• Home »
  • BUMN »
  • Lowongan Bank Indonesia – Pendidikan Calon Pegawai Muda (PCPM)

Lowongan Bank Indonesia – Pendidikan Calon Pegawai Muda (PCPM)

Share
Advertisement

Bank IndonesiaLowongan Kerja Bank Indonesia – Bank Indonesia – BI adalah bank sentral Republik Indonesia. Sebagai bank sentral, BI mempunyai satu tujuan tunggal, yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Kestabilan nilai rupiah ini mengandung dua aspek, yaitu kestabilan nilai mata uang terhadap barang dan jasa, serta kestabilan terhadap mata uang negara lain.

Untuk mencapai tujuan tersebut BI didukung oleh tiga pilar yang merupakan tiga bidang tugasnya. Ketiga bidang tugas ini adalah menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter, mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran, serta mengatur dan mengawasi perbankan di Indonesia. Ketiganya perlu diintegrasi agar tujuan mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah dapat dicapai secara efektif dan efisien.

BI juga menjadi satu-satunya lembaga yang memiliki hak untuk mengedarkan uang di Indonesia. Dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya BI dipimpin oleh Dewan Gubernur. Sejak 2013, Agus Martowardojo menjabat sebagai Gubernur BI menggantikan Darmin Nasution.

Sejarah

Pada 1828 De Javasche Bank didirikan oleh Pemerintah Hindia Belanda sebagai bank sirkulasi yang bertugas mencetak dan mengedarkan uang.

Tahun 1953, Undang-Undang Pokok Bank Indonesia menetapkan pendirian Bank Indonesia untuk menggantikan fungsi De Javasche Bank sebagai bank sentral, dengan tiga tugas utama di bidang moneter, perbankan, dan sistem pembayaran. Di samping itu, Bank Indonesia diberi tugas penting lain dalam hubungannya dengan Pemerintah dan melanjutkan fungsi bank komersial yang dilakukan oleh DJB sebelumnya.

Pada tahun 1968 diterbitkan Undang-Undang Bank Sentral yang mengatur kedudukan dan tugas Bank Indonesia sebagai bank sentral, terpisah dari bank-bank lain yang melakukan fungsi komersial. Selain tiga tugas pokok bank sentral, Bank Indonesia juga bertugas membantu Pemerintah sebagai agen pembangunan mendorong kelancaran produksi dan pembangunan serta memperluas kesempatan kerja guna meningkatkan taraf hidup rakyat.

Tahun 1999 merupakan Babak baru dalam sejarah Bank Indonesia, sesuai dengan UU No.23/1999 yang menetapkan tujuan tunggal Bank Indonesia yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah.

Pada tahun 2004, Undang-Undang Bank Indonesia diamandemen dengan fokus pada aspek penting yang terkait dengan pelaksanaan tugas dan wewenang Bank Indonesia, termasuk penguatan governance. Pada tahun 2008, Pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang No.2 tahun 2008 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang No.23 tahun 1999 tentang Bank Indonesia sebagai bagian dari upaya menjaga stabilitas sistem keuangan. Amandemen dimaksudkan untuk meningkatkan ketahanan perbankan nasional dalam menghadapi krisis global melalui peningkatan akses perbankan terhadap Fasilitas Pembiayaan Jangka Pendek dari Bank Indonesia.

Kontak Bank Indonesia

Untuk surat, layangkan ke alamat :
Humas Bank Indonesia
Jl. MH. Thamrin 2 Jakarta 10350 Indonesia
Telp (021) 2981-7187
Faks (021) 350-1867
email : humasbi@bi.go.id

Lowongan Kerja Bank Indonesia Terbaru

PENDIDIKAN CALON PEGAWAI MUDA (PCPM), BERGABUNGLAH SEBAGAI GARDA DEPAN DALAM MEMBANGUN PEREKONOMIAN INDONESIA

Untuk Putra/Putri terbaik bangsa yang memiliki integritas dan dedikasi tinggi, komitmen untuk bekerja secara profesional, dan motivasi untuk bersama membangun negeri, BANK INDONESIA mengundang Anda untuk mengikuti seleksi :

Program Pendidikan Calon Pegawai Muda Bank Indonesia (PCPM – BI)
PCPM merupakan program penerimaan calon Pegawai Bank Indonesia yang disertai dengan pendidikan dalam rangka kaderisasi pimpinan Bank Indonesia. Bagi calon pegawai yang memenuhi persyaratan pada akhir program pendidikan akan diangkat sebagai Pegawai Bank Indonesia.

Deskripsi Pekerjaan

PERSYARATAN :

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Pendidikan minimal S1 dengan IPK minimal 3.00 (dari skala 4.00) :
    1. Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan
    2. Akuntansi
    3. Manajemen (Keuangan dan SDM)
    4. Ilmu Hukum
    5. Administrasi Niaga/Bisnis
    6. Sosial Ekonomi Pertanian/Agribisnis
    7. Teknik Industri
    8. MIPA Statistika
    9. MIPA Matematika
  • Usia maksimal per tanggal 26 Juli 2013 :
    1. 26 tahun untuk S1
    2. 28 tahun untuk S2
  • Memiliki kemampuan Bahasa Inggris aktif
  • Bersedia menjalani ikatan dinas dan melepas ikatan dinas dari institusi lain
  • Bersedia untuk tidak hamil selama pendidikan
  • Tidak memiliki saudara kandung/suami/istri yg bekerja di Bank Indonesia
  • Bersedia ditempatkan di seluruh kantor Bank Indonesia

Situs Referensi

  1. www.bi.go.id

Pengajuan Lamaran

Jika anda memenuhi kualifikasi di atas, silakan melamar secara online melalui laman :

Catatan:

  • Periode pendaftaran : 26 Juli – 1 Agustus 2013
  • Keputusan untuk memanggil pelamar dan penentuan hasil seleksi sepenuhnya merupakan kewenangan Bank Indonesia serta tidak dapat diganggu gugat.
  • Selama proses seleksi, Bank Indonesia tidak melayani surat menyurat, E-mail, dan sarana komunikasi lainnya.
  • Kepada peserta tidak akan dipungut biaya apapun

Undangan formal hanya akan dikirimkan melalui:

  • Melalui Email akan dikirimkan oleh PCPM BI – EXPERD dengan alamat email: bi@experd.com
  • Melalui SMS melalui nomor telepon: 08111660253 dan 08111040060
  • Selalu periksa kembali status aplikasi Anda di https://bi.experd.com
  • Sumber

Lowongan Kerja Bank Indonesia persembahan www.pusatinfocpns.com

Share