Lowongan Bank Indonesia Seleksi UGM Yogya

Share

Bank IndonesiaLowongan Bank Indonesia Seleksi UGM – Bank Indonesia (BI, dulu disebut De Javasche Bank) adalah bank sentral Republik Indonesia. Sebagai bank sentral, BI mempunyai satu tujuan tunggal, yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Kestabilan nilai rupiah ini mengandung dua aspek, yaitu kestabilan nilai mata uang terhadap barang dan jasa, serta kestabilan terhadap mata uang negara lain.

Untuk mencapai tujuan tersebut BI didukung oleh tiga pilar yang merupakan tiga bidang tugasnya. Ketiga bidang tugas ini adalah menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter, mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran, serta mengatur dan mengawasi perbankan di Indonesia. Ketiganya perlu diintegrasi agar tujuan mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah dapat dicapai secara efektif dan efisien.

BI juga menjadi satu-satunya lembaga yang memiliki hak untuk mengedarkan uang di Indonesia. Dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya BI dipimpin oleh Dewan Gubernur.

Sejarah

Pada 1828 De Javasche Bank didirikan oleh Pemerintah Hindia Belanda sebagai bank sirkulasi yang bertugas mencetak dan mengedarkan uang.

Tahun 1953, Undang-Undang Pokok Bank Indonesia menetapkan pendirian Bank Indonesia untuk menggantikan fungsi De Javasche Bank sebagai bank sentral, dengan tiga tugas utama di bidang moneter, perbankan, dan sistem pembayaran. Di samping itu, Bank Indonesia diberi tugas penting lain dalam hubungannya dengan Pemerintah dan melanjutkan fungsi bank komersial yang dilakukan oleh DJB sebelumnya.

Pada tahun 1968 diterbitkan Undang-Undang Bank Sentral yang mengatur kedudukan dan tugas Bank Indonesia sebagai bank sentral, terpisah dari bank-bank lain yang melakukan fungsi komersial. Selain tiga tugas pokok bank sentral, Bank Indonesia juga bertugas membantu Pemerintah sebagai agen pembangunan mendorong kelancaran produksi dan pembangunan serta memperluas kesempatan kerja guna meningkatkan taraf hidup rakyat.

Tahun 1999 merupakan Babak baru dalam sejarah Bank Indonesia, sesuai dengan UU No.23/1999 yang menetapkan tujuan tunggal Bank Indonesia yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah.

Pada tahun 2004, Undang-Undang Bank Indonesia diamandemen dengan fokus pada aspek penting yang terkait dengan pelaksanaan tugas dan wewenang Bank Indonesia, termasuk penguatan governance. Pada tahun 2008, Pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang No.2 tahun 2008 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang No.23 tahun 1999 tentang Bank Indonesia sebagai bagian dari upaya menjaga stabilitas sistem keuangan. Amandemen dimaksudkan untuk meningkatkan ketahanan perbankan nasional dalam menghadapi krisis global melalui peningkatan akses perbankan terhadap Fasilitas Pembiayaan Jangka Pendek dari Bank Indonesia.

Lowongan Kerja Bank Indonesia Seleksi UGM Yogya

Bank Indonesia mengundang putera puteri terbaik Bangsa Indonesia untuk berkarir di Bank Indonesia.

Posisi yang dibuka :

  • Analis Bank Indonesia (Database Talent)

Deskripsi Pekerjaan

Persyaratan:

  • S1/S2 Jurusan Administrasi Niaga, Administrasi Bisnis, Ekonomi Akuntansi, Ekonomi Studi Pembangunan, Ekonomi Manajemen, Hukum, Matematika, Statistika, Sistem Informasi, Teknik Informatika, Teknik Industri, Teknik Fisika, Teknik Kimia
  • IPK minimal 3.00 (skala 4.00);
  • S1 usia maksimal 26 tahun; S2 usia maksimal 28 tahun;
  • Memiliki kemampuan Bahasa Inggris aktif ;
  • Mampu bekerja sama dalam tim.
  • Tidak sedang menjalani ikatan dinas atau bersedia melepaskan ikatan dinas dengan institusi lain apabila diterima di Bank Indonesia;
  • Bersedia ditempatkan di seluruh Kantor Bank Indonesia.

Situs Referensi

  1. www.bi.go.id

Tata Cara Pengiriman Lamaran

Silakan melakukan pelamaran secara online melalui laman resmi Bank Indonesia di bawah ini :

Kemudian silakan datang dengan membawa persyaratan ke acara :

19th Career Days ECC UGM
27 – 28 Februari 2016
Grha Sabha Pramana UGM Lt 1 & 2.

Ketentuan Umum :

  • Data yang diinput kedalam database menjadi milik Bank Indonesia;
  • Bank Indonesia berhak menambahkan persyaratan lain yang sesuai degan kebutuhan spesifik untuk lowongan jabatan yang dibuka dan memilih kandidat terbaik untuk mengikuti proses seleksi selanjutnya.
  • Kebenaran dan kelengkapan data yang diinput menjadi tanggung jawab pengisi dan Bank Indoneisa dapat melakukan tindakan yang diperlukan apabila data yang disampaikan tidak benar dan/atau tidak lengkap.
  • Informasi dan keterangan lebih lanjut dapat menghubungi: Contact Center Bank Indonesia 131.
  • Sumber

Info Lowongan Kerja BI Seleksi UGM dikabarkan secara online oleh Pusat Info CPNS

Share