat Aceh Besar berbatasan dengan Kota Banda Aceh di sisi utara, Kabupaten Aceh Jaya di sebelah barat daya, serta Kabupaten Pidie di sisi selatan dan tenggara.

Aceh Besar juga mempunyai wilayah kepulauan yaitu wilayah Kecamatan Pulo Aceh. Kabupaten Aceh Besar bagian kepulauan di sisi barat, timur dan utaranya dibatasi dengan Samudera Indonesia, Selat Malaka, dan Teluk Benggala, yang memisahkannya dengan Pulau Weh, tempat di mana Kota Sabang berada. Pulau-pulau utamanya adalah Pulau Breueh dan Pulau Nasi.

Secara geografis sebagian besar wilayah Kabupaten Aceh Besar berada pada hulu aliran Sungai Krueng Aceh. Saat ini kondisi tutupan lahan adalah 62,5% (menurut data citra landsat tahun 2007). Bandar Udara Internasional Sultan Iskandar Muda yang merupakan bandara internasional dan menjadi salah satu pintu gerbang untuk masuk ke Provinsi Aceh berada di wilayah kabupaten ini. Pulau Benggala yang merupakan pulau paling barat dalam wilayah Republik Indonesia merupakan bagian dari Kabupaten Aceh Besar.

PENGUMUMAN
Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil / Calon Aparatur Sipil Negara (CPNS / CASN)
Pemerintah Kabupaten Aceh Besar (Pemkab Aceh Besar)
Formasi Tahun Anggaran 2014 – 2015

Dalam rangka pelaksanaan Reformasi Birokrasi dibidang manajemen SDM aparatur dan mewujudkan reformasi sistem pengadaan Aparatur Sipil Negara berbasis kompetensi, yang dilaksanakan secara transparan, objektif, kompetitif, akuntabel, tidak diskriminatif, dan bebas dari praktek KKN maka Pemerintah Kabupaten Aceh Besar – Pemkab Aceh Besar akan mengadakan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi Tahun Anggaran 2014.

Formasi CPNS Kabupaten Aceh Besar 2014

NO. JABATAN PENDIDIKAN GOL./RUANG ALOKASI
Jumlah 100
Jumlah TENAGA KEPENDIDIKAN/GURU 52
I TENAGA KEPENDIDIKAN/GURU
1 Guru Geografi Pertama S1 Pendidikan Geografi III/a 15
2 Guru Bahasa Inggris pertama S1 Pendidikan Bahasa Inggris III/a 5
3 Guru Mekanika Industri dan Desain Pertama S1/D-IV Mekanika Industri dan Desain III/a 2
4 Guru Komputer Pertama S1 Teknik Informasi III/a 2
5 Guru Teknik Elektro Pertama S1 Pendidikan Teknik Elektro III/a 2
6 Guru Pendidikan Teknik Elekronika Pertama S1 Pendidikan Teknik Elektronika III/a 6
7 Guru Pendidikan Teknik Mekanik Otomotif Pertama S1 Teknik Mesin III/a 4
8 Guru Otomotif Pertama S1 Pendidikan Teknik Otomotif III/a 3
9 Guru Pendidikan Teknik Sipil Pertama S1 Teknik Sipil III/a 2
10 Guru Tata Busana pertama S1 Pendidikan Tata Busana III/a 1
11 Guru Seni Rupa/Seni Kriya Pertama S1 Pendidikan Seni Rupa III/a 1
12 Guru SLB Pertama S1 Pendidikan Tuna Rungu III/a 1
S1 Pendidikan Tuna Netra III/a 1
S1 Pendidikan Tuna Grahita III/a 1
S1 Pendidikan Tuna Daksa III/a 1
13 Guru Seni Budaya Pertama S1 Pendidikan Kesenian III/a 5
Jumlah Tenaga Kesehatan 16
II TENAGA KESEHATAN
1 DOKTER GIGI PERTAMA DOKTER GIGI III/b 4
2 APOTEKER PERTAMA APOTEKER III/b 1
3 FISIOTERAPIS PELAKSANA D III FISIOTERAPIS II/c 1
4 Teknik Elekromedis Pelaksana D III ATEM II/c 1
5 RADIOGRAFER PELAKSANA D III RADIOGRAFER II/c 1
6 PEREKAM MEDIS PELAKSANA D III APIKES II/c 2
7 PERAWAT GIGI PELAKSANA D III AKG II/c 3
8 NUTRISIONIS PERTAMA S1 GIZI III/a 1
9 NUTRISIONIS PELAKSANA D III GIZI II/c 2
Jumlah Tenaga Administrasi 32
III. TENAGA ADMINISTRASI
1 MEDIK VETERINER PERTAMA Dokter Hewan III/b 2
2 Auditor Pelaksana D III Akuntansi II/c 5
3 Auditor Pertama S1 Akuntansi III/a 9
4 Analisis Pajak D III Perpajakan II/c 3
5 Pranata Komputer Pertama S1 Informatika III/a 4
6 Arsitek S1 Teknik Arsitektur III/a 1
7 Teknisi Bangunan S1 Teknik Sipil III/a 1
8 Penyuluh Kehutanan Pertama S1 Planologi III/a 1
9 Inspektur Tambang Pertama S1 Teknik Pertambangan III/a 1
10 Pengendali Dampak Lingkungan Pertama S1 Teknik Geologi III/a 1
11 Perencana Pertama S1 Ekonomi Pembangunan III/a 2
12 Pranata Komputer Pelaksana D III Informatika II/c 2

PERSYARATAN U M U M

  1. Warga Negara Indonesia yang memiliki kualifikasi pendidikan (jenjang dan jurusan) sesuai dengan formasi yang dibutuhkan;
  2. Tidak pernah dihukum Penjara atau kurungan berdasarkan Keputusan Pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana;
  3. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat sebagai Pegawai dari suatu Instansi baik Pemerintah maupun Swasta ;
  4. Tidak pernah terlibat dalam suatu gerakan yang menentang Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara dan Pemerintah;
  5. Tidak berkedudukan sebagai Pegawai Negeri atau Calon Pegawai Negeri baik Sipil maupun TNI/POLRI;
  6. Tidak berkedudukan sebagai pengurus/anggota PARPOL;
  7. Sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Dokter Pemerintah/RSU atau Puskesmas;
  8. Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kriminal (SKCK) dari POLRI;
  9. Kartu Tanda Pencari Kerja (AK1) dari Dinas Tenaga Kerja;
  10. Surat Keterangan tidak mengonsumsi narkoba, psikotropika, prekursor dan zat adiktif lainnya dari Unit Pelayanan Kesehatan Pemerintah;
  11. Khusus untuk tenaga kependidikan tidak boleh tuna rungu, tuna wicara, juling, bibir sumbing, dan penyakit kulit/supak.
  12. Berijazah, lulus Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta yang telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT) minimal ”C”.
  13. Bagi pelamar dari lulusan Universitas/Perguruan Tinggi Luar Negeri harus mendapat pengesahan/penyetaraan dari Panitia Ijazah Luar Negeri Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sementara dari Sekolah Perguruan Tinggi Keagamaan di Luar Negeri harus mendapat pengesahan/penyetaraan dari Panitia Penilaian Ijazah Luar Negeri Kementerian Agama. Surat Keterangan Lulus/Ijazah sementara tidak berlaku.
  14. Calon pelamar/pendaftar dapat melakukan pendaftaran secara online ke alamat website panselnas di: https://panselnas.menpan.go.id untuk mendapatkan username dan password yang kemudian digunakan untuk log in ke SSCN di:https://sscn.bkn.go.id/. Setelah mengisi Form Registrasi melalui website pada SSCN, maka pelamar dapat mencetak tanda bukti pendaftaran.
  15. Tanda Bukti Pendaftaran dan Dokumen Lamaran lengkap dikirim ke Panitia Penyelenggaran Penerimaan CPNSD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Aceh Besar.

PERSYARATAN KHUSUS

  1. Pria dan Wanita berusia minimal 18 (delapan belas) tahun dan maksimal 35 (tiga puluh lima) tahun pada tanggal 1 September 2014;
  2. Untuk Tingkat Pendidikan Sastra-1 (S1) memiliki nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) : 3.00, dan Tingkat Pendidikan Diploma D-IV (D-IV) dan Diploma-III (D-III) memiliki nilai Indek Prestasi Kumulatif (IPK) : 2.75 dibuktikan dengan salinan Traskrip Nilai Akhir.
  3. Calon Pelamar/Pendaftar Wajib menunjukan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Aceh Besar, Kecuali untuk Tenaga Kependidikan/Guru/, S1 Teknik Pertambangan, S1 Geologi dan S1 Planologi boleh bukan KTP Aceh Besar.
  4. Surat Keterangan Lulus/Ijazah sementara tidak berlaku.
  5. Peserta yang memiliki AKTA-IV/Sertifikat Profesi sesuai dengan ijazah yang dimiliki tetapi lulusan pendidikan umum (bukan pendidikan keguruan) dapat mendaftar sebagai peserta tes Tenaga Kependidikan/guru bidang studi.
  6. Khusus Tenaga dokter harus mempunyai sertifikat lulus uji kompentensi/STR.
  7. Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku pada saat pendaftaran dan dilegalisir oleh Pejabat yang berwenang.
  8. Bagi peserta pendaftaran seleksi penerimaan CPNS diwajibkan memiliki alamat surat elektronik (Email) yang masih aktif.
  9. Bersedia ditempatkan di seluruh unit kerja dilingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Besar dan tidak akan mengajukan permohonan pindah selama 12 (dua belas) tahun.

II. PANDUAN PENDAFTARAN

  1. Proses Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) melalui jalur pelamar umum Tahun Anggaran 2014 dilakukan secara online ke alamat website Panselnas di : https://panselnas.menpan.go.id untuk mendapatkan username dan password yang kemudian digunakan untuk log in ke SSCN di:http://sscn.bkn.go.id/. Setelah mendaftar peserta pelamar harus mencetak Kartu Tanda Bukti Pendaftaran CPNS Tahun 2014, kemudian dilampirkan bersamaan dengan berkas/Dokumen Lamaran Peserta yang bersangkutan dan diantar langsung sendiri tanpa diwakili ke Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Aceh Besar untuk dilakukan Verifikasi data pelamar.

III. PELAKSANAAN UJIAN
1. WAKTU, TEMPAT, DAN TATA CARA PENDAFTARAN
A. WAKTU PENDAFTARAN
Calon Pelama dapat melakukan pendaftaran secara online ke alamat website Panselanas di https://panselnas.menpan.go.id dan untuk mendapatkan username dan password yang kemudian digunakan untuk log in ke http://sscn.bkn.go.id. Pendaftaran dapat dilakukan mulai tanggal 10 s/d 24 September 2014.
B. WAKTU DAN TEMPAT PENDAFTARAN ULANG
Pendaftaran ulang untuk verifikasi Berkas/Dokumen mulai tanggal 12 s/d 26 September 2014 (setiap hari kerja), dari pukul 09.00 s/d 16.00 WIB, di Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Aceh Besar. Jln. T. Baktiar Panglima Polem, SH Kota Jantho.
C. PENGAMBILAN NOMOR UJIAN
Pengambilan Nomor Ujian dilakukan mulai pada tanggal 29 September s/d 10 Oktober 2014.(setiap hari kerja), dari pukul 09.00 s/d 16.00 WIB, di Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Aceh Besar Jln. T. Bakhtiar Panglima Polem, SH Kota Jantho.
D. PENGUMUMAN LOKASI UJIAN
Lokasi Pelaksanaan Ujian dapat dilihat di LPMP Aceh pada tanggal 13 s/d 15 Oktober 2014.
E. PELAKSANAAN UJIAN
Waktu Pelaksanaan Ujian dilaksanakan pada tanggal 16 Oktober 2014 s/d selesai.

TATA CARA PENDAFTARAN ULANG

Pada saat mendaftar ulang peserta harus membuat surat permohonan tertulis tangan sendiri dengan menggunakan tinta hitam (Boxy) di atas kertas HVS tanpa materai dengan mencantumkan Formasi Jabatan dan Kualifikasi Pendidikan yang dilamar (sesuai dengan lampiran pengumuman) yang ditujukan kepada Bupati Aceh Besar dengan melampirkan :

  • 1) Fotokopi Kartu Tanda Bukti Pendaftaran CPNS Tahun 2014 yang telah dicetak melalui website pada SSCN;
  • 2) Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dilegalisir oleh pejabat yang berwenang.
  • 3) Fotokopi Ijazah dan Transkrip Nilai yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang (bukan surat keterangan lulus/ijazah sementara);
  • 4) Pasfoto terbaru ukuran 3x 4 cm (berwarna dengan latar belakang biru) sebanyak 3 (tiga) lembar;
  • 5) Khusus Tenaga dokter harus mempunyai sertifikat lulus uji kompentensi/STR.
  • 6) Untuk Pelamar Formasi Tenaga Kependidikan dari lulusan pendidikan umum (bukan pendidikan keguruan) harus melampirkan fotokopi AKTA IV/Sertifikat Profesi (sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dilamar) yang telah dilegalisir oleh pejabat berwenang.
  • 7) Keseluruhan bahan kelengkapan tersebut di atas, dimasukkan dalam map dan ditulis Nama, Tempat/Tanggal Lahir, Kualifikasi Pendidikan, dan Formasi Jabatan yang dilamar dengan ketentuan sebagai berikut :
    • 1. Untuk Tenaga Kependidikan/Guru bahan Adm dimasukkan dalam map warna Merah.
    • 2. Untuk Tenaga Kesehatan bahan Adm dimasukkan dalam map warna Kuning.
    • 3. Untuk Tenaga Admnistrasi bahan Adm dimasukkan dalam map warna Hijau.

LAIN-LAIN

  1. Tes TKD CPNS akan dilakukan dengan sistem CAT. Bahan latihan CAT CPNS : Klik Disini
  2. Berkas lamaran yang telah diserahkan kepada Panitia Penyelenggara tidak dapat diambil kembali;
  3. Hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan langsung pada Panitia Penyelenggara.
  4. Sumber

Lowongan CPNS Kab Aceh Besar persembahan dari Pusat Info CPNS

Share