Lowongan Badan Pengelola Geopark Tambora

Share

Geopark TamboraLowongan Kerja Badan Pengelola Geopark Tambora – Geopark Tambora adalah salah satu Taman Geologis yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat selain Geopark Rinjani. Nusa Tenggara Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang berada dalam gugusan Sunda Kecil dan termasuk dalam Kepulauan Nusa Tenggara. Provinsi yang biasa disingkat NTB ini memiliki 10 Kabupaten/Kota.

Di awal kemerdekaan Indonesia, wilayah ini termasuk dalam wilayah Provinsi Sunda Kecil yang beribukota di Singaraja. Kemudian, wilayah Provinsi Sunda Kecil dibagi menjadi 3 provinsi: Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Saat ini nama “Nusa Tenggara” digunakan oleh dua daerah administratif: Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Sesuai dengan namanya, provinsi ini meliputi bagian barat Kepulauan Nusa Tenggara. Dua pulau terbesar di provinsi ini adalah Lombok yang terletak di barat dan Sumbawa yang terletak di timur. Ibu kota provinsi ini adalah Kota Mataram yang berada di Pulau Lombok.

Sebagian besar dari penduduk Lombok berasal dari suku Sasak, sementara suku Bima dan Sumbawa merupakan kelompok etnis terbesar di Pulau Sumbawa. Mayoritas penduduk Nusa Tenggara Barat beragama Islam (96%).

Keberadaan status provinsi, bagi NTB tidak datang dengan sendirinya. Perjuangan menuntut terbentuknya Provinsi NTB berlangsung dalam rentang waktu yang cukup lama. Provinsi NTB, sebelumnya sempat menjadi bagian dari Negara Indonesia Timur dalam konsepsi Negara Republik Indonesia Serikat,dan menjadi bagian dari Provinsi Sunda kecil setelah pengakuan kedaulatan Republik Indonesia.

Seiring dinamika zaman dan setelah mengalami beberapa kali proses perubahan sistem ketatanegaraan pasca diproklamasikannya Kemerdekaan Republik Indonesia, barulah terbentuk Provinsi NTB. NTB, secara resmi mendapatkan status sebagai provinsi sebagaimana adanya sekarang, sejak tahun 1958, berawal dari ditetapkannya Undang-undang Nomor 64 Tahun 1958 Tanggal 14 Agustus 1958 tentang Pembentukan Daerah-daerah Swatantra Tingkat I Bali, NTB dan NTT, dan yang dipercayakan menja di Gubernur pertamanya adalah AR. Moh. Ruslan Djakraningrat.

Walaupun secara yuridis formal Daerah Tingkat I NTB yang meliputi 6 Daerah Tingkat II dibentuk pada tanggal 14 Agustus 1958, namun penyelenggaraan pemerintahan berjalan berdasarkan Undang- undang Negara Indonesia Timur Nomor 44 Tahun 1950, dan Undang-undang Nomor 1 Tahun 1957 tentang Pokok-pokok Pemerintahan Daerah. Keadaan yang tumpang tindih ini berlangsung hingga tanggal 17 Desember 1958, ketika Pemerintah Daerah Lombok dan Sumbawa di likuidasi. Hari likuidasi inilah yang menandai resmi terbentuknyaProvinsi NTB. Zaman terus berganti, konsolidasi kekuasaan dan pemerintahanpun terus terjadi.

Pada tahun 1968 dalam situasi yang masih belum menggembirakan sebagai akibat berbagai krisis nasional yang membias ke daerah, gubernur pertama AR. Moh. Ruslan Tjakraningrat digantikan oleh HR.Wasita Kusuma. Dengan mulai bergulirnya program pembangunan lima tahun tahap pertama (pelita I) langkah perbaikan ekonomi, sosial, politik mulai terjadi. Pada tahun 1978 H.R.Wasita Kusuma digantikan H.Gatot Soeherman sebagai Gubernur Provinsi NTB yang ketiga. Dalam masa kepemimpinannya, usaha-usaha pembangunan kian dimantapkan dan Provinsi NTB yang dikenal sebagai daerah minus, berubah menjadi daerah swasembada. Pada tahun 1988 Drs. H. Warsito, SH terpilih memimpin NTB menggantikan H. Gatot Soeherman. Drs.H.Warsito, SH mengendalikan tampuk pemerintahan di Provinsi NTB untuk masa dua periode, sebelum digantikan Drs. H. Harun Al Rasyid, M.Si pada tanggal 31 Agustus 1998.

Drs. H. Harun Al Rasyid M.Si berjuang membangun NTB dengan berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui Program Gema Prima. Tahun 2003 hingga 1 september 2008 Drs. H. Lalu Serinatadan wakil Gubernur Drs.H.B. Thamrin Rayes memimpin NTB. Pada masa ini berbagai macam upaya dilakukan dalam membangun NTB dan mengejar ketertinggalan diberbagai bidang dan sektor. Di zaman ini,sejumlah program diluncurkan, seperti Gerbang E-Mas dengan Program Emas Bangun Desa. Selain itu, pada masa ini pembangunan Bandara Internasional Lombok di Lombok Tengah mulai terealisasi dan rampung pada pertengahan 2009.

Dalam usianya yang ke-52 Provinsi NTB kini dipimpin oleh Gubernur Dr. KH. M. Zainul Majdi dan Wakil Gubernur Ir. H. Badrul Munir, MM. Pada tahun 2010 ini, kedua pasangan pemimpin menggenapkan dua tahun pemerintahannya di Provinsi NTB untuk mengemban amanah dan harapan masyarakat Nusa Tenggara Barat dalam mencapai kesejahteraan dan pembangunan daerah menuju NTB yang Beriman dan Berdaya Saing.

Kontak Bappeda NTB
Jl. Flamboyan Nomor 2 Mataram, 83126
Provinsi NTB – Indonesia
Fax. +62-370-631581
Telp. +62-370-631581

Lowongan Kerja Badan Pengelola Geopark Tambora Terbaru

Untuk menunjang kinerja Pemerintah dalam Badan Pengelola Geopark Tambora Dibutuhkan 5 (lima) orang tenaga kontrak untuk mengisi Badan Pengelola Geopark Tambora dengan syarat minimal S-2 dengan kualifikasi pendidikan detailnya beserta contoh format DRH, Surat Pernyataan dan contoh surat lamaran pada link di bawah ini :

  1. Manajer-Planning Perencanaan Wilayah / Planologi / Arsitektur
  2. Manajer-Geodiversity Geologi / Pertambangan
  3. Manajer-Biodiversity Kehutanan / Lingkungan Hidup / Perikanan dan Kelautan / Biologi
  4. Manajer-Culturediversity Sosiologi / Budaya / Pendidikan
  5. Manajer-Umum dan Promosi Ekonomi / Teknik Informatika / Hukum

Deskripsi Pekerjaan

Persyaratan berkas lamaran :

  1. Surat Lamaran ditujukan kepada Kepala Bappeda Provinsi NTB. Contoh surat lamaran terlampir di laman sumber
  2. Sanggup, apabila ditempatkan di Kabupaten Dompu atau Bima (format terlampir)
  3. Daftar Riwayat Hidup (format terlampir);
  4. Fotokopi ijazah S-1 dan S-2 masing-masing satu lembar yang sudah dilegalisasi;
  5. Fotokopi transkrip nilai S-1 dan S-2 masing-masing satu lembar yang sudah dilegalisasi;
  6. Fotokopi KTP 1 lembar;
  7. Pas foto 3 x 4 warna sebanyak 2 lembar;
  8. Surat Keterangan Sehat dari Dokter Puskesmas / Rumah Sakit;
  9. Surat Keterangan Catatan Kepolisian.

Situs referensi

  1. https://bappeda.ntbprov.go.id

Tata Cara Pengiriman Lamaran

Bagi Saudara/i yang berminat dan memenuhi persyartaan, maka silakan berkas lamaran dimasukkan ke dalam map folio dan dibungkus amplop coklat besar dengan komposisi sebagai berikut kemudian dikirim via pos atau via email ke :

maritimsda.bappedantb@gmail.com

Ketentuan Umum :

  • Penerimaan berkas lamaran dibuka sampai dengan 14 April 2017 di Bappeda Provinsi NTB;
  • Seleksi Administrasi akan dilakukan dari Tanggal 17 April s.d. 21 April 2017;
  • Pengumuman hasil seleksi Administrasi Insya Alloh pada 24 April 2017;
  • Ujian direncanakan akan dilaksanakan pada 1 Mei 2017;
  • Pengumuman ujian tulis Insya Alloh pada 8 Mei 2017;
  • Tes wawancara direncanakan akan dilaksanakan pada 15 Mei 2017 s.d. 18 Mei 2017;
  • Pengumuman kelulusan direncanakan pada 1 Juni 2017 di Bappeda Provinsi NTB dan melalui website https://bappeda.ntbprov.go.id.
  • Sumber

Info Lowongan Kerja Badan Pengelola Geopark Tambora dikabarkan secara online oleh Pusat Info CPNS

Share