Lowongan CPNS 2013 Lebih Sedikit Dibanding Sektor Swasta

Share
Advertisement

Menteri Tenaga Kerja dan Tranmigrasi Muhaimin Iskandar mengungkapkan, tahun depan lowongan kerja untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) sangat sedikit sekali, jika dibandingkan sektor swasta formal lainnya.

“Lowongan kerja baru untuk PNS tahun depan sedikit sekali,” ucap Muhaimin ditemui di acara Pemberian Penghargaan Perusahaan Pembina Terbaiiik Tenaga Kerja Perempuan Tingkat Provinsi Tahun 2012, di Kantor Kementerian Ketenagakerjaan dan Transmigrasi, Jakarta, Senin (17/12/2012).

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN) Azwar Abubakar menyatakan, pemerintah siap merekrut hingga 70.000 PNS baru di 2013. Pasalnya, sebanyak 50% dari total PNS telah memasuki masa pensiun di 2013.

Azwar mengatakan, penyelenggaraan seleksi di 2012 saat ini memang tidak merekrut PNS dalam jumlah yang banyak.

Selain itu, Muhaimin mengatakan target Kemenakertras di 2013, akan ada 2,5 juta lowongan kerja baru, dan sektor paling banyak membutuhkan tenaga kerja baru adalah sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan yang diprediksi membuka 20.000 loowongan kerja baru.

“Pertambangan dan penggalian targetnya akan ada 46.000 kesempatan kerja baru, industri pengolahan sebanyak 936 ribu kesempatan kerja baru dan listrik, gas, dan air bersih sebanyak 13 ribu kesempatan kerja baru,” cetusnya. Ref : detik finance

Share